Sukses

Tips agar Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Membayangkan kembali bekerja usai libur Lebaran yang panjang tentu memusingkan. Ikuti tips berikut ini agar tetap semangat kerja usai libur.

Setelah libur panjang, kadang rasanya menyebalkan dan bikin bad mood bila ingat harus kembali masuk kerja. Rasa malas kembali bekerja usai liburan panjang disebut post vacation blues. Semakin lama libur, Anda akan semakin lama merasakannya.

Post vacation blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, dan perasaan nostalgia akan momen liburan. Bahkan, pada beberapa kasus hal ini bisa berujung depresi.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, Anda menyadari betapa kehidupan kadang bisa membosankan dan kurang menarik. 

Bagaimana cara agar semangat kerja setelah libur Lebaran? Simak di bawah ini:

1 dari 8 halaman

1. Mulai Perlahan

Post vacation blues sering dialami orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres.

Usai liburan, usahakan untuk pulang ke rumah 1 atau 2 hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi perlahan dengan rutinitas. 

Ibaratnya, jangan langsung “digas”. Anda perlu menyesuaikan diri juga sebelum kembali bekerja.

Artikel Lainnya: Kiat Tetap Bahagia Saat Liburan Meski Punya Masalah Keluarga

2 dari 8 halaman

2. Bersihkan Rumah dan Meja Kerja

Tumpukan barang-barang liburan yang berantakan dan timbunan pekerjaan yang belum selesai bisa membuat Anda malas bekerja. 

Tips untuk semangat kerja setelah liburan adalah segera bereskan benda-benda tersebut. Anda juga bisa merapikan meja kerja sebelum liburan. Jadi, setelah kembali masuk ke kantor dan melihat meja bersih, Anda bisa kembali bersemangat.

3 dari 8 halaman

3. Segera Rapikan Foto Liburan

Melihat-lihat lagi foto liburan sering membuat Anda susah move on dari liburan. Jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari mengecek media sosial terus-menerus. 

Bila ingin menyortir foto-foto, Anda bisa melakukannya di kala weekend. Jadi, waktu kerja tidak terganggu karena mengurus hasil foto.

Artikel Lainnya: Penting! Ini Tanda Kalau Anda Butuh Liburan

4 dari 8 halaman

4. Rencanakan Liburan Selanjutnya

Berdasarkan studi yang dipublikasikan The Journal Applied Research in Quality of Life, merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia. 

Agar lebih terbantu untuk termotivasi bekerja, lakukanlah perencanaan liburan selanjutnya. Anda bisa menjadi terpacu dalam bekerja demi mengumpulkan biaya liburan.

5 dari 8 halaman

5. Santai Sejenak dan Lakukan Hobi

Untuk menghilangkan penat karena masalah pekerjaan, Anda juga mesti melakukan perencanaan agar tubuh relaks. 

Cara mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang adalah coba luangkan waktu untuk santai sejenak. Contohnya, lakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan sebagai pilihan tepat.

6 dari 8 halaman

6. Memasak Ulang Makanan Saat Liburan

Penelitian menunjukkan, makanan dapat mengingatkan kita pada hal tertentu. Hal yang sama berlaku juga dalam hal liburan. 

Sebelum masuk kerja, cobalah memasak makanan yang kita makan saat liburan. Semangat kerja setelah libur Lebaran bisa kembali lagi karena masih dapat menyantap makanan lezat dari destinasi liburan!

Artikel Lainnya: Cegah Penyakit yang Mengintai Saat Liburan dengan Cara Ini!

7 dari 8 halaman

7. Lebih Aktif

Saat liburan, terkadang pola makan menjadi tidak terkontrol. Berat badan pun meningkat. 

Tips untuk semangat kerja setelah liburan berikutnya ialah mulai kembali berolahraga. Selain menurunkan berat badan, berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar untuk mulai bekerja kembali. 

Jangan keburu stres memikirkan harus kembali kerja usai liburan! Cobalah berbagai cara mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang di atas untuk mengatasinya. 

Selain itu, fokuslah pada rasa syukur dan pikiran positif. Hindari begadang dan mulailah makan makanan sehat untuk mempersiapkan kembali hari masuk kerja. 

Dapatkan tips gaya hidup sehat lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat secara online.

(FR/NM)

0 Komentar

Belum ada komentar