Sukses

Cukupkah Sarapan Hanya dengan Salad?

Sarapan pagi tidak boleh terlupakan dalam rutinitas setiap hari. Namun, apakah sarapan pagi dengan salad sudah cukup?

Klikdokter.com, Jakarta Salad saat ini seakan sudah menjadi simbol makanan yang sehat bagi banyak orang. Beberapa orang bahkan memasukkan makanan yang sebagian besar terdiri dari sayuran dan buah-buahan segar ini ke dalam menu diet harian mereka. Akan tetapi, bagaimana jika Anda mengonsumsi salad untuk sarapan pagi? Apakah semangkuk salad cukup untuk memenuhi nutrisi sarapan Anda?

Sarapan dan nutrisi dalam salad

Sarapan adalah salah satu hal krusial untuk memberikan energi kepada Anda sebelum menjalani kegiatan di pagi hari. Karena itu, jika Anda ingin memakan salad untuk sarapan pagi, Anda harus memperhatikan campuran apa saja yang ada di dalamnya.

Pastikan bahwa salad yang Anda konsumsi itu sudah mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia di pagi hari. Salah satu contoh jenis salad yang mengandung gizi seimbang adalah yang mengandung protein hewani seperti ayam atau ikan tuna; vitamin dan mineral dari berbagai jenis sayuran hijau, wortel, jagung, dan zaitun; lemak dari telur atau alpukat; serta karbohidrat dari crouton atau keju.

Makanan seperti salad yang banyak mengandung buah dan sayuran juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, makanan ini dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga stroke.

Di sisi lain, mengonsumsi salad yang ditakar dengan baik dari segi nutrisi juga dapat mencegah terjadinya peningkatan berat badan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang ingin menjaga berat badan agar tetap stabil, salad dapat menjadi salah satu pilihan sarapan yang baik.

Salad, sarapan yang praktis

Selain rasanya segar, salad juga merupakan salah satu pilihan sarapan pagi yang praktis dan mudah untuk disiapkan. Hal ini cocok untuk individu yang memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi.

Bayangkan, ketika Anda sedang terburu-buru untuk berangkat ke tempat kerja di pagi hari, menyiapkan sarapan yang harus dimasak, digoreng, atau dipanggang terlebih dahulu dapat membutuhkan waktu yang lama. Nah, salad bisa menjadi pilihan yang praktis sekaligus bernutrisi untuk sarapan pagi.

Berbagai bahan makanan tersebut dapat langsung dicampurkan di wadah dan dikonsumsi segera atau dikemas untuk dikonsumsi di tempat kerja.

Untuk mengembangkan inspirasi, carilah menu-menu salad dari sumber tepercaya guna menambah variasi dan rasa dari salad yang Anda buat. Misalnya, Anda bisa menggunakan ayam atau ikan tuna secara selang-seling. Atau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi jenis sayuran yang berbeda setiap hari.

Misalnya, hari ini Anda membuat salad menggunakan wortel, seledri, dan zaitun. Esok hari, Anda menggantinya dengan alpukat, tomat, dan kubis. Selain itu, untuk menambah cita rasa dari salad tersebut, Anda juga dapat memilih pilihan dressing yang sesuai bagi Anda. Misalnya, caesar, ranch, mayonnaise, atau saus teriyaki.

Nah, ternyata salad juga dapat menjadi salah satu pilihan menu untuk sarapan pagi. Yang terpenting, Anda memastikan bahwa salad yang dipersiapkan mengandung gizi seimbang, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, hingga vitamin dan mineral, sesuai proporsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi sarapan pagi yang cukup, seseorang akan dapat menjalani kegiatan sehari-harinya secara lebih optimal.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar