Sukses

Cegah Nyeri Otot Saat Mudik Lebaran dengan 5 Makanan Ini

Bukan cuma dengan olahraga dan pijatan, nyeri otot saat mudik Lebaran ternyata juga bisa dicegah dengan makanan enak ini, lo!

Klikdokter.com, Jakarta Jarak kampung halaman cukup jauh? Anda pasti menghadapi tantangan tersendiri saat mudik Lebaran, yakni nyeri otot. Pasalnya, Anda mesti duduk diam selama berjam-jam dan sulit melakukan peregangan. Alhasil, selama perjalanan, Anda mesti “berteman” dengan koyo ataupun obat oles untuk meredakan gejala nyeri otot.

Nah, bagi Anda yang tak ingin melulu bergantung pada koyo gara-gara nyeri otot saat mudik, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter punya solusi yang lebih enak untuk dilakukan. Yaitu, dengan mengonsumsi makanan! Adapun makanan yang bisa mencegah Anda dari nyeri otot saat mudik, antara lain:

1. Edamame

Bila sering mengunjungi restoran makanan Jepang, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kacang berwarna hijau ini. Ya, edamame adalah sejenis kacang kedelai yang berkhasiat untuk mencegah nyeri, terutama nyeri sendi.

Sebelum dimakan, edamame itu sendiri dapat direbus terlebih dahulu. Tak usah memberikannya bumbu tambahan seperti garam, sebab edamame sudah memiliki cita rasa yang lezat.

2. Buah ceri

Jika biasanya buah ini hanya dikonsumsi di atas kue ulang tahun, kini saatnya Anda menjadikan buah ceri sebagai camilan saat mudik. Tidak sulit, mencarinya. Di supermarket, buah yang satu ini biasanya dikemas dalam kaleng.

Sebelum dikonsumsi Anda bisa buang air gula yang berada di dalam kaleng. Dikatakan oleh dr. Reza, ceri mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya nyeri otot selama mudik.

3. Makanan bercabai

Cabai ternyata bermanfaat untuk mencegah terjadinya nyeri di sekujur tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, rasa pedas di lidah dapat menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiate endogen), yakni zat kimia alami dari tubuh yang berperan dalam membantu mengurangi rasa sakit.

Sebelum mengonsumsi makanan pedas untuk mencegah nyeri otot dan sendi, pastikan bahwa perut dan lidah Anda “kuat” menahan sensasi yang diberikannya. Jangan sampai otot dan sendi yang terlindungi, tetapi perut Anda yang justru bermasalah.

4. Ikan salmon atau sarden

Saat mencari makan siang atau makan malam di perjalanan mudik, Anda bisa memilih menu makan yang lauknya terdiri atas ikan sarden maupun ikan salmon. Pasalnya, kedua ikan laut ini dapat mencegah nyeri otot saat mudik. Keduanya pun mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama organ jantung.

5. Makanan atau minuman jahe

Sebuah studi yang diterbitkan The Journal of Pain mengatakan bahwa mengonsumsi jahe dapat menurunkan rasa nyeri setelah berolahraga. Itu berarti, ketika nyeri otot terlanjur muncul akibat Anda terlalu lama duduk diam, mengonsumsi makanan atau minuman jahe bisa mengatasi keluhan tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, jahe bisa dikonsumsi saat masih mentah. Jika tidak kuat dengan sensasi yang diberikan saat mengigitnya, Anda bisa mengolahnya menjadi rebusan air jahe. Namun, ketika jahe sudah diolah atau dimasak, senyawa antiradang yang terkandung dalam jahe (gingerol) tidak bisa memberikan efek sekuat masih mentah.

Ketika terjebak berjam-jam dalam kemacetan mudik Lebaran atau duduk terlalu lama di kendaraan, ada baiknya Anda tetap sempatkan diri untuk melakukan peregangan serta pijatan sederhana agar risiko nyeri otot dan nyeri sendi bisa diminimalkan. Cobalah untuk berdiri dan berjalan sejenak, misalnya ke toilet di tempat peristirahatan. Lalu, konsumsilah makanan yang telah disebutkan. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari nyeri otot dan sendi yang mengganggu.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar