Sukses

Penyakit yang Sering Terjadi Saat Mudik Lebaran

Sebagian besar masyarakat sudah mulai melakukan tradisi mudik Lebaran ke kampung halaman. Tapi, tetap waspada pada beberapa penyakit ini ya.

Klikdokter.com, Jakarta Lebaran hampir tiba. Masyarakat pun mulai beramai-ramai mudik ke kampung halaman masing-masing. Namun, di tengah euforia mudik Lebaran ini, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan Anda selama di perjalanan. Karena jika tidak waspada, ancaman penyakit akan menghantui.

Waspada penyakit ini saat mudik

Dalam perjalanan panjang menuju kampung halaman, tak jarang Anda akan mengonsumsi makanan yang terkadang tidak jelas kandungan nutrisi, cara pengolahan hingga kebersihannya. Hal-hal ini tentu membuat Anda – yang lelah dan kurang istirahat - jadi mudah terserang penyakit.

Lalu apa saja penyakit yang sering menyerang saat mudik Lebaran? Berikut beberapa di antaranya:  

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sering terjadi saat mudik Lebaran. Penularannya sangat mudah melalui udara terutama dalam keadaan ramai. Jika Anda  kelelahan atau kurang tidur Anda akan mudah terserang penyakit ini.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami ISPA antara lain, bersin, hidung tersumbat, tenggorokan gatal dan nyeri serta demam ringan.

Selain melalui udara, penularan ISPA akan mudah terjadi saat kontak langsung dengan penderita seperti saat berjabat tangan atau menyentuh benda yang terkontaminasi virus. Pastikan selama perjalanan Anda rutin cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Bila terpaksa, Anda dapat menggunakan cairan pembersih antiseptik yang mudah dibawa.

2. Diare

Saat perjalanan mudik, diare mudah terjadi. Penyebabnya sebagian besar karena tidak dapat menjaga asupan makanan selama di perjalanan. Makanan yang tidak bersih atau mengandung kuman menjadi penyebab utama. Selain itu, konsumsi makanan yang pedas, bersantan, dan asam juga dapat memicu gangguan diare.

3. Sakit mag

Sakit mag juga rentan terjadi saat perjalanan mudik. Makan tidak teratur dan menunda makan saat di perjalanan bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi selama perjalanan juga bisa memicu mag. Jika Anda punya riwayat sakit mag, siapkan selalu obat untuk di perjalanan.

4. Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia adalah kondisi tingginya kadar kolesterol di dalam darah. Penyebab utamanya adalah dari makanan. Apalagi saat Lebaran, banyak disajikan makanan yang bersantan dan berminyak, seperti gulai dan opor. Asupan makanan berlemak dan berminyak ini harus Anda imbangi dengan sayur dan buah.

5. Hiperglikemia

Hiperglikemia ditandai dengan kadar gula darah yang di atas normal. Asupan makanan yang tinggi gula saat Lebaran menjadi penyebab terjadinya hiperglikemia.

6. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah di atas normal, yaitu 120/80 mmHg. Perjalanan mudik yang panjang dan kurang istirahat dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

7. Gangguan sendi

Duduk lama saat perjalanan mudik dapat menyebabkan gangguan sendi. Untuk menghindari gangguan tersebut, lakukan peregangan secara berkala dengan berhenti di rest area.

Itulah tujuh penyakit yang sering mengintai para pemudik di perjalanan. Nah, agar tetap bugar saat mudik Lebaran, lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu ke dokter. Selain itu, makan tepat waktu, memilih tempat makan yang bersih saat di perjalanan, dan konsumsi air putih cukup. Jika Anda lelah dan mengantuk, istirahat sejenak di rest area terdekat. Dengan demikian, kesehatan dan keselamatan Anda akan tetap terjaga saat mudik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar