Sukses

Mudik Pakai Motor, Ini 7 Perlindungan untuk Anda dan Keluarga

Mudik pakai motor banyak dilakukan sebagian masyarakat. Agar perjalanan mudik aman lindungi diri Anda dan keluarga dengan 7 benda ini.

Klikdokter.com, Jakarta Jelang Lebaran mudik pakai motor sering menjadi pilihan sebagaian masyarakat. Sebetulnya moda transportasi ini tidak ideal, apalagi jika perjalanannya jauh. Namun, jika tak ada pilihan lain, maka ada beberapa langkah perlindungan yang harus dilakukan demi keselamatan Anda dan keluarga.

Mudik dengan motor kerap dipilih karena berbagai alasan, di antaranya lebih cepat dan lebih murah. Tahun lalu, data dari Polri menyatakan jumlah kecelakaan pada masa Operasi Ketupat 2018 (7-15 Juni) adalah 1.154 kasus, dengan korban jiwa sebanyak 242 orang. Total kecelakaan lalu lintas hingga hari Lebaran didominasi oleh sepeda motor. Inilah kenapa keselamatan adalah isu penting bagi pemudik yang naik motor.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, selain faktor keselamatan, yang membuat mudik naik motor tidak disarankan adalah faktor kesehatan.

"Terlalu lama berkendara pada kondisi terbuka dapat menurunkan vitalitas, membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit, dan pada akhirnya berpotensi mengorbankan kesehatan secara umum," ujar dr. Dyan.

Lindungi diri dengan memenuhi hal-hal ini

Apabila tahun ini Anda mudik pakai motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan – selain tidak berkendara ugal-ugalan – demi perlindungan dan keselamatan Anda dan keluarga. Berikut tujuh hal yang harus Anda pakai atau miliki saat mudik pakai motor:

1. Helm

Pakai helm saat mudik pakai motor adalah harga mati! Saran dari dr. Dyan, pakailah helm dengan penutup full-face, pas di kepala, melindungi kepala dengan baik, serta tak lupa memasang tali pengaman sampai bunyi “klik”.

Mudik pakai motor menyimpan bahaya jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil, karena pengendara berkontak langsung dengan lingkungan di sekitarnya. Pastikan Anda melindungi diri dengan perlengkapan yang tepat demi kelancaran dan keamanan, dari mulai berangkat hingga sampai di tujuan," nasihat dari dr. Dyan.

2. Jaket

Selain helm, jangan nekat berkendara jauh tanpa menggunakan jaket tebal untuk melindungi Anda dari terpaan angin. Pilih juga jaket berwarna terang agar bisa terlihat oleh pengendara lain saat menempuh perjalanan pada malam hari.

3. Kacamata hitam

Bukan cuma untuk gaya, tetapi kacamata hitam penting dipakai saat melakukan perjalanan pada siang hari yang terik.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Obat-obatan yang diperlukan

Bawa serta obat-obatan yang mungkin akan dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya obat antimuntah jika Anda mengalami mabuk perjalanan, obat luka antiseptik, plester, perban, obat diare, dan lain-lain.

Letakkan semuanya dalam satu tempat yang mudah dijangkau jika diperlukan. Ini penting, karena Anda tak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkannya. Satu hal lagi, dr. Dyan mengingatkan untuk tidak membawa obat yang memiliki efek kantuk, sehingga aman digunakan sepanjang Anda berkendara.

5. Tabir surya

Tabir surya alias sunscreen juga tak boleh disepelekan untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet yang bisa berbahaya untuk kulit.

"Memakai tabir surya bisa melindungi kulit dari kanker kulit ataupun masalah kulit akibat sinar matahari lainnya. Ini karena proses kerusakan kulit akibat sinar matahari terus berjalan seiring waktu dan pertambahan usia," kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter ikut menambahkan.

Selain itu, rusaknya lapisan ozon akibat polusi menyebabkan paparan sinar matahari saat ini semakin berbahaya untuk kulit. Karenanya, jangan malas mengoleskan tabir surya sebelum berangkat, dan ulangi beberapa kali selama periode waktu tertentu.

6. Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan membantu Anda berkendara lebih aman. Pilihlah yang antiselip karena akan membuat genggaman setang lebih baik. Selain itu, sarung tangan juga bisa melindungi Anda dari suhu (dan angin) dingin jika mengemudi pada malam hari.

7. Masker

Masker juga tidak boleh terlupa, karena fungsinya sangat penting untuk melindungi Anda dan keluarga dari paparan debu dan polusi udara beracun selama perjalanan. Perlu diketahui, jika Anda terkena paparan udara langsung dalam jangka waktu lama, bisa terjadi gangguan kesehatan, khususnya di kulit dan sistem pernapasan. Pilihlah masker yang menutupi area hidung, mulut, dan jika memungkinkan termasuk leher.

Karena keselamatan tak bisa ditawar-tawar, penuhi tujuh perlindungan di atas agar Anda dan keluarga yang mudik pakai motor bisa tetap sehat dan selamat sampai tujuan. Selain itu, ingatlah bahwa kapasitas motor hanya untuk dua orang, tidak lebih. Jika memaksakan diri, sama saja Anda menantang bahaya. Semoga perjalanan mudik Anda aman dan lancar.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar