Sukses

Tips Menghindari Tertular Penyakit Saat Libur Panjang

Semua orang pasti ingin menjalani libur Lebaran dengan sehat. Berikut tips untuk menghindari tertular penyakit saat libur panjang.

Klikdokter.com, Jakarta Libur panjang Lebaran seperti saat Hari Raya Idul Fitri ini adalah waktunya menyegarkan pikiran dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, bukannya terbaring sakit. Agar libur Lebaran Anda tak terancam, menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk menghindari tertular penyakit saat libur panjang.

Saat tubuh terhindar dari penyakit, momen liburan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, secara fisik dan mental Anda pun akan siap kembali bekerja usai liburan berakhir. Oleh karena itu, yuk jaga kesehatan, sehingga tubuh bisa menangkal berbagai risiko penularan penyakit.

Momen libur dan penularan penyakit

Libur Lebaran kali ini Anda dengan mudik atau melakukan perjalanan jauh memang terdengar menyenangkan. Namun, faktanya perjalanan jauh bisa menjadi suatu bentuk stres terhadap tubuh.

Perubahan rutinitas dan pola istirahat, kurang tidur, jadwal makan yang kurang teratur, hingga menu makanan yang mungkin kurang seimbang, itu semua menjadi faktor risiko yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Nah, pada saat daya tahan tubuh berkurang, risiko terjadinya infeksi sangat tinggi. Ketika dihadapkan dengan seseorang yang sedang sakit, contohnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), Anda bisa dengan mudah ketularan. Virus penyebab ISPA yang tersebar di udara dari batuk dan bersin penderita akan mudah menginfeksi tubuh yang pertahanannya sedang lemah.

Selain itu, diare saat perjalanan juga harus diwaspadai. Dalam dunia kesehatan, kondisi tersebut dikenal dengan traveler’s diarrhea, yaitu diare dalam jumlah banyak akibat infeksi saluran cerna. Penyebab paling sering infeksi ini adalah bakteri atau parasit. Kondisi ini diketahui berkaitan dengan kurangnya kebersihan makanan dan paparan jenis kuman yang sebelumnya belum pernah dihadapi tubuh.

1 dari 2 halaman

Tips agar terhindar dari penularan penyakit

Cara paling efektif agar tidak tertular penyakit adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, di antaranya adalah dengan:

  1. Selalu konsumsi makanan bergizi lengkap seimbang

Sekalipun sedang dalam masa liburan, ‘hargai’ tubuh dengan memastikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan, mulai dari nutrisi makro hingga nutrisi mikro lewat konsumsi buah dan sayuran.

Zat gizi yang diperlukan untuk menunjang daya tahan tubuh adalah protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, zink, dan masih banyak lagi.

  1. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan

Saat liburan misalnya di pantai, orang inginnya menenggak minuman dingin yang manis-manis, sehingga air putih dikesampingkan. Padahal, manfaat air putih ini begitu besar untuk tubuh. Jika kurang minum, ancamannya adalah dehidrasi.

Dehidrasi dapat berujung pada berbagai keluhan kesehatan seperti pusing, lemas, tekanan darah rendah, dan lain-lain. Usahakan untuk bisa minum minimal 8 gelas per hari, tergantung kebutuhan dan kondisi tubuh.

  1. Tetap beraktivitas fisik secara teratur

Jika punya waktu senggang, jangan dihabiskan dengan bermalas-malasan di tempat tidur. Disiplin dalam berolahraga dapat meningkatkan stamina fisik, sehingga Anda pun terhindar dari penularan penyakit.

  1. Cuci tangan dengan benar setelah menggunakan fasilitas umum

Saat berlibur atau harus berhenti di perjalanan mudik untuk menggunakan fasilitas umum yang kebersihannya tampak kurang, jangan malas untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menggunakan fasilitas umum.

Cuci tangan sebelum makan untuk menghindari ancaman penularan bakteri seperti Escherichia coli (bakteri penyebab diare), Salmonella typhi (penyebab demam tifoid), Vibrio cholera (penyebab penyakit kolera, diare seperti air), hingga virus penyebab hepatitis A.

Risiko peredaran bakteri dan virus yang disebutkan tadi dilaporkan cukup tinggi di toilet, karena penyakit ditularkan secara fekal-oral (kuman keluar dari feses penderita dan masuk ke tubuh penderita selanjutnya lewat makanan).

  1. Istirahat cukup

Istirahat merupakan momen penting tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Dengan tidur cukup, sistem perubahan tubuh juga tetap waspada, sehingga Anda tak akan mudah tertular penyakit.

Nah jika Anda tidak ingin tertular penyakit saat libur Lebaran, lakukan cara-cara ampuh di atas. Bagaimana, tak sulit, kan? Semoga Anda dan keluarga bisa menciptakan momen bahagia tak terlupakan pada masa liburan ini, sekaligus tetap sehat dan bebas dari penyakit.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar