Sukses

Sarapan Sehat Sebelum Salat Idul Fitri

Jangan gunakan alasan tidak sempat sarapan saat akan berangkat salat Idul Fitri. Isi perut Anda dulu dengan sarapan sehat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hari kemenangan tiba. Umat Muslim di seluruh dunia menunaikan ibadah salat Idul Fitri bersama keluarga dan rekan. Namun, sarapan sehat sebelum berangkat salat Idi tetap penting dilakukan. Bukan hanya sebagai penanda bahwa sudah tidak puasa, tapi juga menjaga mood Anda selama menjalani salat Id. Meski rangkaian ibadah salat Id hanya berlangsung kurang dari satu jam, jangan sampai Anda merasa kelaparan di tengah salat nanti.

Sarapan itu penting

Sarapan merupakan bagian penting dari pola hidup sehat Anda. Dengan sarapan yang bergizi, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk mulai aktivitas di hari itu.

Tubuh manusia, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, membutuhkan gula yang cukup di pagi hari untuk mempersiapkan otak dan otot bekerja. Gula tersebut didapat dari sarapan pagi. Tidak sarapan akan menyebabkan tubuh membongkar senyawa lemak dan protein dalam tubuh sehingga berubah menjadi senyawa gula.

“Pembongkaran lemak dan protein ini akan menimbulkan rasa lelah dan kelaparan. Akibatnya, Anda akan mencari camilan tinggi lemak atau makan siang dalam porsi sangat besar untuk  mengatasinya,” kata dr. Resthie.

Gula juga merupakan satu-satunya sumber energi untuk otak agar dapat bekerja dengan baik. “Jadi dengan sarapan, sumber energi otak terjamin cukup jumlahnya untuk sepanjang hari. Secara jangka panjang, hal ini terbukti meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir seseorang,” dr. Resthie menambahkan.

Sarapan sebelum salat Id

Selain sangat penting dilakukan, menu yang Anda pilih untuk sarapan pun sebaiknya sehat dan bergizi. Berikut asupan sarapan sehat sebelum salat Id:

  1. Oatmeal

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, oatmeal mengandung serat dan membuat Anda kenyang lebih lama. “Rasa kenyang akan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan obesitas. Makanan ini juga baik bagi Anda yang sedang dalam program diet.”

Karena sifatnya tersebut, oatmeal cocok dijadikan hidangan sebelum Anda dan keluarga berangkat salad Idul Fitri. Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan buah serta yoghurt.

  1. Telur

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa makan telur meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Hal baik lain dari telur adalah makanan dari unggas ini juga sangat serbaguna dan cepat diolah. Anda dapat membuat telur rebus, telur dadar, atau telur mata sapi. Di tengah mempersiapkan diri pergi ke masjid, memasak telur adalah pilihan yang tepat.

  1. Buah-buahan

Buah bisa menjadi menu lezat, bergizi, sekaligus praktis untuk sarapan. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung jenisnya.

Buah jeruk, misalnya, mengandung banyak vitamin C. Satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C.

Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi sehingga cocok untuk menu sarapan Anda. Campurkan buah-buahan kesukaan Anda dengan oat, telur, atau yoghurt.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan lentil, adalah tambahan yang bagus untuk sarapan dan dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Meskipun kacang tinggi kalori, penelitian menunjukkan Anda tidak menyerap semua lemak di dalamnya.

Selain itu, kacang-kacangan terbukti meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin dan mengurangi peradangan. Kacang-kacangan juga terhitung praktis disiapkan sehingga tidak membutuhkan banyak waktu sebelum salat Idul Fitri. Anda dapat menaburkan kacang-kacangan di atas yoghurt dan oatmeal.

Jadi jangan gunakan alasan tidak sempat sarapan saat akan berangkat salat Idul Fitri. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan di atas sebelum pergi ibadah. Sarapan sehat tersebut praktis dibuat serta mengandung gizi yang baik. Selain itu, jangan lupa konsumsi air putih yang cukup untuk bekal hidrasi selama ibadah. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar