Sukses

Manfaat Konsumsi Biji Chia Saat Lebaran

Bingung mau bikin hidangan pencuci mulut apa untuk dihidangkan saat Lebaran? Buat saja dessert sehat dari biji chia!

Klikdokter.com, Jakarta Makanan Lebaran identik dengan hidangan berkuah santan yang dimakan bersama ketupat. Namun, Anda juga bisa mencoba hidangan manis sebagai makanan penutup. Salah satu yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat hidangan penutup yang sehat adalah biji chia atau chia seed.

Mungkin menghidangkan makanan dengan bahan biji chia di Hari Raya Idul Fitri masih cukup asing bagi Anda dan keluarga. Namun nyatanya biji chia cukup fleksibel untuk dipadukan dengan aneka makanan lebaran.

Si cilik sumber protein penguat tubuh

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica asal Meksiko dan Guatemala. Biji-bijian ini merupakan makanan asli suku Indian Aztec dan Maya. Sementara kata “Chia” itu sendiri didapat dari bahasa Maya yang artinya ‘kekuatan’.

Kabar baiknya, arti kata “Chia” dengan manfaat yang ditawarkannya sama. Biji chia memang bisa memberi kekuatan pada orang yang mengonsumsinya. Itu karena, makanan tersebut mengandung protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, sekaligus serat. Bahkan, beberapa mineral dan antioksidan penting juga terkandung dalam biji chia.

Nah, kandungan serat dalam biji chia tersebut bermanfaat untuk mengerem keinginan Anda untuk terus makan di hari Lebaran. Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang mengandung biji chia terlebih dahulu sebelum makan berat, misalnya saja jus buah yang diberi taburan chia. Selain itu, protein dalam chia seed beserta serat yang terkandung di dalam buah mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

Lagi pula, selain bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan, biji Chia juga mampu mengembalikan kekuatan tubuh. Bayangkan saja, sejak pagi hingga malam, Anda tak henti-hentinya mengunjungi sanak keluarga yang lain untuk merayakan Lebaran dan bersilaturahmi. Agar Anda terhindar dari lelah, bawalah camilan buatan rumah yang terbuat dari biji chia agar tubuh tetap terasa baik!

Sembelit dan kolesterol naik pasca Lebaran, chia seed solusinya

Ditambahkan oleh dr. Fiona bahwa chia seed juga bisa memperbaiki kesehatan saluran cerna. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pasca Lebaran, orang-orang jadi sulit untuk buang air besar (BAB) karena terlalu banyak makan-makanan berlemak, seperti daging dan kuah santan.

Nah, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi jus buah atau puding yang diberi biji chia. Saluran pencernaan Anda pun akan lancar kembali.

Biji chia juga mengandung asam lemak omega-3. Para vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani saat Lebaran bisa menjadikan chia seed sebagai alternatifnya. Omega-3 sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai studi menunjukkan, omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah demensia, bahkan membantu menurunkan risiko kanker. Tapi yang paling penting, omega-3 sangat berperan untuk menurunkan kolesterol total. Tahu sendiri kan, sehabis Lebaran kadar kolesterol kerap naik akibat pola makan tinggi lemak?

Menambahkan biji chia ke dalam makanan atau minuman, seperti jus buah, puding buah, atau salad bisa membantu mempertahankan kondisi tubuh pasca Lebaran. Itu karena, setelah Lebaran, Anda kerap lupa diri dan menyantap semua makanan yang sebenarnya menjadi pantangan dari penyakit yang dimiliki, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jadi, cobalah konsumsi biji chia agar setelah merayakan Lebaran, kesehatan Anda tetap terjaga.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar