Sukses

5 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

Jamuan Lebaran juga bisa sehat, lo. Contohnya adalah beberapa minuman sehat dan segar berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat Lebaran tiba, minuman yang disuguhkan biasanya kalau tidak teh kemasan, ya sirop dengan berbagai rasa. Akibatnya berat badan mudah naik, dan Anda pun rentan terkena diabetes. Padahal, sajian tersebut juga bisa diganti dengan minuman sehat sekaligus segar.

Pasalnya, di hari tersebut Anda harus bersilaturahmi ke kediaman sanak saudara dan kerabat, yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan, ada yang sampai melakukan perjalanan luar kota untuk ‘sungkem’ di hari Lebaran. Jadi tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik dengan minuman yang sehat sehingga kesehatan senantiasa terjaga.

Ide minuman sehat untuk jamuan Lebaran

Siapa bilang hal-hal yang menyehatkan sudah pasti tidak enak? Beberapa jenis minuman sehat di bawah ini bisa Anda sontek sebagai inspirasi untuk menyajikan minuman kepada para tamu yang datang ke rumah di hari Lebaran mendatang.

Lima macam minuman berikut selain menyegarkan, rasanya juga nikmat, lo:

  1. Jus lemon

Dilansir dari Mind Body Green, segelas jus lemon akan mendukung produksi empedu serta menyehatkan pencernaan. Selain itu, minuman sehat ini juga dapat melembapkan kulit. Hal ini pun diamini oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Selain memberikan berbagai manfaat di atas, jus lemon juga mampu membantu menurunkan berat badan, karena rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Cukup peras setengah buah lemon ke dalam segelas besar air pada suhu kamar, dan sajikan saat tamu datang.

  1. Wedang jahe

Minuman berbahan dasar rempah ini mengandung mineral dan mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, wedang jahe juga melindungi tubuh dari peradangan.

Untuk membuatnya, Anda bisa merebus jahe yang sudah digeprek dengan gula merah yang telah dihaluskan dengan api kecil. Setelah mendidih, saring untuk membersihkan ampas jahe, dan sajikan selagi hangat.

  1. Air kelapa

Dijelaskan oleh dr. Atika kepada KlikDokter, air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah karena kandungan gula alami di dalamnya. Sehingga, minum air kelapa akan membuat tubuh terasa lebih berenergi.

“Air kelapa ini sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh. Jadi, konsumsi air kelapa sangat baik bagi tubuh,” terang dr. Atika.

  1. Smoothies

Berbeda dengan jus, smoothies tidak disaring, sehingga semua manfaat buah dan sayur bisa Anda dapatkan. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral serta serat di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Hal ini seperti disampaikan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti kepada KlikDokter.

“Anda juga bisa menambahkan biji-bijian, kacang-kacangan, atau buah kering ke dalamnya. Sehingga, nutrisi yang diberikan semakin beragam, dan tentunya Anda pun menjadi tak mudah lapar,” saran dr. Astrid.

  1. Susu almond

Meski kandungan protein dan kalsiumnya lebih rendah dari susu sapi, susu almond memiliki kadar vitamin E dan omega 9 yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut akan membantu mencegah penyakit jantung dan meremajakan kulit. Selain itu, jenis susu ini juga rendah kalori. Jadi, Anda tak perlu merasa cemas saat meminumnya.

“Rata-rata secangkir susu almond hanya mengandung 40 kalori, dan angka ini jauh lebih rendah dibanding dengan susu lainnya. Lagi pula, susu almond biasanya tidak ditambahkan gula, sehingga aman disajikan bagi keluarga Anda yang mungkin ada yang memiliki keluhan diabetes,” jelas dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

Menariknya lagi, susu almond bisa Anda buat sendiri di rumah. Blender 70 butir kacang almond yang sudah dikupas hingga halus, lalu saring hingga menghasilkan bubuk kacang almond. Takaran ini cukup untuk membuat segelas susu almond. Bila tamu datang, Anda cukup menyeduhnya dengan air putih.

“Karena dibuat sendiri di rumah, susu almond pun bebas pengawet, perasa dan pemanis buatan, sehingga lebih sehat,” tambah dr. Reza.

Berpuasa sebulan lamanya terkadang membuat Anda kalap untuk melahap semua jenis makanan dan minuman yang tersaji di meja makan. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membahayakan tubuh. Nah, agar Anda dan keluarga tetap sehat dan bugar di Hari Raya Idul Fitri nanti, yuk, hidangkan beragam minuman sehat dan segar di atas untuk jamuan Lebaran.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar