Kesehatan Umum

8 Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 19 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri bisa memakan waktu yang lama. Sediakan beberapa obat berikut ini agar mudik Anda tetap aman dan nyaman.

8 Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

Fenomena mudik yang bersifat masif dan menyeluruh di seluruh penjuru Indonesia biasanya identik dengan kemacetan luar biasa dan ramainya bandar udara, stasiun, ataupun terminal.

Hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi masyarakat yang melakukan mudik, apalagi jika selama perjalanan sulit menemukan pusat kesehatan.

Bila kamu berencana mudik Lebaran, jangan lupa siapkan obat-obatan mudik yang mungkin akan kamu butuhkan di perjalanan nanti.

Menyiapkan obat yang harus dibawa saat mudik sangatlah penting. Jadi, selama mudik kamu tetap fit dan bugar! Berikut ini obat-obatan mudik yang perlu disiapkan:

1. Obat Demam

Demam merupakan gejala yang sangat mendasar pada tubuh, sebagai respons adanya mikroorganisme yang masuk ke tubuh. Saat mudik, bukan tidak mungkin orang dewasa maupun anak-anak mengalami demam.

Maka dari itu, obat penurun panas seperti parasetamol sangat penting untuk mengatasi gejala demam yang sangat umum. Parasetamol juga bisa digunakan untuk mengatasi pusing atau nyeri sendi.

2. Obat Flu

Kelelahan selama di perjalanan, khususnya bila memilih jalur darat, dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang flu

Berada di tempat umum yang sangat ramai seperti stasiun, terminal, kereta, pesawat, atau bus saat mudik juga dapat meningkatkan kemungkinan tertular virus flu. Maka itu, obat yang harus dibawa saat mudik berikutnya adalah obat flu.

Biasanya obat flu sudah dikombinasikan dengan obat penurun demam. Tapi, hal yang perlu kamu perhatikan adalah obat flu rata-rata menyebabkan kantuk. Jadi, hindari mengonsumsinya sebelum menyetir.

3. Obat Lambung

Ketupat, gulai, atau rendang adalah makanan yang sering disiapkan saat Lebaran. Ragam makanan ini mengandung santan, serta tinggi minyak dan lemak. 

Berbagai kandungan tersebut dapat menjadi masalah bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit lambung. Kondisi ini bisa diperparah oleh konsumsi makanan saat Lebaran yang tidak terkontrol.

Selain itu, masalah lambung juga dapat muncul jika pola makanmu tidak teratur selama perjalanan mudik. Maka dari itu, obat lambung penting untuk disiapkan, baik dalam bentuk cair ataupun tablet. Konsumsilah obat sebelum makan.

4. Obat Mual

Mabuk perjalanan bisa terjadi saat naik pesawat, kapal laut, kereta, atau bahkan mobil. Jika kamu mengalami motion sickness atau mabuk perjalanan, siapkan obat mual agar perjalanan terasa nyaman. 

Sediakan dua jenis obat mual, yaitu obat untuk mabuk perjalanan dan obat mual jika terdapat gejala pada lambung. Keduanya merupakan obat-obatan mudik yang tetap penting untuk disiapkan.

5. Obat Diare

Saat mudik, kamu bisa saja mengalami diare karena salah makan atau akibat makanan yang dikonsumsi selama perjalanan mudik tidak higienis. 

Untuk berjaga-jaga, sediakan obat diare. Perbanyak minum air saat mudik juga penting dilakukan.

6. Obat Alergi

Jika kamu memiliki riwayat alergi, jangan lupakan obat yang satu ini. Kamu dapat mengeluhkan adanya gatal, pembengkakan, dan kemerahan pada kulit. 

Siapkan obat alergi untuk menurunkan reaksi alergi pada tubuh. Jangan sampai acara mudik terganggu akibat keluhan alergi!

7. Obat Pribadi

Kamu yang punya riwayat gangguan kesehatan tertentu perlu mempersiapkan obat rutin. Beberapa contoh penyakit yang memerlukan pengobatan rutin adalah diabetes, asma, dan tuberkulosis

Jangan lupakan obat rutin kamu. Karena, pengobatan yang tidak tepat dapat memperburuk keadaan kesehatan.

8. Obat Luka dan Plester

Selain obat-obatan mudik di atas, kamu juga sebaiknya membawa kotak khusus P3K yang berisi obat merah, alkohol, kapas, dan pembalut luka (plester). Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi luka selama perjalanan.

Saat melakukan perjalanan mudik, pastinya kamu menginginkan keamanan, kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai obat yang harus dibawa saat mudik. 

Sebelum mudik, pastikan kondisi tubuh sehat dengan memenuhi kebutuhan cairan, makan yang cukup dan istirahat teratur, serta konsumsi vitamin. 

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu sudah melakukan pencegahan untuk menghindari penyakit saat mudik Lebaran!

Bila ingin konsultasi kepada dokter, gunakan layanan Tanya Dokter. Dapatkan tips mudik sehat lainnya di aplikasi KlikDokter.

(FR/NM)

obatMudikLebaran

Konsultasi Dokter Terkait