Sukses

Ini Alasannya Mengapa Anda Perlu Akupunktur

Butuh pengobatan tradisional yang aman? Cobalah akupunktur dan rasakan manfaatnya.

Klikdokter.com, Jakarta Akunpunktur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sampai sekarang masih dijadikan pilihan banyak orang. Teknik pengobatan yang berasal dari Tiongkok ini diyakini bisa mengobati bermacam penyakit.

Seiring berkembangnya zaman, akupunktur kini mulai menjadi salah satu terapi utama yang banyak diakui oleh para dokter dan ahli kesehatan.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, pengobatan ini melibatkan penusukan jarum yang tipis ke dalam kulit pada berbagai titik strategis di kulit. Praktisi akupuntur akan memberitahukan bagian mana dari tubuh Anda yang akan ditusuk jarum.

"Kadang daerah tusukan terletak jauh dari lokasi nyeri yang dirasakan. Dalam sekali prosedur pengobatan akupuntur, dapat digunakan sebanyak lima sampai 20 jarum. Nah, jarum yang ditusukkan juga dapat dimanipulasi menggunakan listrik," ujar dr. Alvin.

Tekniknya akupunktur sendiri bisa beragam, dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Beragam jenis akunpunktur

Akunpunktur terbagi menjadi tiga jenis, yaitu khas Tiongkok, Jepang, dan Korea. Ketiganya mengusung metode yang mirip, yaitu menusukkan jarum di titik-titik akupunktur pada tubuh, yang diduga berhubungan dengan bagian tubuh yang sakit.

Perbedaannya terletak pada posisi dan penempatan jarumnya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Akupunktur asal Tiongkok

Pada akupunktur khas Tiongkok, jarum yang digunakan lebih tebal dan ditusukkan lebih dalam ke kulit. Ahli akupunktur Tiongkok juga cenderung menggunakan lebih banyak jarum dalam proses pengobatannya, dan mencakup area yang lebih luas di seluruh tubuh.

  • Akupunktur asal Jepang

Teknik akupunktur Jepang menggunakan jarum yang lebih tipis. Jarum ditusukkan secara ringan ke kulit berfokus pada perut, punggung, dan beberapa titik kunci di sepanjang sistem meridian atau jaringan titik akupunktur di seluruh tubuh.

  • Akupunktur asal Korea

Pada beberapa gaya akupunktur Korea, hanya empat jarum tipis yang digunakan dan ditempatkan secara strategis, tergantung pada kondisi penyakit yang hendak diobati.

Ketiga jenis akupunktur tersebut memiliki manfaat masing-masing. Akan tetapi, jika Anda merasa takut dengan jarum-jarum besar, akupunktur khas Jepang atau Korea dapat menjadi pilihan awal yang baik.

Selain tiga jenis tersebut di atas, ada metode baru dari pengobatan akupunktur yang lebih modern. Metode ini disebut dengan elektro akupunktur. Dalam akupunktur tradisional, setelah jarum ditusukkan di kulit, praktisi memijat pasien secara manual untuk merangsang sistem saraf.

Akan tetapi, pada elektro akupunktur, praktisi tidak perlu melakukan hal itu lagi, karena arus listrik yang digunakan mengalir di antara sepasang jarum dan memberikan efek yang sama.

1 dari 2 halaman

Manfaat akunpunktur

Efek sebagai pereda nyeri (analegsik) pada akupunktur sangat kuat. Akan tetapi, penelitian yang berkembang mengungkapkan bahwa manfaatnya bisa lebih luas.

Sebagai contoh, penderita alergi yang memulai akupunktur dapat berhenti mengonsumsi antihistamin 9 hari lebih cepat daripada mereka yang tidak menggunakannya. Studi lain menunjukkan bahwa praktik ini mungkin berguna untuk mengobati masalah usus, termasuk sindrom iritasi usus.

Sementara, menurut sebuah studi dari Arizona State University, akunpunktur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental, ditunjukkan dapat mengurangi stres hingga 3 bulan setelah perawatan.

Adapun efek jangka panjang dari teknik akupunktur, ini dikaitkan dengan sebuah sistem yang mengendalikan reaksi terhadap stres. Dalam sebuah penelitian pada hewan di Georgetown University Medical Center, tikus yang stres kronis dan diberi perawatan akupunktur mengalami penurunan hormon stres secara signifikan.

Selain itu, para ilmuwan juga meyakini bahwa akupunktur merupakan metode pengobatan yang mampu mengurangi frekuensi migrain, meringankan gejala PMS, meredakan insomnia, meningkatkan efektivitas obat depresi, menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi, dan mengurangi efek samping obat kemoterapi.

Demikianlah berbagai manfaat dari akupunktur. Pilihan pengobatan tradisional ini memang cukup baik. Tapi, jika Anda mau mencobanya, pilihlah klinik yang memiliki lisensi dan kompeten supaya pengobatan yang Anda dapatkan tidak memberikan efek negatif.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar