Sukses

Tips Jaga Kesehatan Saat Tetap Puasa dalam Mudik Lebaran

Tetap ingin puasa saat mudik Lebaran? Simak tips berikut agar tubuh tetap fit dan sehat di sepanjang perjalanan.

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, sebentar lagi bulan Ramadan akan berakhir. Saat Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, maka momen mudik pun telah menanti. Keinginan besar untuk bisa merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman membuat banyak orang rela melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran.

Banyak orang tetap ingin puasa saat perjalanan mudik. Meski sebenarnya orang yang sedang melakukan perjalanan jauh diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari-hari lain.

Tetap fit saat puasa dalam mudik Lebaran

Nah, bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit walaupun menjalankan puasa saat sedang dalam perjalanan? Simak tips-tips di bawah ini.

  • Persiapkan perjalanan Anda dengan baik

Salah satu kunci keberhasilan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tetap sehat saat mudik adalah mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik. Bagaimana caranya? 

Salah satunya adalah dengan memilih waktu perjalanan yang nyaman, sehingga tak mengganggu waktu sahur dan berbuka. Jika Anda memperkirakan akan sahur dan berbuka di jalan, maka siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan moda transportasi yang dipilih saat mudik. Pilih transportasi yang paling nyaman agar Anda tidak mengalami kelelahan selama mudik.  

Jika memilih menggunakan transportasi pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik sebelum memulai perjalanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama puasa. Sementara jika memilih transportasi umum, pastikan Anda memesan tiket dari jauh-jauh hari agar tak perlu mengalami kelelahan akibat mengantri panjang untuk mendapatkannya.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat selama perjalanan mudik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Jika memilih untuk menggunakan transportasi pribadi, pastikan Anda istirahat yang cukup untuk menurunkan risiko terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, jadwalkan beristirahat setiap beberapa jam untuk mengembalikan kesegaran dan kosentrasi Anda.

Jika Anda memililih menggunakan transportasi umum, pilihlah jenis kendaraan yang nyaman dan memungkinkan Anda untuk beristirahat. Hindari kendaraan yang terlalu padat atau yang mengharuskan Anda berdiri dalam jangka waktu lama.

  • Pastikan Anda sahur dan berbuka dengan makanan bernutrisi

Terkadang, perjalanan panjang mengharuskan Anda berbuka puasa dan sahur di jalan. Itulah sebabnya, Anda harus mengantisipasinya dengan menyiapkan bekal makanan dan minuman yang bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan energi selama perjalanan mudik. Minum yang cukup juga sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Ada baiknya, Anda mencari tahu tentang medan perjalanan terlebih dahulu, termasuk adakah penjual makanan dan minuman di sepanjang perjalanan mudik Anda. Namun demikian, untuk mencegah terjadinya hal-hal tak terduga yang membuat Anda tak bisa mendapatkan makanan di perjalanan, selalu siapkan makanan dan minuman cadangan di tas.

  • Bila perlu, minum suplemen kesehatan

Kondisi kelelahan sering terjadi selama perjalanan mudik. Untuk itu, bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral saat dalam perjalanan.

Bisa saja jadwal keberangkatan dan tiba Anda tidak sesuai dengan yang seharusnya karena mogok, macet, atau kondisi lainnya, sehingga durasi perjalanan Anda akan menjadi lebih lama. Suplemen kesehatan dapat membantu menjaga kondisi daya tahan tubuh Anda dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi selama perjalanan mudik.

Namun demikian, perlu diingat bahwa bukan berarti sudah minum suplemen berarti Anda tidak perlu makan dan minum dengan baik. Suplemen hanya bersifat pelengkap saja, menjaga kecukupan nutrisi tetaplah yang lebih utama.

Dengan tips-tips di atas, Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman dan sehat, meski sedang dalam perjalanan mudik Lebaran. Dengan kondisi yang tetap fit selama mudik, maka merayakan Lebaran di kampung halaman pun akan terasa lebih nikmat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar