Sukses

Ini Manfaat Periksa Kesehatan Sebelum Mudik Lebaran

Demi bisa merayakan Lebaran dengan nyaman di kampung halaman, Anda perlu periksa kesehatan sebelum mudik Lebaran.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak tradisi yang lekat dengan perayaan Lebaran, salah satunya adalah mudik lebaran. Anda yang kali ini mudik pasti sudah mempersiapkan semuanya dengan matang, termasuk kesiapan kendaraan, pakaian, perbekalan hingga oleh-oleh. Sayangnya, periksa kesehatan sebelum mudik sering diabaikan.

Belum banyak orang yang sadar untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mudik. Padahal, hal itu amat penting untuk menjamin mudik dan Lebaran Anda bisa berlangsung nyaman dan lancar.

Masalah kesehatan yang sering timbul saat mudik

Di balik segala keseruan dan kegembiraannya, mudik nyatanya dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Salah satu yang paling umum terjadi adalah mabuk perjalanan. Gejalanya antara lain mual, muntah, pusing, badan lemas, keringat dingin, kelelahan, begah, dan ketidakseimbangan tubuh.

Masalah lain yang dapat timbul adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat mudik, sering kali asupan cairan, terutama air putih berkurang, terlebih bila mudik dilakukan di siang hari ketika sedang puasa. Akibatnya, tubuh akan kekurangan cairan dan timbul keluhan seperti lemas, tekanan darah menurun, pusing, hingga yang sifatnya berat seperti penurunan kesadaran.

Selain itu, pemudik juga dapat mengalami masalah pencernaan. Berada dalam posisi duduk dalam jangka waktu lama, gerakan usus yang cenderung lebih lambat, serta asupan serat yang kurang menyebabkan pemudik rentan mengalami konstipasi atau sembelit. Sebaliknya, diare juga dapat terjadi bila mengonsumsi makanan yang kurang terjamin kebersihannya atau tidak mencuci tangan terlebih dahulu. 

Risiko lain yang dapat terjadi saat mudik adalah infeksi saluran pernapasan. Saat mudik, terutama bila menggunakan transportasi umum, Anda akan berpapasan dengan banyak orang. Hal tersebut akan meningkatkan risiko penularan penyakit, termasuk kuman penyebab infeksi saluran napas. Tak jarang, saat atau setelah melakukan perjalanan, para pemudik mengalami batuk dan pilek.

Manfaat pemeriksaan kesehatan sebelum mudik

Anda tentu tak ingin hari raya Lebaran diusik dengan gangguan kesehatan tersebut, bukan? Itulah sebabnya, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berkemas untuk mudik. Beragam manfaat yang akan Anda dapatkan antara lain adalah:

  • Mengetahui kondisi kesehatan tubuh teraktual. Dokter akan memeriksa kondisi tubuh Anda secara umum, meliputi tekanan darah, fungsi jantung dan paru, fungsi ginjal, gula darah sewaktu, dan sebagainya. Melalui berbagai pemeriksaan tersebut, dokter akan menyimpulkan apakah tubuh dalam kondisi cukup bugar untuk melakukan perjalanan panjang.
  • Mengetahui apakah ada risiko penyakit tertentu. Pemeriksaan dokter juga dapat mendeteksi apakah Anda memiliki risiko penyakit tertentu, misalnya tekanan darah tinggi atau penyakit gula. Dokter juga akan memberi tahu hal-hal terkait penyakit tersebut, seperti obat, makanan, atau aktivitas yang harus Anda lakukan atau hindari, khususnya saat mudik.
  • Konsultasi mengenai pilihan moda transportasi dan langkah antisipasi mengenai hal tersebut. Setiap pilihan moda transportasi memiliki risiko kesehatannya masing-masing. Anda yang mudik menggunakan pesawat, risikonya akan berbeda dengan mudik melalui jalur darat. Melalui pemeriksaan kesehatan, Anda dapat mengetahui risiko-risiko tersebut dan mendapatkan saran mengenai hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya.

Siapa saja yang perlu melakukan pemeriksaan kesehatan?

Pada dasarnya, ada baiknya setiap orang yang berencana melakukan perjalanan mudik menjalani pemeriksaan kesehatan. Namun, hal ini wajib untuk para pengemudi, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Pasalnya, kesehatan pengemudi akan menentukan bagaimana ia mengendarai kendaraan, yang tentu akan memengaruhi keselamatan penumpang. Selain itu, ibu hamil, bayi, kaum lanjut usia, serta mereka yang memiliki penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit gula, juga sangat disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan dulu sebelum mudik.

Jadi, untuk memastikan tak ada masalah kesehatan yang mengganggu selama mudik Lebaran, sebelum mengemas koper, jangan sampai lupa untuk periksa kesehatan terlebih dahulu. Menikmati suasasa Lebaran akan lebih maksimal jika Anda dan keluarga dalam kondisi yang sehat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar