Sukses

Kiat Bersihkan Kulkas Jelang Mudik Lebaran

Dibandingkan keamanan rumah, kebersihan kulkas jelang mudik Lebaran masih sering luput. Kalau masih sempat, yuk bersihkan kulkas sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Kebersihan kulkas jelang mudik lebaran sering kali dilupakan. Padahal, ini penting, lho, apalagi jika Anda bepergian dalam waktu lama. Nah, jika masih sempat, yuk segera bersihkan kulkas.

Pasti pernah terjadi, sepulangnya berlibur atau bepergian lebih dari seminggu, Anda langsung mencium bau tak sedap saat membuka kulkas akibat makanan basi. Akhirnya, mau tak mau Anda pun harus membuang banyak isi kulkas dan membersihkannya. Kalau sudah Anda bersihkan sejak sebelum berangkat, mungkin ini tak perlu terjadi.

Oleh karena itu, jika masih ada waktu sebelum berangkat mudik atau menikmati libur Lebaran, bersihkan kulkas di rumah Anda dengan tips ini. Tenti saja termasuk menyortir makanan dan mengatur makanan apa saja yang disimpan.

“Untuk membersihkan kulkas, sebetulnya lap saja. Jangan lupa untuk menyetop aliran listriknya terlebih dulu sebelum membersihkannya, dan pastikan isi kulkas daam keadaan benar-benar kosong,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.’

Menurut dr. Ega, cara itu dapat mengurangi kelembapan di kulkas. “Kulkas yang lembap gampang ditumbuhi jamur dan menjadi sarang kuman,” tambahnya.

Selain itu bersihkan juga kaca pembatas atau tempat khusus sayur. Biasanya terdapat sisa makanan atau potongan sayur atau buah. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan tersebut bisa membusuk dan menimbulkan bau. Buntutnya, malah mengontaminasi makanan lainnya.

1 dari 2 halaman

Tips membersihkan kulkas

Dilansir dari Health, berikut ini adalah cara lengkap membersihkan kulkas.

  • Jadwalkan bersih-bersih dapur paling tidak seminggu sebelum belanja mingguan atau bulanan, sehingga Anda tahu seberapa banyak makanan di rumah. Cek kulkas dan buang makanan yang sudah basi. Cek juga tanggal kedaluwarsanya.
  • Bersihkan rak dan laci kulkas dengan air hangat dan sabun yang lembut. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lap.
  • Gabungkan bumbu, saus, atau dressing yang sudah setengah dipakai tapi masih dalam kondisi baik dalam satu wadah atau rak. Atur semuanya berdasarkan rupa dan letakkan di tempat di mana Anda bisa dengan mudah menemukannya.
  • Saus, bumbu, atau makanan paling stabil lainnya harus disimpan di rak pintu, mengingat itu adalah tempat terhangat di kulkas. Area dingin (laci) diperuntukkan untuk menyimpan daging, keju, sayuran, dan apa pun yang cepat rusak.
  • Letakkan mangkuk kecil berisi baking soda di tengah-tengah kulkas untuk menyerap bau tak sedap.
  • Gunakan termometer dan cek suhu kulkas selalui berada di antara 36-39 derajat Fahrenheit (0-3,8 derajat Celcius). Para ahli sepakat suhu optimalnya adalah 38 derajat Fahrenheit (3,3 derajat Celcius). Untuk freezer, suhunya harus 0 derajat Fahrenheit (-17 derajat Celcius).
  • Laci sayuran bertugas menjaga kelembapan dan memperlambat sayuran layu. Jadi, simpan sayuran hijau segar Anda di sini. Bisa tahan sampai 7 hari.
  • Di laci daging (deli/meat drawer), Anda bisa menyimpan daging segar dan keju. Produk yang belum dibuka bisa bertahan sampai tanggal penggunaan. Namun jika sudah dibuka, daging hanya tahan sampai 5 hari, sedangkan keju yang keras bisa tahan hingga 3 minggu.
  • Atur dan rapikan kulkas sehingga makanan yang paling sehat adalah makanan yang paling mudah diraih. Sedangkan makanan yang kurang sehat bisa diletakkan di bagian belakang, sehingga Anda terhindar dari makan tak sehat.

Lalu apakah freezer juga perlu dibersihkan? Tentu saja! Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pindahkan semua yang ada di freezer, lalu lakukan inventarisasi. Jika makanan tak lagi bisa Anda identifikasi atau makanan mengkristal  atau muncul bintik-bintik es di permukaan makanan (freezer burn) baik es krim maupun daging, segera buang.
  • Apa pun yang ingin Anda “selamatkan”, bungkus dengan dua lapis plastik atau simpan di dalam tas freezer khusus untuk menghindari paparan udara yang menyebabkan freezer burn.
  • Daging yang sudah dimasak atau makanan sisa bisa tahan hingga 2 minggu. Sedangkan daging mentah, unggas, atau seafood bisa tahan sampai 6 bulan.

Sedikit repot, tapi percayalah, sepulangnya dari liburan nanti Anda tak akan disambut oleh makanan busuk dan bau tak sedap yang menyertainya saat membuka pintu kulkas. Karenanya, jika masih sempat, yuk, bersihkan kulkas jelang mudik Lebaran.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar