Sukses

Hindari Stres Saat Macet Mudik dengan 6 Makanan Ini

Stres saat macet mudik sering kali tidak terhindarkan. Daripada marah-marah, konsumsilah makanan ini agar terhindar dari stres.

Klikdokter.com, Jakarta Perjalanan darat memang lebih berisiko tinggi terjebak macet saat mudik Lebaran, apalagi jika berkendara dengan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Daripada mengalami stres saat macet mudik, lebih baik konsumsi makanan yang bisa membantu Anda terhindar dari stres. Apa saja? Dari KlikDokter, dr. Fiona Amalia, MPH, punya daftarnya!

Makanan yang dikonsumsi akan mengubah kadar zat-zat kimia dalam otak yang pada akhirnya memengaruhi perilaku seseorang. Sebelum berangkat mudik, cobalah untuk menyiapkan makanan ini, yang barang kali Anda akan berguna saat Anda berhadapan dengan situasi yang bikin stres.

  1. Cokelat

Salah satu makanan enak yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi stres adalah cokelat. Cokelat, terutama dark chocolate yang mengandung kakao 70 persen, memiliki banyak opioid natural atau zat penenang dan pengurang rasa sakit. Artinya, memakannya dapat menurunkan kadar hormon stres.

Ketimbang marah-marah karena kondisi jalanan yang semrawut dan bikin sakit kepala, lebih baik kunyah saja cokelat yang Anda bawa!

  1. Biskuit atau roti gandum

Stres yang dirasakan bukan cuma karena macet, tapi juga karena lapar? Kalau begitu, Anda mesti mengonsumsi biskuit atau roti gandum!

Karbohidrat serat tinggi seperti itu banyak mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi serotonin. Serotonin itu sendiri adalah zat kimia yang bertugas untuk membawa pesan antarsel saraf otak. Salah satu fungsi dari zat ini ialah membantu mengatur perasaan cemas dan juga bahagia. Semakin rendah kadar serotonin di dalam tubuh, maka semakin besar kemungkinannya Anda mengalami depresi.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Pisang atau alpukat

Buah dan sayur pada dasarnya kaya akan kandungan zat gizi mikro serta antioksidan. Menurut dr. Fiona, beberapa buah yang diketahui dapat meningkatkan suasana hati seseorang antara lain alpukat dan pisang.

“Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan mood, sementara pisang kaya akan magnesium yang dapat mengurangi kecemasan,” tuturnya.

Makan alpukat dalam perjalanan mungkin akan merepotkan, tapi pisang bisa Anda konsumsi dengan mudah.

  1. Kacang almon

Daripada beli kacang goreng di pinggir jalan yang sudah ditaburi banyak garam atau mungkin digoreng dengan minyak bekas, lebih baik konsumsilah kacang almon.

Jenis kacang ini diketahui mengandung asam amino, vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan seng yang penting memproduksi serotonin. Pilihlah kacang almon yang dipanggang dan tanpa diberikan bubuk pemanis atau bubuk gurih.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya (2)

  1. Minum yoghurt atau susu

Jika berhenti di area peristirahatan, sempatkan untuk mampir ke mini market untuk membeli susu atau yoghurt dingin. Tak hanya segar dan mengenyangkan, tetapi keduanya bisa diandalkan untuk meredakan stres yang Anda rasakan.

Hindari minuman berkafein seperti kopi atau minuman bersoda, karena sifatnya diuretik. Bisa-bisa, saat terjebak macet di perjalanan Anda makin gelisah karena menahan pipis!

  1. Protein hewani

Saat berhenti di restoran untuk makan, pesanlah menu berprotein yang bersumber dari ikan salmon, tuna, sarden, makerel. Ikan-ikan tersebut kaya akan asam amino dan asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Jika menu ikan tak tersedia, Anda juga bisa memesan menu daging ayam atau sapi yang juga mengandung asam amino yang diperlukan untuk produksi serotonin.

Catat enam jenis makanan yang bisa membantu Anda terhindar dari stres saat macet mudik Lebaran. Selain bisa mengenyangkan, suasana hati pun akan lebih baik. Jika capek, jangan ragu untuk beristirahat. Selamat mudik dan semoga sampai tujuan dengan selamat!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar