Sukses

Bahaya Memakai Pakaian Ketat Saat Mudik Lebaran

Saat mudik Lebaran, hindari menggunakan pakaian ketat. Selain tidak nyaman, jenis pakaian ini juga bisa mengganggu kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi. Anda dan keluarga sudah mulai bersiap untuk mudik? Sebelum berangkat, pastikan dulu Anda mengenakan pakaian yang nyaman selama di perjalanan. Hindari menggunakan pakaian ketat  saat perjalanan mudik Lebaran karena berisiko mengganggu kesehatan Anda.

Risiko menggunakan pakaian ketat

Dijelaskan oleh dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, sebuah studi di Italia melakukan penelitian pada 900 wanita menemukan fakta bahwa memakai celana jeans ketat satu kali atau lebih dalam seminggu berisiko menyebabkan vaginosis bakterialis.

“Vaginosis bakterialis adalah suatu kondisi ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat pada vagina. Normalnya, bakteri baik pada vagina wanita akan mengendalikan pertumbuhan bakteri buruk.Tapi, pada wanita yang menderita vaginosis bakterialis, jumlah pertumbuhan bakteri jahat menjadi lebih cepat,” jelasnya.

Menurutnya, gejala yang paling umum terjadi adalah keputihan yang berbau, dengan warna keabu-abuan atau kuning.

Menyambung hal tersebut, dr. Alberta Jesslyn Gunardi BMedsc Hons dari KlikDokter juga memaparkan bahaya lain dari penggunaan pakaian ketat. Pakaian ketat dapat membatasi aliran darah. Terbatasnya ruangan saat perjalanan mudik akan membuat Anda semakin tidak nyaman.

Aturan berpakaian saat mudik

Anda tentu berharap perjalanan mudik Lebaran yang Anda lakukan bersama keluarga bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman. Nah, untuk mendapatkan semuanya, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan pakaian untuk mudik. Berikut ini panduannya:

  1. Pakaian basic

Kenakan pakaian jenis kaos atau atasan polos tanpa hiasan yang menempel. Hal ini agar Anda senantiasa merasa nyaman menyandarkan punggung selama di perjalanan. Untuk bawahan, Anda bisa memilih celana kargo yang longgar atau legging yang super nyaman.

Intinya, pilih celana dengan pinggang lebar, sehingga tidak akan menjepit pinggul.

  1. Pilih bahan katun atau linen

“Hindari menggunakan bahan jeans yang terlalu ketat, dan pilihlah bahan seperti katun atau linen,” dr. Aberta menyarankan. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dipaparkan di atas, bahwa bahan jeans yang terlalu ketat dapat membatasi aliran darah.

  1. Alas kaki slip-on

Dilansir dari USA Today, sebisa mungkin hindari sepatu dengan hak tinggi dan yang memiliki sol licin. Terutama bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Oleh sebab itu, sepatu slip-on adalah pilihan terbaik untuk mudik. Bila kaki lelah, sepatu bisa dilepas dengan mudah. Sepatu jenis ini juga amat baik bagi pengemudi kendaraan pribadi.

  1. Bawa outer atau pasmina

Siapkan pakaian luar atau pasmina untuk berjaga-jaga saat terjadi perubahan cuaca. Biasanya, bagi Anda yang mudik dengan pesawat atau kereta api juga tak bisa mengontrol suhu pendingin ruangan, sehingga persiapan ini sangat membantu Anda tetap merasa hangat.

  1. Hindari menggunakan aksesori berlebihan

Sebaiknya, tahan dulu diri Anda untuk menggunakan aksesori selama mudik. Selain demi faktor keamanan, penggunaan aksesori terkadang justru bisa mengganggu kenyamanan Anda karena terasa ada yang menempel di tubuh. Bahkan jika Anda dalam kondisi yang tidak fit, materi aksesori yang bereaksi dengan keringat bisa menimbulkan gangguan kulit yang makin membuat perjalanan Anda tidak nyaman.

Selain memperhatikan pemilihan pakaian yang dijelaskan di atas, beberapa hal yang perlu Anda persiapkan adalah produk perawatan untuk menjaga kulit tetap sehat serta obat-obatan pribadi.

Bawalah lip balm untuk mencegah bibir pecah-pecah dan gunakan tabir surya setiap beberapa jam. Terutama bila Anda mudik dengan kendaraan pribadi atau terpapar sinar matahari dalam durasi waktu yang cukup lama.

Sekali lagi, penggunaan pakaian ketat sangat tidak disarankan bila Anda akan mudik Lebaran. Selain mengganggu kenyamanan, nyatanya pakaian tersebut juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Ikuti berbagai tips berpakaian di atas agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan, dan bisa sampai di tujuan dengan selamat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar