Sukses

Penting, Ini 8 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Salah satu asupan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil adalah bayam. Cek di sini 8 manfaat bayam untuk ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu asupan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil adalah bayam. Jadi jangan remehkan sayuran ini karena manfaat bayam untuk ibu hamil amat besar.

Seperti dijelaskan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, bayam adalah bahan makanan yang murah, mudah didapat, praktis diolah menjadi menu masakan, serta kaya akan nutrisi. Sebagian besar berat bayam terdiri dari air. Selain itu, bayam juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

“Bayam juga mengandung sangat sedikit lemak, sehingga dapat diabaikan jumlahnya. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat dalam bayam sangat sedikit, yakni 23 kalori dalam 100 gram,” ujar dr. Karin.

Meski demikian, bayam kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, asam folat (vitamin B9) yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan jaringan.

“Bayam juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta vitamin K yang membantu proses pembekuan darah,” dr. Karin menjelaskan.

Mineral penting yang terkandung dalam bayam antara lain adalah zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah untuk mengantarkan oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh, kalsium untuk pertumbuhan tulang serta gigi, dan magnesium yang menjaga kesehatan otot rangka, otot jantung, sistem saraf, serta sistem kekebalan tubuh.

1 dari 2 halaman

Manfaat bayam bagi ibu hamil

Dengan berbagai komponen nutrisi seperti yang disebutkan di atas, sangat tepat jika bayam menjadi salah satu makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, bayam juga memiliki sejumlah faedah lainnya, seperti:

1. Sumber asam folat untuk tumbuh kembang janin

Asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim. Asam folat juga berkontribusi pada perkembangan tulang belakang dan kognitif, serta mencegah keguguran. Anda juga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah kondisi seperti anemia karena kandungan zat besi bayam yang kaya.

2. Meningkatkan mood

Anda akan mengalami gejolak mood akibat perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Dengan vitamin B yang terdapat dalam bayam, kondisi itu akan berkurang.

Jika Anda sering mengalami suasana hati yang naik-turun di pagi atau sore hari, pertimbangkan untuk memasukkan bayam ke dalam diet Anda. Makan bayam dapat mengurangi depresi dan stres, serta kecemasan.

3. Pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium adalah mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dari 100 gram bayam, Anda akan mendapatkan sekitar 99 mg kalsium. Selain perkembangan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk mencegah pembekuan darah di arteri. Kalsium juga bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf dan otot.

4. Kaya vitamin E

Asupan vitamin E yang cukup sangat terkait dengan pencegahan mengi dan asma. Vitamin ini juga baik untuk menyeimbangkan hormon, memerangi kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan penglihatan, dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Dapatkan nutrisi ini dalam semangkuk sayur bayam.

5. Pembentukan paru-paru

Bayam kaya akan vitamin A yang baik untuk perkembangan paru-paru bayi Anda. Selain itu, vitamin A juga meningkatkan metabolisme Anda dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

6. Meningkatkan kekebalan

Sistem kekebalan tubuh biasanya akan rentan terganggu selama kehamilan. Untungnya, bayam mengandung banyak vitamin C yang dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal penyakit. Tambahkan seporsi bayam, dan ucapkan selamat tinggal pada pilek dan flu.

7. Membantu mengatur tekanan darah

Kandungan nitrat dalam bayam dikenal berguna untuk mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh. Tekanan darah yang normal adalah hal vital selama kehamilan. Kandungan kalium yang tinggi dalam bayam juga dapat menurunkan tekanan darah.

8. Sebagai pereda nyeri

Ibu hamil juga biasanya merasakan nyeri kehamilan. Bayam mengandung senyawa antiinflamasi yang dikenal sebagai glikolipid, yang bisa meredakan rasa sakit dan nyeri di tubuh.

Jadi meski “hanya” dimasak sederhana sebagai sayur bening, manfaat bayam untuk ibu hamil tidak bisa diremehkan. Oleh karena itu, masukkan sayuran ini sebagai salah satu sayur andalan dalam menu harian Anda. Agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, jangan masak bayam terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar