Sukses

Beli Baju Lebaran untuk Anak, Ini 5 Panduannya

Perlu tips khusus sebelum beli baju lebaran untuk anak. Simak kiatnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pasti paham bahwa beli baju lebaran untuk anak itu susah-susah gampang. Ada banyak model dan warna yang ditawarkan di toko dan mal. Namun yang sulit adalah bagaimana memilih baju lebaran yang nyaman dipakai oleh anak.

Agar anak merasa nyaman memakai baju baru sekaligus kesehatan kulitnya tetap terjaga, berikut lima tips beli baju lebaran untuk anak, yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih baju berbahan katun yang lembut

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter , anak-anak mudah sekali terkena biang keringat. Oleh karena itu, belikan baju yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Banyak pakaian katun yang memiliki motif dan model yang menarik.

Selanjutnya, pilihlah bahan katun yang permukaannya lembut. Semakin lembut pakaian katun yang Anda pilih, semakin kecil risiko dia untuk mengalami biang keringat ataupun iritasi kulit.

2. Kulit anak sensitif, pilih baju berbahan katun organic

Ditambahkan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, apabila kulit anak sangat sensitif, sebaiknya Anda memilihkan pakaian yang terbuat dari katun organik. Sebab, katun biasa terbuat dari kapas yang disemprot dengan pestisida dan zat kimia lainnya agar terhindar dari hama dan penyakit.

Zat kimia tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi pada kulit yang sensitif. Adapun, katun yang terbuat dari kapas organik bebas bahan kimia, sehingga lebih aman untuk kulit anak yang sensitif.

3. Pilih pakaian yang tidak terlalu ribet

Dapat dimaklumi bahwa sebagian orang tua ada yang ingin anaknya terlihat menonjol ketimbang anak-anak lain. Anda pun lantas membelikan anak pakaian yang cukup mencolok, entah itu ada sayap-sayapan peri, rok dengan renda yang banyak, atau baju dengan tali-tali yang rumit.

Lebih baik, pilihkan baju lebaran yang simpel dan mudah digunakan oleh anak Anda. Ingat, Lebaran Idul Fitri bukan ajang karnaval, sehingga sangat tidak bijaksana bila Anda memaksa anak untuk tampil dengan pakaian yang bikin anak malah kegerahan yang bisa memicu masalah kulit.

4. Pilih yang ukurannya sesuai

Terkadang, orang tua kerap membelikan sepatu, celana, rok, atau baju atasan yang lebih besar beberapa sentimeter ketimbang ukuran tubuh si Kecil. Tujuannya, ketika anak sudah lebih besar, pakaian tersebut masih bisa digunakan tanpa harus beli yang baru. Tak mengapa memang.

Namun, pastikan bahwa ukuran yang Anda pilih itu tidak terlalu besar karena bisa membuat si Kecil tidak nyaman dan membahayakan keselamatannya. Ya, sepatu yang terlalu longgar dan celana atau rok yang kepanjangan bisa membuat anak terjatuh.

Sebaliknya, apabila Anda membelikan pakaian yang terlalu sempit, anak akan kesulitan bernapas, gatal, memberikan tanda bekas kemerahan di kulit, dan membuatnya tidak bebas bergerak. Pakaian terlalu sempit juga rentan robek saat anak aktif bergerak.

5. Pilih motif dan warna favorit anak Anda

“Agar anak senang dengan baju barunya, diskusikan pilihan motif dan warna pakaian yang hendak dibeli dengan anak. Jika memungkinkan, ajak anak untuk ikut membeli baju lebaran yang diingankan,” dr. Vita menambahkan.

Jangan sampai, Anda membelikan baju pink menyala, padahal anak lebih menyukai warna biru muda. Biasanya, ketidaksukaannya terhadap baju yang ia kenakan di hari Lebaran akan memengaruhi mood-nya di hari itu. Jadi, pastikan anak suka dengan baju yang Anda belikan, ya!

Itulah lima tips beli baju lebaran untuk anak yang juga aman untuk kenyamanan dan kesehatannya. Menemukan pakaian yang tepat untuk si Kecil sama saja dengan menentukan mood-nya di hari itu. Jika anak senang dan nyaman dengan pakaian yang Anda beli untuknya, pasti mood-nya akan baik. Anak pun akan ceria saat bertemu dengan banyak kerabat di hari Lebaran.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar