Sukses

7 Cara Memperbaiki Kesehatan Mental

Kesehatan mental perlu diperhatikan karena dampaknya bisa membahayakan diri penderitanya. Lakukan ini agar tak sampai terjadi pada Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Coba bayangkan jika kesehatan mental terganggu, efek buruknya bisa membuat penderitanya bisa melakukan percobaan bunuh diri. Oleh sebab itu, Anda mesti tahu cara untuk memperbaikinya.

Masalah kesehatan mental atau gangguan mental dapat memengaruhi pemikiran, suasana hati, dan perilaku seseorang. Jenisnya pun beragam, seperti anoreksia, depresi, gangguan kecemasan, gangguan adiksi, skizofrenia, dan masih banyak lagi.

Penyebab gangguan mental juga bisa berbeda-beda pada setiap orang. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, pekerjaan penuh tantangan, masalah keluarga, atau menjadi korban kekerasan seksual bisa membuat seseorang rentan mengalami masalah kesehatan jiwa.

Cara memperbaiki kesehatan mental

Ingat, mental yang terganggu perlu penanganan yang baik. Jika tidak, efeknya akan sangat berbahaya. Kunci dari memperbaiki kesehatan mental adalah jangan ragu meminta pertolongan orang lain.

Mencari tahu metode apa yang cocok bagi Anda adalah langkah pertama. Intuisi dan kepercayaan diri juga penting, karena tidak semua orang memiliki cara yang sama untuk menangani masalah mental yang tengah dihadapinya.

Berikut beberapa pilihan cara untuk memperbaiki kesehatan mental:

1. Luangkan waktu untuk menikmati alam

Berada di luar ruangan dapat membantu Anda melepas lelah, menghilangkan stres, dan pada akhirnya meningkatkan kesehatan mental dalam jangka panjang.

"Cara penanganan masalah mental ini memberikan ketenangan tersendiri," kata Beth Jones, seorang psikoterapis dari Amerika Serikat kepada Livestrong.

Di Jepang, bahkan ada istilah "mandi hutan" untuk bermain di alam guna melepaskan penat dan menyembuhkan diri dari gangguan mental, fungsinya sama seperti mendaki, dan meditasi. Dalam prosesnya, Anda akan diminta meluangkan waktu untuk menikmati pemandangan, suara, dan aroma lingkungan.

2. Tuliskan apa yang ada di pikiran Anda

Bagi beberapa orang, menuliskan apa yang mereka rasakan seperti membongkar isi pikiran. Nyatanya, hal tersebut menjadi cara yang efektif untuk menenangkan pikiran dan mendapatkan pandangan baru terhadap sesuatu.

3. Lebih sering tertawa

Bahkan jika harus dipaksakan, tertawa akan membantu membuat Anda merasa lebih baik. Sebab, tertawa melepaskan endorfin, yang memberikan rasa tenang dan bahagia. Jika ada film atau acara lawak tertentu yang selalu membuat Anda tertawa, sangat disarankan untuk menontonnya, sampai Anda merasa lebih baik.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Pilih mantra yang menguatkan Anda

Mengulangi frase atau serangkaian kata di kepala sepanjang hari adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengubah pola pikir Anda. "Kuncinya adalah memilih pesan positif untuk diri sendiri," ujar Jones.

Tidak perlu kata-kata seperti "Aku adalah Raja dunia". Anda bisa memilih sesuatu yang jauh lebih rasional daripada itu, misalnya "Saya sudah melakukan yang terbaik" atau "Saya sudah benar-benar berusaha". Pilih sesuatu yang benar-benar dekat dengan kondisi Anda.

5. Letakkan ponsel sebelum tidur

Menggunakan ponsel sebelum tidur dapat membuat Anda sulit tidur. "Kebiasaan ini benar-benar tidak baik untuk otak atau pikiran Anda, jadi harus dihilangkan," kata Jones.

Cobalah melatih diri untuk meletakkan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur. Hal ini merupakan cara yang baik untuk memastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Tak ada salahnya juga jika Anda ingin melatih menghindari penggunaan ponsel di siang hari.

6. Menyendiri sejenak

Berlatih diam selama beberapa waktu telah terbukti menurunkan tekanan darah dan merangsang pertumbuhan sel baru di bagian otak yang terkait dengan belajar, mengingat, dan emosi. Cobalah setidaknya seminggu sekali menyisihkan waktu untuk menyendiri, guna menyegarkan pikiran Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, Jones menyarankan untuk bangun lebih awal, sehingga Anda memiliki cukup waktu setidaknya untuk berdiam sejenak.

7. Cari waktu untuk mengobrol dengan orang lain

Berbicara dengan orang lain dapat membuat perasaan Anda merasa lebih hangat, terlepas dari apa yang dibicarakan. Anda dapat sekadar berbagi soal apa yang dirasakan atau mendiskusikan situasi politik yang tengah bergulir. Bahkan, memulai obrolan grup dengan teman adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa kesepian.

Demikianlah beberapa cara untuk memperbaiki kesehatan mental. Cara-cara di atas cukup mudah untuk diterapkan, bukan? Jika Anda merasa kesehatan mental sudah cukup membebani, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater untuk menanganinya, ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar