Sukses

Bolehkah Mengatasi Perut Kembung si Kecil dengan Jahe?

Jahe memang sudah lama dikenal bisa mengatasi perut kembung. Namun, bolehkah mengobati perut kembung anak dengan jahe?

Klikdokter.com, Jakarta Jahe sering diandalkan untuk mengatasi perut yang sedang tak enak, misalnya perut kembung. Namun, jika anak yang mengalaminya, apakah pemberian jahe aman untuk mengatasi keluhan perut kembung tersebut?

Perut kembung bisa menyerang siapa saja mulai dari lansia, dewasa, dan anak-anak. Dikatakan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, penyebabnya paling sering adalah:

  • Makan terlalu banyak atau terlalu terburu-buru
  • Menelan udara, misalnya akibat minum pakai sedotan atau mengunyah permen karet
  • Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi alkohol

Selain itu, perut kembung juga bisa terjadi akibat adanya gangguan enzim dalam tubuh. “Enzim amilase, protase, dan lipase memainkan peran penting dalam proses pencernaan. Ketika satu di antara tiga enzim tersebut mengalami gangguan, salah satu keluhan yang sangat mungkin terjadi adalah perut kembung dan begah,” jelas dr. Theresia.

Jahe ampuh untuk perut kembung

Nah, salah satu bahan alami yang diyakini dapat mengatasi perut kembung adalah jahe. Jenis jahe yang sering dipakai adalah jenis gajah, jahe kuning (yang umum ditemui di dapur), dan jahe merah yang punya kandungan minyak atsiri dan paling pedas, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar farmasi maupun ramuan jamu.

Sebagai informasi, dalam 100 gram jahe, terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen protein, dan 8 persen lemak. Jahe juga mengandung vitamin B, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan zink.

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi tinggi yang dapat mengurangi sekaligus menetralkan asam di dalam perut. Senyawa antiinflamasi dalam 1 gram jahe dapat memaksimalkan kerja perut untuk mencerna makanan yang masuk, agar lebih mudah diserap sekaligus menghilangkan gas berlebih.

Jahe aman untuk mengatasi perut kembung anak?

Lantas, bagaimana jika jahe yang selama ini ampuh mengatasi perut kembung pada orang dewasa diberikan untuk meredakan kondisi serupa pada anak?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, konsumsi jahe diperbolehkan asal bagi anak-anak yang sudah memasuki usia makan.

"Jahe memang bermanfaat untuk saluran cerna, jadi boleh saja. Tapi ingat, jahe cuma bisa diberikan kepada anak yang sudah masuk usia makan. Selama tidak terlalu pedas rasanya boleh-boleh saja," ujar dr. Dyan saat dikonfirmasi.

“Produk yang umum dijual misalnya wedang jahe kadang terlalu pedas untuk anak-anak. Jadi, kadarnya disesuaikan saja. Selain itu, jika ingin menambahkan jahe pada sup atau makanan anak lainnya, itu pun tak masalah,” tambahnya.

Selain dengan jahe, dr. Dyan merekomendasikan metode lain untuk anak yang perutnya sedang kembung. Anda bisa menggosok perut anak dengan minyak yang menghangatkan.

"Anda juga bisa mengatasi perut kembung anak dengan minyak telon atau minyak lain yang menghangatkan. Selanjutnya, beri ia pijatan halus. Jika anak masih bayi, tengkurapkan untuk mengeluarkan gas dari dalam perutnya,” papar dr. Dyan.

Selain dengan cara-cara tersebut, hindari memberi anak makanan yang bisa memicu perut kembung seperti kol, ubi, atau kentang. Memang tidak semua anak lantas akan mengalami perut kembung jika memakannya, tetapi sebagian bisa merasakan keluhan tersebut.

Mengatasi perut kembung pada anak boleh dengan jahe. Namun, pastikan anak sudah masuk usia makan dan rasanya pun jangan sampai terlalu pedas. Selain itu, pastikan juga untuk menghindari pemicu perut kembung, misalnya pemilihan jenis makanan atau tidak makan terburu-buru. Jika perut kembung tak juga hilang, atau si Kecil sampai menangis kesakitan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar