HomeInfo SehatKesehatan UmumSiapkan 13 Obat Ini dalam Kotak P3K Sebelum Mudik
Kesehatan Umum

Siapkan 13 Obat Ini dalam Kotak P3K Sebelum Mudik

Ayu Maharani, 05 Apr 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mau bawa kotak P3K saat mudik, tapi tidak tahu mau diisi apa saja? Tenang! Lihat saja referensinya di bawah ini.

Siapkan 13 Obat Ini dalam Kotak P3K Sebelum Mudik

Lebaran hampir tiba. Kamu dan keluarga tentu sudah merencanakan tanggal mudik ke kampung halaman. Beragam bingkisan Lebaran tentu sudah kamu persiapkan untuk dibawa serta. Namun satu hal penting lainnya yang tidak boleh kamu abaikan adalah obat dalam kotak P3K.

Keberadaan kotak P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan kerap kali disepelekan. Padahal, ketika kamu – atau anggota keluarga – sakit saat dalam perjalanan mudik dan tidak menemukan klinik atau apotek yang bisa dikunjungi, kotak obat inilah yang dapat menolong.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kotak P3K yang lengkap dapat membantu kamu dalam mengatasi gangguan kesehatan, sebelum kamu sampai di pusat layanan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul di dalam perjalanan mudik antara lain pusing, mual, muntah, diare, dan demam.

Oleh karena itu beberapa jenis obat dan peralatan yang wajib dimasukkan ke dalam kotak P3K, antara lain:

1. Obat Penurun Panas

Demam bisa muncul kapan saja, tak terkecuali saat berada di perjalanan mudik. Entah itu karena cuaca yang kelewat dingin, sakit flu yang muncul kembali karena kelelahan, atau karena faktor lainnya.

Maka dari itu, sediakan selalu obat penurun panas atau demam dalam kotak P3K kamu. Obat penurun panas yang paling mudah dan efektif untuk dibawa adalah parasetamol kapsul untuk orang dewasa dan parasetamol cair untuk anak-anak.

2. Obat Pereda Nyeri

Demam biasanya disertai juga dengan nyeri otot dan sakit kepala. Jadi, jangan lupa sediakan juga obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Bila kamu memiliki riwayat alergi obat dan rasa nyeri yang dirasakan tidak terlalu hebat, mengonsumsi parasetamol juga sudah cukup.

3. Obat Anti Diare dan Keracunan

Ini juga tak kalah penting. Saat mudik, terkadang “kesialan” bukan cuma datang dari kecelakaan kendaraan saja, tetapi dari ketidakcocokan perut kamu terhadap makanan yang disantap saat mudik. Artinya, obat anti diare dan anti keracunan seperti norit atau attapulgit tidak boleh absen dari kotak P3K kamu.

4. Obat Anti Alergi dan Krim Anti Gatal

Sama seperti demam, alergi juga bisa muncul kapan saja. Tanpa kamu sadari, alergen yang berada di sekitar bisa membuat kamu bersin terus-menerus, sesak napas, gatal-gatal, dan juga bentol bengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan obat alergi (tablet/kapsul) serta krim hidrokortison. Lalu, sediakan juga krim gatal seperti kalamin atau bedak dingin.

5. Obat Maag

Terjebak macet berjam-jam di jalanan dan makanan bekal habis, bisa membuat asam lambung bergejolak dan menimbulkan nyeri di ulu hati. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan obat maag seperti antasida.

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki riwayat sakit lambung yang lebih parah, jangan lupa lengkapi persediaan obat-obatan yang lebih kompleks sesuai anjuran dokter.

6. Krim atau Gel Luka Bakar

Mobil yang sedikit bermasalah bisa memaksa kamu membuka penutup mesin untuk mengecek mesin. Utak-atik sana-sini dan tak sengaja menyenggol bagian mesin yang sangat panas.

Jangan dibiarkan! Karena jika dibiarkan, kemerahan akibat menyentuh benda panas tersebut akan semakin parah. Jadi, kamu perlu menyediakan krim luka bakar atau setidaknya gel lidah buaya untuk mengatasi hal-hal seperti itu.

7. Obat-obatan Lainnya

Obat-obatan Lainnya

Jangan sampai lupa dan yang paling penting, isi kotak P3K dengan obat yang disesuaikan dengan kondisi fisik serta riwayat penyakit kamu. Misalnya, kamu punya asma, berarti harus ada inhaler cadangan. Atau jika kamu punya penyakit hipertensi dan diabetes, obat penurun tekanan darah dan insulin pun wajib dibawa juga.

8. Kapas, Kasa Steril, dan Plester

Tiga hal ini mesti disediakan untuk membersihkan luka dan memberikan cairan antiseptik pada luka. Jika tidak ada, tentu kamu akan repot sekali dalam mengurus luka. Menggunakan kain lain yang tidak steril pun bisa membuat infeksi justru semakin parah.

9. Povidine Iodine untuk Disinfektan dan Alkohol 70%

Ini sebenarnya satu paket dengan kapas, kasa steril, dan plester. Sediakan dua cairan ini untuk mengatasi luka. Jika sebelumnya kamu sudah pernah punya, coba periksa tanggal kedaluwarsanya. Lebih baik beli yang baru apabila sudah lewat dari tanggal batas pemakaian.

Artikel Lainnnya: WHO Melarang Penggunaan Vape dengan Perasa di Seluruh Dunia

10. Gunting

Gunting sangat diperlukan dalam kotak P3K saat perjalanan mudik, entah itu untuk memotong plester, perban, kabel, atau bahkan membuka bungkus makanan. Jadi, pastikan kamu selalu menyediakan gunting di dalam kotak P3K.

11. Obat Mual

Obat mual termasuk salah satu yang disarankan untuk dimasukan ke dalam kotak P3K. Obat mual ini dapat membantu kamu untuk mengatasi mual di jalan. JIka kamu merasakan mual di perjalanan kamu tidak perlu lagi khawatir. 

12. Pereda Digigit Serangga

Pereda digigitt serangga seperti antihistamin atau salep anti inflamasi dapat disertakan dalam kotak P3K. Obat ini sangat berguna untuk mengurangi reaksi alergi atau peradangan yang mungkin terjadi akibat gigitan serangga. Pereda ini mungkin kamu butuhkan saat terjadi macet total di malam hari dan kemungkinan melakukan istirahat di rest area. 

13. Koyo

Koyo atau plester dapat menjadi tambahan yang berguna untuk dimasukan ke dalam kotak P3K perjalanan. Koyo dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada otot atau sendi akibat kelelahan atau cidera ringan selama perjalanan.

Artikel Lainnya: Hai Gen Z, Punya Asuransi Kesehatan Penting Untuk Masa Depan Yang Lebih Aman

Itu dia 13 obat-obatan dan peralatan yang wajib ada di dalam kotak P3K yang hendak dibawa mudik. Bila kamu atau anggota keluarga yang lain termasuk orang yang mudah mabuk perjalanan, berarti jangan sampai lupa membawa obat antimabuk perjalanan.

Selain itu, perhatikan juga jumlah obat-obatan yang dibawa. Jangan sampai kamu membawanya terlalu sedikit, sehingga hanya bisa dikonsumsi sekali saja atau hanya kamu yang dapat mengonsumsinya. Diskusikanlah bersama anggota keluarga lainnya tentang apa saja yang mesti dilengkapi sehingga kotak P3K tersebut bisa berguna untuk semua orang saat mudik lebaran.

Jika kamu ada pertanyaan tentang topik diatas gunakan fitur layanan Tanya Dokter dan jangan lupa untuk unduh aplikasi KlikDokter.

[MS/ RVS]

ParasetamolobatMudikObat pereda nyerikotak p3kLebaranObat Mag

Konsultasi Dokter Terkait