Sukses

7 Tips Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau

Memakai gigi palsu lepasan tetap bisa tampil cantik dan mendongkrak pede kok, asalkan tahu cara merawatnya.

Klikdokter.com, Jakarta Lalai dalam menjaga kesehatan gigi bisa menyebabkan gigi rusak dan ompong, walaupun Anda masih di usia muda. Solusi yang paling umum dengan harga terjangkau adalah dengan menggunakan gigi palsu lepasan yang terbuat dari bahan akrilik.

Jenis gigi palsu ini bisa dilepas dan pasang sendiri oleh pasien, tidak permanen menempel di dalam mulut. Namun hati-hati, bila tidak dirawat, gigi palsu tersebut justru bisa menyebabkan bau mulut dan kemudian berubah warna.

Yuk, rawat gigi palsu lepasan dengan cara ini!

Agar tidak berubah warna, selalu bersih dan bebas dari kuman, maka gigi palsu lepasan perlu dirawat dengan baik. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Selalu berhati-hati saat melepas, memasang dan mencuci gigi palsu. Jangan sampai ada bagian yang bengkok atau patah. Peganglah gigi palsu dengan mantap.
  1. Sebisa mungkin lepas dan bersihkan gigi palsu lepasan setelah makan. Bilas di air mengalir supaya sisa makanan tidak menempel pada gigi palsu. Alasi dengan handuk di bawahnya, supaya tidak rusak apabila gigi palsu terjatuh.
  1. Sikat dan bersihkan gigi palsu setiap hari. Hal ini terutama dilakukan pada bagian yang berlekuk-lekuk. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut untuk membersihkan dari sisa makanan, plak gigi dan kotoran lainnya.
  1. Bersihkan rongga mulut setelah melepas gigi palsu. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk membersihkan bagian lidah, pipi bagian dalam dan langit-langit. Jangan lupa untuk membersihkan bagian gusi yang terkena lem gigi palsu sampai bersih.
  1. Rendam gigi palsu. Lakukan setidaknya semalaman dengan air bersuhu ruangan dan gunakan cairan khusus gigi palsu. Karena ada beberapa jenis gigi palsu yang perlu direndam supaya tetap lembap agar bentuknya tidak berubah.
  1. Bersihkan sebelum digunakan kembali.Sebelum menggunakan gigi palsu, bersihkan lagi dengan air mengalir, terutama sehabis direndam dengan cairan khusus. Karena cairan tersebut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan muntah bila tertelan.
  1. Kontrol rutin ke dokter gigi. Usahakan 1 tahun sekali gigi palsu diperiksa, karena gusi akan mengalami penyusutan. Biasanya dalam 5-10 tahun gigi palsu akan longgar, sehingga perlu diperbaiki.

Jika belum sampai 1 tahun tapi gigi palsu sudah longgar maka sebaiknya langsung periksa ke dokter gigi. Karena hal tersebut dapat membuat luka sariawan, penurunan gusi, terkikisnya gigi dan juga infeksi gigi.

Hal yang penting diperhatikan dalam merawat gigi palsu lepasan adalah harus dilepas setiap malam, disikat dan direndam pada wadah yang aman. Menurut Journal of Dental Science, cara tersebut dapat mengurangi adanya jamur yang menempel pada gigi palsu.

Selain itu, melepas gigi palsu lepasan sebelum tidur dapat mengistirahatkan gusi dari tekanan gigi palsu, sejhingga gusi sehat dan terhindar dari risiko sariawan.

Tak hanya dapat menjaga agar gigi palsu lepasan tetap awet dan tak berubah warna, berbagai tips di atas juga bisa mencegah bau mulut. Ayo lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar