Sukses

Yuk, Kenali Manfaat Buah Berwarna Ungu bagi Kesehatan

Makanan berwarna ungu kerap dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Apa sajakah makanan berwarna ungu yang baik dikonsumsi?

Klikdokter.com, Jakarta Menurut para peneliti, semakin gelap warna makanan, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya. Maka tak heran, bahan makanan berwarna ungu, seperti anggur, plum, dan blackberry memiliki manfaat penyembuhan dan antiradikal bebas yang luar biasa.

Pigmen ungu di semua buah dan sayur tersebut mengandung flavonoid, termasuk resveratrol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Resveratrol membantu mengendurkan dinding arteri, mengurangi tekanan di arteri, dan memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik.

Selain itu, rona ungu di bahan makanan juga menandakan mereka mengandung beragam polifenol yang dapat mengurangi respons peradangan dalam tubuh. Dalam buku Meals That Heal Inflammation, disebutkan bagaimana peradangan merupakan “akar” dari semua penyakit utama, termasuk penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan disfungsi kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, buah-buahan dan sayuran berwarna ungu juga sumber antioksidan antosianin. Studi menunjukkan,antosianin bermanfaat bagi kesehatan otak, membantu menurunkan peradangan, serta melawan kanker dan penyakit jantung.

“Buah dan sayuran berwarna ungu dapat meningkatkan kolesterol baik. Penyebabnya, bahan makanan tersebut mengandung antioksidan antosianin yang dapat melawan peradangan, antioksidan dan meningkatkan HDL,” kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter.

Lantas, apa saja makanan berwarna ungu? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari BBC Good Food.

  1. Blueberry

Blueberry adalah sumber vitamin C yang melindungi sel dan membantu penyerapan zat besi. Buah berwarna ungu gelap ini juga mengandung serat larut, yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Sebuah studi di European Journal of Nutrition menemukan bahwa suplemen yang mengandung bubuk blueberry kering meningkatkan kekuatan otak pada anak usia 7-10 tahun. Penelitian dari Tufts University juga menunjukkan, mengonsumsi suplemen blueberry efektif dalam meningkatkan atau menunda kehilangan memori jangka pendek pada tikus.

  1. Buah delima

Berwarna merah keunguan, buah delima kaya kandungan antosianin. Delima juga sumber serat yang baik, danmenyediakan vitamin A, C serta E, zat besi, juga antioksidanseperti tanin.

Satu studi menemukan bahwa delima membantu memperkuat tulang serta mencegah osteoporosispada tikus melalui penurunan peradangan dan stres oksidatif. Studi lain menemukan, mengkonsumsi 50 ml jus delima per hari mengurangi kerusakan pada arteri dan menekan penumpukan kolesterol pada orang dengan gangguan arterimenyempit.

Penelitian lain menemukan, segelas jus delima setiap hari meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga risiko serangan jantung lebih rendah. Namun, kajian lebih mendalam diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Ubi jalar

Ubi jalar umum dimakan di Okinawa, Jepang, yang merupakan “produsen” populasi lansia di atas 100 tahun yang sangat sehat. Bahkan, tingkat demensia pada lansia di Okinawa dilaporkan 50 persen lebih rendah daripada di Barat. Para ilmuwan menduga, sering konsumsi umbi keunguan ini memainkan peran penting dalam menjaga tubuh dan otak mereka sehat hingga usia tua.

Menurut dr. Muhammad Iqbal dari KlikDokter, ubi jalar juga tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi memulihkan tubuh dari kelelahan. “Kandungan serat pada ubi jalar juga membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga mencegah kenaikan berlebihan kadar gula darah. Dan, kandungan antioksidan ubi jalar bermanfaat mendukung kesehatan otak.”

  1. Bit

Warna ungu tua bit berasal dari bahan kimia tanaman yang disebut betalains. Seperti antosianin, betalain memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, bit juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti folat, zat besi, mangan, nitrat, dan kalium.

Sebuah studi menunjukkan, diet yang memasukkan jus bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat membantu mencegah demensia. Meski begitu, dibutuhkan lebih banyak bukti untuk memastikan hal tersebut.

  1. Plum

Buah plum adalah sumber vitamin A dan C yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Plum kering penuh dengan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi dan kalium.

Makanan berwarna ungu tak cuma menarik, tapi juga sehat. Maka, jangan ragu untuk menambahkan makanan sehat berwarna ungu secara seimbang dalam menu diet harian Anda. Selain itu, untuk menjaga kebugaran tubuh, lakukan juga pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur serta cukup istirahat. 

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar