Sukses

5 Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil

Selain untuk bahan jamu, kencur ternyata membawa segudang manfaat sehat untuk ibu hamil. Apa saja manfaat kencur untuk ibu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang hobi memasak di dapur ataupun suka minum jamu, kencur bukan hal yang asing lagi. Selain itu, kencur ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat kencur untuk ibu hamil juga tidak bisa disepelekan.

Ya, bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat dengan cara alami selama mengandung, kencur dapat menjadi salah satu herbal yang dikonsumsi secara rutin. Ini karena kencur bisa memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan fisik dan psikis bagi ibu hamil.

Beberapa manfaat kencur untuk ibu hamil antara lain:

1. Menenangkan kondisi psikis

Ibu hamil biasanya memiliki emosi yang lebih tidak stabil karena mengalami sejumlah perubahan pada tubuhnya. Belum lagi, bila ia memiliki masalah yang membuatnya semakin stres dan sulit beristirahat.

Nah, dengan mengonsumsi ekstrak kencur, kondisi psikis ibu hamil yang sedang tidak stabil bisa kembali tenang. Sebab, ada sebuah riset yang mengatakan bahwa ekstrak kencur yang dikonsumsi secara rutin dapat meringankan gejala stres, gelisah dan depresi.

2. Meningkatkan nafsu nakan

Sebagian ibu hamil kehilangan nafsu makan akibat mual dan muntah yang dialaminya. Padahal, ibu hamil wajib memenuhi kecukupan gizi dengan mengonsumsi sehat agar daya tahan tubuh tetap optimal dan janin dalam kandungannya berkembang sempurna.

Sebagai solusi dari masalah tersebut, Anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin. Faktanya, beras kencur yang terdiri atas campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula dapat membantu meningkatkan nafsu makan sehingga ibu hamil terbantu untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

3. Mengatasi sakit tenggorokan dan batuk

Ibu hamil tak boleh sembarangan mengonsumsi obat batuk, obat pereda nyeri, dan antibiotik karena dikhawatirkan akan memengaruhi kondisi janin. Untungnya, kencur dapat menjadi solusi dari perkara ini.

Faktanya, kencur dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk serta sakit tenggorokan sejak dahulu. Dengan mengonsumsi herbal yang satu ini, batuk dan nyeri tenggorokan pada ibu hamil bisa reda tanpa adanya efek samping merugikan pada janin.

4. Meredakan nyeri dan bengkak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil akan mengalami sejumlah pembengkakan dan nyeri di beberapa bagian tubuh, misalnya kaki, pinggang dan lain-lain.

Untuk meringankan rasa nyeri, pegal, dan bengkak itu, ibu hamil bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Sebab, jamu beras kencur dipercaya dapat mengurangi keluhan tersebut. Bahkan, ketika Anda mengalami sakit kepala dan sakit perut, kencur juga bisa menjadi solusinya, lo!

5. Mencegah hipertensi atau preeklampsia

Kencur dipercaya bisa mencegah tekanan darah tinggi alias hipertensi pada ibu hamil. Itu artinya, kencur juga bisa membantu mencegah terjadinya preeklampsia.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, preeklampsia adalah suatu komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan dapat disertai kerusakan organ-organ (ginjal dan hati). Preeklampsia umumnya terjadi setelah usia kehamilan di atas 20 minggu.

Itu dia 5 manfaat kencur untuk ibu hamil. Jika Anda tak ingin langsung mengunyah sepotong kencur karena rasanya terlalu tajam, lebih baik olah menjadi jamu beras kencur ataupun minuman kencur (tanpa beras). Herbal seperti kencur ini umumnya tidak memberikan efek samping yang merugikan untuk kesehatan ibu hamil. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin bekonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi kencur selama kehamilan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar