HomeInfo SehatKulitApa Bedanya Freckles dan Flek Hitam?
Kulit

Apa Bedanya Freckles dan Flek Hitam?

dr. Devia Irine Putri, 24 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bintik-bintik gelap di wajah bisa terjadi akibat flek hitam dan freckles. Keduanya adalah kondisi yang berbeda, lho. Kenali perbedaan flek hitam dan freckles di sini!

Apa Bedanya Freckles dan Flek Hitam?

Memiliki wajah yang bersih merupakan dambaan semua orang. Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah untuk diwujudkan. 

Ada saja masalah pada kulit wajah yang datang silih berganti. Salah satu yang mungkin juga kamu alami adalah bintik-bintik gelap, baik akibat  flek hitam atau kadang dianggap sebagai freckles.

Meski sama-sama dapat menyebabkan bintik-bintik gelap di wajah, tahukah kamu bahwa flek hitam dan freckles adalah kondisi yang berbeda?

Yuk, cari tahu apa saja perbedaan freckles dan flek hitam lewat fakta di bawah ini!

Perbedaan Freckles dan Flek Hitam

Freckles adalah bintik kecokelatan dengan bentuk datar yang muncul pada kulit. Kondisi ini dapat terbentuk dalam warna yang bervariasi, mulai dari kemerahan, kuning, cokelat, cokelat muda, hingga hitam. 

Freckles paling sering muncul pada area wajah, yaitu pipi, hidung, dada, dan lengan.

Meski bukan bawaan lahir, freckles dapat timbul pada orang yang memiliki faktor genetik, yaitu gen MC1R. Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari.

Sebenarnya, freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran berkelompok. Keadaan ini dihasilkan oleh melanosit sebagai respons langsung terhadap paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Nah, melanosit berperan dalam membuat kulit menjadi lebih gelap sebagai bentuk perlindungan sehingga sinar ultraviolet tidak sampai ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Artikel Lainnya: Efek Samping Fake Freckles Berbahan Henna bagi Kulit

Oleh sebab itu, freckles dapat diartikan sebagai bentuk pertahanan atau perlindungan alami kulit terhadap paparan sinar matahari.

Kendati begitu, freckles juga dapat menandakan bahwa kulit kamu sensitif terhadap paparan sinar matahari. Kondisi ini biasanya semakin parah saat tubuh kamu terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Berbeda dengan itu, flek hitam adalah bintik datar pada kulit wajah yang terjadi akibat peningkatan melanin atau pigmen alami. Kondisi ini juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, dan leher. 

Perbedaan flek hitam dan freckles yang paling nyata, yaitu dari segi ukuran. Secara umum, flek hitam cenderung berukuran lebih besar dibandingkan freckles.

Meski memiliki nama ‘flek hitam’, kondisi ini sebenarnya dapat muncul dengan warna lainnya, yaitu kemerahan, kuning atau cokelat. Keadaan ini bergantung pada pigmen kulit masing-masing orang.

Faktor yang melatari munculnya flek hitam pun juga dapat dikarenakan paparan sinar matahari secara berlebihan. 

Pasalnya, kulit membutuhkan jumlah melanin yang lebih banyak untuk menangkal dampak buruk sinar matahari. 

Jumlah melanin yang diproduksi sejalan dengan banyaknya flek hitam yang muncul.

Selain itu, flek hitam juga dikaitkan dengan tanda penuaan. Sebab, kondisi ini biasanya muncul pada kulit orang yang berusia 40 tahun ke atas. 

Artikel Lainnya: Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Bedakah Cara Menghilangkannya?

Freckles umumnya dapat memudar dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, jika kamu merasa terganggu, pilihan terapi yang bisa dilakukan untuk memudarkannya secara permanen adalah bleachingcryosurgery, laser, maupun chemical peeling

Lantas, bagaimana cara menghilangkan flek hitam pada kulit? Caranya sama, seperti menghilangkan freckles

Pada flek hitam, dokter umumnya akan menyarankan perawatan berupa penggunaan krim pencerah, chemical peeling, cryotherapy, hingga terapi laser. 

Tentunya, setiap terapi yang dipilih disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing orang. Oleh sebab itu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit guna memastikan kondisi dan pilihan terapi.

Freckles dan flek hitam merupakan dua kondisi berbeda, yang kejadiannya sama-sama dipengaruhi oleh paparan sinar matahari berlebihan. 

Oleh karena itu, jika kamu tak ingin mengalaminya, sebaiknya gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih. 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya secara berulang, setidaknya setiap beberapa jam sekali. Iringi pula dengan menutup diri dari paparan sinar matahari, misalnya memakai topi ketika beraktivitas di luar ruangan.

Masih ingin konsultasi tentang masalah kesehatan kulit? Kamu dapat memanfaatkan fitur tanya dokter di Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

kulitKecantikanFlek Hitam

Konsultasi Dokter Terkait