Sukses

4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Ingin panjang umur? Lakukan beberapa kebiasaan sederhana berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak orang ingin pajang umur, karena lama hidup seseorang itu misteri. Tidak ada satu pun manusia yang tahu persis kapan hidupnya akan berakhir.

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan angka harapan hidup seseorang, mulai dari penyakit yang sedang dialami, faktor genetik, lingkungan, gaya hidup, hingga kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jika Anda ingin panjang umur, mulai biasakalah dari sekarang untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

  1. Hindari makan berlebihan

Ada pendapat yang telah lama dipercaya di tengah masyarakat mengatakan, “Berhentilah makan sebelum kenyang”. Faktanya, pendapat tersebut memang ada benarnya.

Menurut studi eksperimental pada hewan yang dipublikasikan di jurnal Science, disebutkan bahwa pengurangan sebesar 10-15 persen dari asupan kalori normal dapat meningkatkan harapan hidup. Selain itu, pembatasan kalori juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah perut buncit, sehingga risiko penyakit seperti diabetes mellitus, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung juga menurun.

  1. Perbanyak asupan buah dan sayur

Berdasarkan studi dari the British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa menjalani pola makan yang kaya akan buah dan sayur dapat menurunkan risiko kematian dini, menurunkan risiko kanker, sindroma metabolik, penyakit jantung, depresi, dan penyakit degeneratif di otak. Bahkan, manfaat ini bisa berkali lipat pada seseorang yang menjalani diet vegetarian.

Berdasarkan penelitian yang dilansir Harvard University di Amerika Serikat, dilaporkan bahwa 25 persen responden yang menjalani pola diet vegetarian mengalami penurunan risiko kematian karena penyakit jantung. Ketika Anda menjalani pola diet vegetarian yang tinggi akan anti oksidan, Anda akan berhenti mengonsumsi daging merah. Faktor risiko terkena kanker kolon atau kanker usus besar pun akan menurun.

Apabila Anda belum menjalani diet vegetarian, maka Anda bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Usahakan paling tidak 5 porsi setiap harinya.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur tak hanya dapat meningkatkan stamina Anda dan membuat tubuh sehat, tetapi juga dapat memperpanjang umur Anda. Seperti dalam studi yang dilansir di British Journal of Sports Medicine pada tahun 2015, disebutkan bahwa olahraga teratur selama 150 menit setiap minggu dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 22 persen.

Bahkan, meskipun Anda hanya meluangkan 15 menit setiap harinya untuk berolahraga, Anda tetap dapat mendapatkan manfaatnya. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal the Lancet, disebutkan bahwa olahraga minimal 15 menit setiap hari akan menambah 3 tahun umur Anda.

Manfaat ini akan bertambah dalam setiap tambahan 15 menit waktu olahraga Anda, risiko kematian dini pun akan menurun hingga 4 persen. Maka dari itu, usahakan untuk selalu meluangkan 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap harinya untuk berolahraga jika Anda ingin panjang umur!

  1. Hindari rokok

Coba Anda sebutkan satu saja manfaat sehat dari rokok? Tentu saja tidak ada. Merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung, stroke, impotensi, kanker, hingga kematian dini.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Internal Medicine pada tahun 2012, disebutkan bahwa orang yang merokok akan mengalami peningkatkan risiko 3 kali lebih tinggi untuk alami kematian dini dan kehilangan 10 tahun dari harapan hidupnya dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak pernah merokok.

Selalu tanamkan pada diri Anda, bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Pada suatu penelitian, disebutkan bahwa responden yang berhenti merokok sebelum usia 35 tahun akan meningkatkan harapan hidupnya hingga 8,5 tahun.

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas yang bisa meningkatkan harapan hidup, jangan lupa juga untuk selalu bahagia. Lakukan hal positif yang membuat Anda bahagia. Selain panjang umur, Anda pun akan tampak awet muda sebagai bonusnya!

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar