Pencernaan

Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

dr. Andika Widyatama, 20 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Umumnya sakit maag tidak berbahaya, hanya saja bisa sangat mengganggu. Lalu jika maag tak kunjung sembuh, apa penyebabnya?

Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Sakit maag, atau dalam istilah medis disebut dispepsia, merupakan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati. Biasanya maag juga disertai dengan gejala lainnya, seperti mual dan muntah. 

Maag adalah suatu gejala yang dapat disebabkan oleh masalah kesehatan atau penyakit yang mendasarinya. Mulai dari yang ringan sampai berat hingga membutuhkan pertolongan medis segera. 

Penyebab maag sangat banyak, tetapi hampir 60% kasus tidak diketahui penyebabnya (ini disebut dengan dispepsia fungsional). Kondisi ini tentu membuat penderitanya tidak nyaman, karena mengakibatkan maag tidak kunjung sembuh.

Adapun beberapa penyebab dari sakit maag, yaitu: 

1. Ulkus Lambung

Ulkus lambung merupakan luka yang terdapat di lapisan dinding organ lambung. Luka tersebut dapat terjadi ketika asam lambung yang diproduksi berlebihan sehingga mengiritasi lapisan pelindung dinding lambung. 

Produksi asam lambung yang berlebihan umumnya disebabkan oleh infeksi kuman Helicobacter pylori atau penggunaan obat antinyeri golongan nonsteroid (OAINS).  

Pada kasus yang lebih berat, ulkus lambung dapat berakibat fatal dan mengancam nyawa, yaitu perdarahan dalam lambung.

Artikel lainnya: Sakit Mag Sampai Demam, Apa Artinya?

2. GERD

Jika maag Anda tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu dikarenakan adanya GERD atau gastroesophageal reflux disease.

GERD merupakan kondisi di mana asam lambung mengalir balik ke ke saluran esofagus (kerongkongan) di atasnya, akibat terganggunya fungsi katup pemisah keduanya. 

Asam lambung tersebut dapat menyebabkan iritasi pada saluran esofagus. Alhasil timbul gejala seperti sensasi terbakar di area dada.

3. Kanker Lambung

Kanker lambung terjadi ketika sel-sel di lapisan dinding dalam lambung tumbuh secara abnormal. 

Sel abnormal tersebut tumbuh secara perlahan bertahun-tahun, sehingga biasanya lebih umum terjadi pada usia lanjut. 

Beberapa faktor risiko terjadinya kanker lambung, di antaranya merokok, obesitas, konsumsi alkohol, faktor genetik, dan lain-lain.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome dikenal juga sebagai sindrom iritasi usus besar, dan lebih sering menyerang perempuan. 

IBS terjadi akibat kontraksi berlebihan dari usus besar. Namun, penyebab kontraksi berlebihan ini belum diketahui pasti hingga kini. Diduga salah satu pemicunya adalah rasa cemas dan stres yang berlebihan. 

Rasa cemas dan stres memengaruhi gerakan usus dan menyebabkan usus menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Selain maag yang tak kunjung sembuh, sindrom ini juga ditandai dengan keluhan nyeri perut, diare, atau sembelit

Artikel lainnya: Sakit Mag dan Tukak Lambung, Apa Bedanya?

Bahaya atau tidaknya sakit maag yang Anda alami tentu tergantung dari penyebabnya. 

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa maag merupakan gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan atau penyakit, baik yang ringan sampai berat.

Untuk mengobati sakit maag yang tak kunjung sembuh, caranya pun dapat berbeda-beda. Lagi-lagi, tergantung dari penyebabnya. 

Pada maag yang disebabkan oleh masalah kesehatan yang ringan, umumnya bisa sembuh lebih cepat. Misalnya, dengan menghindari konsumsi kopi yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. 

Pada prinsipnya, menghindari faktor-faktor pencetus yang merangsang produksi asam lambung dapat mengurangi gejala maag. Namun, sebenarnya lebih penting Anda mencari tahu apa sebenarnya penyakit yang mendasari gejala maag Anda. 

Maag yang timbul akibat penyakit berat seperti kanker lambung tentu dapat berbahaya bagi kesehatan. Sebab, ada potensi penyebaran sel kanker ke area di sekitarnya hingga ke seluruh bagian tubuh.

Sakit maag yang tak kunjung sembuh dapat disebabkan oleh masalah kesehatan atau penyakit yang mendasarinya. 

Jadi, jangan anggap remeh ketika Anda mengalami sakit maag, apalagi jika makin memburuk dari waktu ke waktu. Segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter.

[RS]

Asam LambungMag

Konsultasi Dokter Terkait