Sukses

Rekomendasi Menu Penyelamat Saat Telat Bangun Sahur

Anda telat bangun sahur? Jangan khawatir, beberapa menu berikut dapat menjadi menu sahur andalan Anda.

Selama bulan Ramadan, pasti ada saja hari ketika Anda telat bangun sahur. Tak peduli berapa lama alarm berdering, Anda tak juga terbangun. Saat bangun, waktu imsak sudah menjelang. 

Meski terdesak, Anda tetap harus mengusahakan untuk makan sahur setiap hari selama berpuasa. Pasalnya, sahur adalah waktu yang penting untuk mengisi tenaga Anda untuk berpuasa sepanjang hari. 

Kunci kesegaran tubuh selama menjalani ibadah puasa terletak pada menu sahur. Dengan menu sahur yang sehat, Anda akan tetap berenergi sepanjang hari. Karena itu, penting untuk tetap makan sahur dengan menu mudah dan cepat tetapi sehat. 

Apa saja contoh menu praktis untuk sahur yang dapat Anda siapkan dengan cepat? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Nasi dan Telur Ceplok

Menu ini tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Nasi dan telur ceplok dapat dinobatkan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur yang dapat Anda siapkan dalam waktu cepat. Sebagai tambahan serat, Anda dapat memilih potongan timun dan tomat. 

2. Telur Rebus 

Tak hanya di goreng atau didadar, Anda juga dapat mengosumsi telur rebus. Dengan merebusnya di dalam air mendidih selama kurang lebih delapan hingga sepuluh menit, Anda sudah mendapatkan telur rebus yang siap dinikmati dan memberikan energi sepanjang hari. 

Anda dapat mencampurkan telur rebus dengan salad sayuran berisi selada, jagung, tomat, atau potongan wortel kecil sebagai pelengkap untuk memperkaya nutrisi yang Anda konsumsi. 

3. Omelet Keju dan Bayam 

Omelet juga dapat menjadi salah satu menu andalan saat telat sahur. Anda dapat mencampurkan keju dan bayam, lalu dikocok ke dalam dua butir telur. 

Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga matang. Dalam menu ini sudah terkandung protein, lemak, dan serat. Anda dapat mengonsumsinya bersama nasi dan sayuran sebagai sumber karbohidrat dan serat. 

Artikel Lainnya: Minum Susu saat Sahur Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama? Ini Faktanya!

2 dari 4 halaman

4. Overnight Oat

Overnight oat juga merupakan salah menu praktis untuk sahur. Menu ini merupakan variasi olahan oat yang didiamkan semalaman di dalam kulkas.

Anda dapat mencampurkan oat dengan susu atau yogurt. Kemudian, tambahkan topping, seperti aneka buah berry, pisang, irisan apel, jeruk, serta kacang-kacangan. 

Sebaiknya, overnight oat Anda siapkan semalam sebelumnya, sehingga saat waktu sahur tiba Anda tinggal menyantapnya. 

5. Roti Panggang dengan Telur dan Alpukat 

Roti panggang adalah menu mudah dan cepat untuk sahur. Anda dapat memanggang roti gandum, kemudian tambahkan irisan alpukat dan telur serta tambahan potongan tomat di atasnya. Anda dapat menambahkan yogurt sebagai pengganti selai. 

6. Burrito Simpel dan Sehat 

Menu praktis untuk sahur berikutnya adalah membuat wrap atau burrito sederhana dan sehat. Yang Anda perlukan adalah roti atau tortilla, kemudian tambahkan berbagai isian yang Anda sukai, seperti daging asap, tomat, selada, saus tomat.

Setelah itu, gulung roti atau tortilla hingga berbentuk lonjong kemudian siap disantap. 

Artikel Lainnya: Anak Sulit Bangun Sahur, Ini Cara Menyikapinya!

3 dari 4 halaman

7. Sereal

Anda juga dapat mengonsumsi sereal sebagai menu sahur yang cukup praktis. Sereal biasanya dikonsumsi bersama dengan susu dan potongan buah. Sebagai panduan, pilihlah sereal yang berbahan dasar gandum dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan serat Anda sehingga akan kenyang lebih lama.

Itu dia  beberapa menu sahur praktis yang dapat Anda coba saat telat sahur. Menu di atas harus tetap dikombinasikan dengan asupan air putih yang cukup saat sahur, yakni minimal dua gelas air putih.

Bila Anda adalah tipe orang yang sering terlambat bangun sahur, ada baiknya menyiapkan beberapa resep praktis di atas semalam sebelumnya, sebelum Anda beranjak tidur. 

Jadi, ketika sahur, Anda tinggal menghangatkan lalu menyantapnya. Ingat, energi tubuh selama berpuasa terletak pada menu sahur. Dengan pilihan menu yang tepat, puasa Anda akan tetap lancar. 

Untuk tahu informasi atau tips kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

1 Komentar

  • Ela******i

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi..website kami : http://meefxidn.com