Sukses

Daniel Craig Cedera Pergelangan Kaki, Syuting James Bond Tertunda

Syuting film James Bond terbaru tersendat gara-gara Daniel Craig cedera pergelangan kaki. Mari ketahui lebih lanjut soal cedera ini.

Klikdokter.com, Jakarta Syuting film James Bond terbaru agak tersendat setelah aktor utamanya, Daniel Craig cedera pergelangan kaki dan harus menjalani operasi. Kondisi ini tentu mengharuskan aktor Inggris  selaku pemeran agen rahasia 007 itu beristirahat.

Cedera pergelangan kaki yang dialami aktor berusia 51 tahun itu saat merekam adegan aksi, bukanlah yang pertama kali. Ia pernah kehilangan dua giginya saat syuting film Bond "Casino Royale". Lalu, ujung jarinya juga pernah terpotong saat syuting "Quantum of Solace", dan pernah juga cedera lutut saat di film "Spectre".

Dilansir foxnews.com, Daniel Craig akan membutuhkan untuk operasi atas cedera pergelangan kaki yang dialaminya baru-baru ini di lokasi syuting film James Bond di Jamaika. Hal itu juga diketahui lewat akun Twitter resmi film James Bond, "Bond 25". Produksi film ini akan terus berlanjut tanpa Daniel Craig yang diperkirakan akan beristirahat selama dua pekan pasca operasi.

Penyebab cedera pergelangan kaki

Cedera pergelangan kaki – seperti yang dialami aktor Daniel Craig baru-baru ini – didefinisikan  sebagai rusaknya jenis jaringan tulang, ligamen, atau tendon. Pergelangan kaki – atau sering disebut sebagai engkel – adalah titik di mana tiga tulang bertemu, yakni tibia dan fibula kaki bagian bawah dengan talus kaki Anda.

Tulang-tulang ini disatukan di sendi pergelangan kaki oleh ligamen, yang merupakan pita elastis yang kuat dari jaringan ikat yang menjaga tulang di tempat sambil memungkinkan gerakan pergelangan kaki yang normal. Sementara, tugas tendon adalah menempelkan otot pada tulang untuk melakukan pekerjaan membuat pergelangan kaki dan kaki bergerak, dan membantu menjaga persendian stabil.

"Cedera pergelangan kaki itu macam-macam, paling umum itu sprain atau strain, atau disebut orang terkilir atau ototnya saja yang tegang atau ligamennya cedera. Kalau jenis cedera engkel ini hanya perlu dibebat dengan perban, jangan banyak bergerak atau didiamkan 3 minggu sudah bagus lagi," ujar dr. Atika dari KlikDokter.

"Ada juga cedera pergelangan kaki akibat retak atau patah tulang. Itu biasanya ditangani lewat pemasangan pen atau penanganan operasi," lanjutnya.

Cedera pergelangan kaki terjadi ketika sendi pergelangan kaki diputar terlalu jauh dari posisi normalnya. Kebanyakan cedera pergelangan kaki terjadi saat kegiatan olahraga. Cedera ini juga bisa muncul saat berjalan di permukaan yang tidak rata yang memaksa kaki dan pergelangan kaki ke posisi yang tidak wajar.

Posisi yang tidak wajar dari pergelangan kaki pada sepatu hak tinggi atau berjalan dengan sandal bakiak yang tidak stabil atau longgar juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan cedera pergelangan kaki.

Selain memakai alas kaki yang salah, cedera pergelangan kaki dapat terjadi sebagai akibat dari:

  • Tersandung atau jatuh
  • Salah mendarat setelah melompat
  • Berjalan atau berlari di permukaan yang tidak rata
  • Dampak mendadak seperti kecelakaan mobil
  • Pergelangan kaki berputar
1 dari 2 halaman

Penanganan cedera pergelangan kaki

Seperti disebutkan di atas, cara pertama atau paling mudah dalam penanganan cedera engkel atau pergelangan kaki adalah dengan metode RICE. Rest (istirahat), Ice (kompres dengan es), Compression (kompresi), dan Elevation (Diangkat tinggi).

Penanganan di atas adalah untuk masalah cedera pergelanan kaki akibat terkilir. Penanganan itu tidak bisa dilakukan jika engkel Anda mengalami fraktur atau patah tulang.

Namun, jika Anda keseleo yang melibatkan robekan total atau rusaknya ligamen, perlu dirawat dengan membuat sendi tak bergerak (imobilisasi). Selanjutnya diikuti oleh periode terapi fisik yang lebih lama untuk rentang gerakan, peregangan, dan pembangunan kekuatan. Kadang-kadang, terutama jika keseleo tidak sembuh dalam waktu yang wajar, akan diperlukan pembedahan untuk merekonstruksi ligamen yang robek.

Sedangkan untuk pergelanan kaki yang mengalami fraktur, dapat diobati baik secara pembedahan atau non-bedah. Dokter dapat mengobati patah tanpa operasi dengan membuat pergelangan kaki tidak bergerak jika hanya satu tulang patah, dan jika tulang tidak keluar dari tempatnya atau ketika pergelangan kaki stabil. Biasanya dokter akan melakukan ini dengan mengenakan belat atau gips.

Sementara itu, jika pergelangan kaki tidak stabil, fraktur akan ditangani dengan pembedahan. Sering kali, pergelangan kaki dibuat stabil dengan menggunakan pelat logam dan sekrup untuk menahan tulang di tempatnya. Setelah operasi, pergelangan kaki dilindungi dengan belat sampai bengkak turun dan kemudian dengan gips.

Cedera pergelangan kaki memang rentan terjadi pada mereka yang bergerak aktif seperti halnya atlet atau aktor film laga.  Kondisi itu pula yang dialami oleh Daniel Craig saat syuting film James Bond terbaru. Pengananan cedera ini secara tepat akan memengaruhi kondisi kaki serta waktu pemulihannya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar