Sukses

Ikigai, Resep Panjang Umur Penduduk Okinawa

Anda ingin berumur panjang dan (mungkin) awet muda? Kenali konsep ikigai, resep panjang umur penduduk pulau Okinawa, Jepang.

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang sering mencari resep panjang umur dan awet muda, mungkin perlu mengenal konsep ikigai. Filsosofi yang banyak dijalankan oleh penduduk pulau Okinawa Jepang ini terbukti ampuh membuat warganya memiliki usia harapan tertinggi di dunia.

Ikigai dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai kebahagiaan yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari, yang membawa arti dan tujuan hidup. Namun hingga saat ini, tidak ada terjemahan yang pasti dalam bahasa Inggris untuk ikigai.

Di Ogami, desa dengan populasi 3.000 orang dan memiliki usia harapan tertinggi di dunia, penduduknya dikenal karena hidup yang tidak tergesa-gesa, terbiasa dengan pemandangan laut, suka berkumpul dalam sebuah komunitas, memiliki kebun sayur pribadi, serta sering tersenyum, bercanda, dan tertawa tiada henti. Mereka juga memiliki angka penyakit kronis paling rendah, termasuk kanker dan penyakit jantung, serta laju demensia di bawah rata-rata dunia.

Diet sehat dan tidak berlebihan, olahraga, banyak aktivitas di luar rumah, serta memiliki banyak teman dan komunitas adalah kombinasi faktor yang sudah dapat diduga berperan penting meningkatkan harapan hidup. Namun, yang ditambahkan ikigai adalah konsep di mana tujuan, kegemaran, arti hidup, misi, vokasi, serta keinginan berada dalam satu harmoni.

Bagaimana cara menemukan ikigai?

Dalam beberapa buku yang membahas ikigai, digambarkan sebagai suatu diagram Venn yang mempertanyakan beberapa hal yang saling bersinggungan, seperti:

  • Apa yang Anda sukai?
  • Apa keahlian Anda?
  • Apakah Anda dapat digaji melakukannya?
  • Apa yang dibutuhkan dunia?

Ketika Anda dapat menemukan jawaban atas mencakup 4 pertanyaan tersebut, itulah ikigai Anda.

Cara lain mengartikan ikigai adalah dengan menanyakan pada diri sendiri, “Apa yang membuat Anda bangun pada pagi hari?” Atau, “Apa yang memotivasi Anda?”

Ada pula pertanyaan yang lebih sederhana, seperti, “Jika uang bukanlah suatu objek, hal apa yang akan Anda sesali jika tidak melakukannya selama hidup?”

Ikigai tidak dapat ditemukan dalam satu cara, dan jawaban seseorang dapat berbeda dengan individu lain. Ikigai Anda dapat berupa memasak, menggambar, dan sebagainya. Intinya adalah menemukan aktivitas yang dapat memicu tubuh dan pikiran Anda merasa penuh dan tercukupi.

Mulailah dengan hal kecil. Jika pun Anda tidak hidup hingga usia 100 tahun, Anda akan tetap merasa hidup lama karena sibuk dengan hal yang membuat bahagia. Hidup yang memiliki tujuan akan memicu perilaku yang dibutuhkan untuk meningkatkan harapan hidup, seperti gaya hidup aktif yang lebih sehat, meningkatnya aktivitas sosial, serta belajar seumur hidup.

Selain itu, masyarakat Jepang juga terbiasa dengan istilah hara hachi bu, yang berarti berhenti makan ketika Anda sudah merasa 80 persen kenyang. Contoh nyata dari hal ini adalah dengan melewatkan makanan penutup, mengurangi porsi makanan, menggunakan piring yang lebih kecil, dan makan dengan kecepatan lebih lambat.

Terbukti, rata-rata kalori yang dikonsumsi orang Amerika Serikat adalah 2.500 kalori per hari. Sementara itu di Okinawa angka tersebut turun menjadi hanya 1.900 kalori per hari.

Meskipun Anda hidup jauh dari Okinawa, tapi tentu saja Anda masih bisa mengadopsi ikigai dan menerapkan resep panjang umur mereka. Anda juga harus melihat bahwa panjang umur merupakan suatu hal yang sangat mungkin untuk diusahakan, tidak peduli di mana pun Anda berada.

[MS/ RVS]

1 Komentar