Sukses

7 Makanan Super untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Kesuburan wanita akan meningkat bila tubuh dalam kondisi sehat. Salah satunya dengan dibantu tujuh makanan super ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika memutuskan untuk siap menjadi ibu, seorang wanita harus berupaya menjaga kondisinya agar tetap sehat. Sebab, seperti dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, kesuburan wanita dan kemungkinannya untuk hamil akan meningkat bila tubuh dalam kondisi sehat.

“Namun, untuk meningkatkan kesuburan wanita, ada empat hal yang wajib diperhatikan, yaitu memperhatikan pola makan dan olahraga; hindari alkohol, kafein, dan rokok; berhubungan seks secara teratur; serta dan konsumsi asam folat,” ujar dr. Vita.

Selain empat hal di atas, asupan yang masuk ke dalam tubuh wanita juga berperan besar. Dengan mengonsumsi makanan yang baik, kemungkinan Anda untuk hamil pun semakin besar. Berikut berberapa makanan yang sangat baik bagi kesuburan wanita.

  1. Sayuran hijau

Rahasia keseimbangan hormon dimulai dari triliunan bakteri baik di dalam usus Anda. Untuk menciptakan usus yang sehat, dibutuhkan “dorongan” dari serat sayuran hijau.

Semakin banyak penelitian yang muncul terkait hubungan bakteri usus sehat dengan suasana hati, energi, gairah seks, berat badan, kesehatan hormon, fungsi kognitif, dll.

Beberapa sayuran hijau yang sangat baik untuk tujuan tersebut adalah kangkung organik, bayam dan arugula. Mereka semua adalah sumber serat tanaman yang menawarkan klorofil detoksifikasi.

  1. Biji labu dan bunga matahari

Biji labu dan biji bunga matahari mengandung seng, mineral yang penting untuk menstabilkan progesteron, estrogen, dan testosteron selama masa ovulasi serta fase menstruasi siklus Anda.

  1. Jeruk

Vitamin C adalah vitamin penting untuk Anda dan pasangan, karena membantu melindungi dari kerusakan DNA. Vitamin ini juga dapat membantu sperma tetap kuat dari polusi lingkungan dan asap sekunder. Jeruk juga luar biasa untuk rambut, kuku, dan kulit yang apung.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Kacang almond

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, almond merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. “Antioksidan ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan inflamasi, penuaan, hingga kanker,” kata dia.

Selain itu, kacang almond adalah sumber penting untuk Vitamin E. Vitamin E adalah nutrisi yang menyehatkan kulit yang melindungi dari radikal bebas dan penuaan sel. Vitamin E juga membantu tubuh tetap awet muda dan berovulasi secara teratur.

  1. Protein Tumbuhan

Protein tidak hanya ditemukan dalam daging hewan dan produk sampingan hewan. Ada pula 20 asam amino esensial yang semuanya ditemukan dalam tumbuhan. Protein nabati terdapat dalam biji rami, chia seed, kacang-kacangan, dan quinoa.

  1. Asparagus

Asparagus adalah tanaman hijau serbaguna dan tinggi folat, nutrisi yang sering dikaitkan dengan vitamin prenatal. Itu karena folat dan vitamin B lainnya sangat penting untuk kesehatan neurokognitif. Folat juga sangat penting untuk membantu metilasi, atau kemampuan tubuh untuk menyaring racun dan peradangan. Dengan asparagus, Anda memiliki makan malam lezat yang menyehatkan usus, otak, dan kulit Anda.

  1. Kelapa

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi calon jabang bayi, sistem kekebalan tubuh Anda harus dalam kondisi prima. Kelapa adalah pilihan yang sangat baik karena sifatnya yang antibakteri. Kelapa juga memiliki lemak antiinflamasi sehat yang membantu keseimbangan hormon.

Kesuburan wanita adalah salah satu faktor penting agar sebuah kehamilan terjadi. Untuk itu, mulai terapkan pola hidup sehat dan aktif agar tubuh Anda siap ketika ovulasi terjadi. Makanan-makanan di atas dapat membantu Anda agar cepat hamil. Namun, tercapainya itu semua harus didukung oleh kondisi mental yang baik. Caranya, hindari stres dan kondisi kelelahan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar