Sukses

Masturbasi Saat Haid, Aman atau Tidak?

Gairah seksual yang muncul saat haid bisa Anda salurkan dengan masturbasi. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui manfaat dan dampaknya bagi kesehatan.

Masturbasi tidak hanya dilakukan oleh kaum pria. Wanita pun sering melakukan masturbasi untuk mendapatkan kepuasan seksual. Bahkan, tidak jarang wanita juga melakukan masturbasi saat menstruasi, lho.

Anda mungkin pernah merasa gairah seks meningkat saat haid. Ternyata, ini merupakan hal yang normal terjadi. Itu karena haid menyebabkan terjadinya peningkatan hormon testosteron dan penurunan hormon progesteron, yang kemudian memicu naiknya lidibo.

Masturbasi Saat Haid Ada Manfaatnya?

Meski sering dianggap tabu, ternyata masturbasi saat menstruasi dinilai memberikan manfaat bagi wanita yang melakukannya. Berikut beberapa manfaat masturbasi saat haid yang bisa Anda peroleh:

1. Meringankan Nyeri Haid

Menurut Pakar Seksualitas dan Hubungan, Logan Levkoff, Ph.D., orgasme saat haid bisa mengurangi keluhan nyeri haid. Sebab orgasme membuat tubuh melepaskan endorfin dan oksitosin, yakni hormon pereda nyeri alami.

2. Meningkatkan Mood

Kebanyakan wanita mengalami mood yang buruk selama masa haid. Ternyata, masturbasi melepaskan hormon peningkat suasana hati, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut dapat meningkatkan suasana hati sehingga Anda jadi lebih rileks dan bahagia. 

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidak sedikit wanita yang merasa susah tidur karena mengalami PMS (sindrom pramenstruasi). Dengan dilepaskannya hormon kebahagiaan saat orgasme, seperti dopamin, endorfin, dan oksitosin, maka gejala PMS dapat teratasi dan Anda pun dapat tidur lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat Saat Haid

1 dari 3 halaman

Risiko Infeksi Bisa Meningkat

Masturbasi saat menstruasi apakah berbahaya? Sebelumnya, penelitian dari University of Chicago berpendapat bahwa haid membuat hasrat seksual wanita lebih tinggi.

Fase seksual dari wanita menjelang haid adalah 6 hari, yaitu 3 hari sebelum haid dan berlanjut saat darah sudah keluar. Selama 6 hari tersebut, wanita lebih banyak memiliki fantasi seksual ketimbang periode-periode lainnya.

Kendati demikian, bukan berarti masturbasi saat haid itu sepenuhnya aman untuk dilakukan, lho. Pasalnya, ketika Anda sedang haid, mulut rahim dalam keadaan terbuka agar darah dan sisa jaringan dinding dalam rahim yang luruh dapat dikeluarkan oleh tubuh.

Artikel Lainnya: Dampak Positif Masturbasi pada Kulit

Jika Anda masturbasi pada kondisi ini, bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam rahim dan menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, masturbasi saat menstruasi yang dilakukan dengan benda tertentu, seperti sex toys atau jari, bisa berbahaya. Karena keduanya tidak dapat terjamin kebersihannya sehingga meningkatkan risiko Anda terkena vaginosis bakterialis.

Lalu, penggunaan sex toys atau jari dapat berisiko menimbulkan perlukaan pada vagina sehingga memicu terjadinya iritasi. Iritasi ini dapat meningkat menjadi infeksi apabila kebersihan kurang terjaga.

Atas dasar itu, tindakan masturbasi sebaiknya dikurangi atau dihindari. Caranya adalah dengan mengalihkan perhatian setiap kali perasaan tersebut muncul. Hindari hal-hal yang memicu Anda untuk melakukan masturbasi, seperti melihat gambar, video, atau bacaan yang merangsang.

Artikel Lainnya: Seks Saat Menstruasi Dapat Cegah Kehamilan?

2 dari 3 halaman

Cara Aman Masturbasi Saat Menstruasi

Setiap wanita memiliki sensitivitas yang berbeda sehingga teknik atau cara melakukan masturbasi pun akan berbeda satu sama lain. Namun, jika Anda ingin melakukan mastubasi saat menstruasi, pastikan cara yang digunakan tidak meningkatkan risiko infeksi.

Untuk mencapai orgasme, masturbasi tidak harus selalu dilakukan dengan menstimulasi vagina. Masturbasi saat menstruasi juga bisa dilakukan dengan memainkan puting dan payudara.

Lalu, jika masturbasi biasanya dilakukan dengan posisi membuka lebar kedua paha, ternyata menyilangkan dan menjepit paha juga bisa menjadi alternatif yang lebih aman.

Kedua cara masturbasi tersebut dapat menjauhkan Anda dari risiko infeksi, karena tidak membutuhkan kontak fisik langsung dengan alat kelamin saat sedang menstruasi.

Namun, jika Anda ingin merangsang daerah klitoris, pastikan jari atau sex toys yang digunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu, tidak lupa untuk membersihkan daerah alat kelamin setelah melakukannya.

Walaupun masturbasi saat menstruasi masih termasuk hal yang normal dilakukan, aktivitas ini tidak cukup aman karena risiko infeksi saat haid meningkat. Apalagi jika melakukan masturbasi dengan menyentuh alat kelamin. 

Jadi, setelah mengetahui konsekuensi yang bisa terjadi, diharapkan Anda mengurangi atau menghindari mastrubasi saat haid. Semoga bermanfaat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar