Sukses

4 Tanda Anda Mengalami Sinusitis

Salah satu penyakit yang bisa menyerang saluran pernapasan adalah sinusitis. Kenali tanda-tandanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin perlu curiga sudah terkena sinusitis saat pilek tak kunjung sembuh. Ditambah lagi Anda mengalami rasa nyeri di dahi, lebih tepatnya di sekitar mata. Bisa jadi Anda mengalami sinusitis.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus. Sinus adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga sinus tidak tampak dari luar, tapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Setiap orang memiliki empat jenis sinus dalam diri mereka, yakni:

  • Sinus maksilaris yang terletak di daerah pipi
  • Sinus frontalis yang terletak di dahi
  • Sinus etmoidalis yang terletak di antara mata
  • Sinus sfenoidalis yang terletak di belakang dahi

"Rongga sinus memiliki saluran yang berkelanjutan dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis," ujar dr. Atika.

Sinusitis disebabkan oleh dua hal, yaitu akibat infeksi dan tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperberat dengan tambahan infeksi dari bakteri.

Apa saja tanda sinusitis?

Penyakit sinusitis bisa memunculkan sejumlah tanda yang cukup jelas. Agar Anda bisa lebih waspada, Anda perlu mengenali tanda-tanda berikut:

1. Pilek, alergi, dan iritasi

Sinusitis biasanya dimulai dengan peradangan yang dipicu oleh pilek, serangan alergi, atau iritasi. Ketiga hal tersebut membuat jaringan sinus membengkak.

2. Rasa tekanan di sekitar wajah

Kebanyakan orang yang mengalami sinusitis akan merasakan hidung tersumbat dan rasa sakit atau tekanan di beberapa daerah di sekitar wajah atau gigi. Hal ini juga bisa menyebabkan bengkak di area mata.

3. Kelelahan, batuk, sampai sakit kepala

Anda juga mungkin mengalami kelelahan, masalah dengan indra penciuman atau rasa, batuk, sakit tenggorokan, bau mulut, demam, dan sakit kepala. Rasa sakit kepala juga bisa muncul saat Anda sedang membungkuk.

4. Ingus kental

Terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan.

Masalah sinusitis lain

Bakteri bukan satu-satunya penyebab sinusitis. Anatomi, alergi, polip, masalah sistem kekebalan tubuh, dan penyakit gigi juga bisa menjadi penyebabnya.

Di sisi lain, jika sinus Anda tetap meradang, membran sinus bisa menebal dan membengkak. Pembengkakan mungkin cukup untuk menyebabkan Anda mengalami polip hidung. Polip hidung terjadi ketika membran membengkak (seperti buah anggur) dan menjorok keluar dari sinus ke dalam saluran hidung.

Kondisi ini akan menghalangi jalan napas hidung Anda. Jika lendir sudah berwarna kuning atau hijau, segera temui dokter Anda. Itu artinya, Anda sudah mengalami infeksi bakteri.

Mengenali tanda dan gejala sinusitis di atas adalah langkah awal agar Anda lebih waspada terhadap penyakit ini. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut tidak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar