Sukses

Berlebihan Makan Emping Saat Buka Puasa Bikin Asam Urat Naik

Emping adalah makanan pendamping menu buka puasa, seperti soto dan nasi! Tapi hati-hati, jika kebanyakan, katanya bisa bikin asam urat naik.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang gemar mengunyah yang renyah-renyah saat makan, seperti kerupuk atau emping. Apa pun lauknya jikaditemani dengan emping rasanya akan lebih nikmat! Meski begitu, makan emping terlalu banyak sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Sebab, emping bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dan menyebabkan nyeri sendi setelahnya.

Emping dan asam urat

Hal itupun dibenarkan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Menurutnya, makanan berbahan dasar melinjo ini sama saja dengan jeroan yang dapat memicu serangan asam urat karena kadar purinnya tinggi.

“Anggapan bahwa melinjo dapat menyebabkan asam urat memang tidak salah. Jika Anda tidak ingin terkena dampaknya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung melinjo mulai saat ini, termasuk emping,” kata dr. There.

Berdasarkan data, setiap 100 gram emping, terdapat 345 kilokalori, 200 mg purin, 12 gram protein, karbohidrat 71,5 gram, 1,5 gram lemak, 100 miligram kalsium, 400 miligram fosfor, dan 5 miligram zat besi. Selain itu, emping juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Jika dilihat kandungan nutrisinya, emping termasuk makanan sehat. Namun sayang, proses pengolahan emping, yakni digoreng dalam rendaman minyak panas, merusak segala nilai gizi tersebut.

Kandungan lemak dari emping yang sudah digoreng tinggi. Tak heran, lemak jenuh dan purin dari emping bisa menjadi kombinasi yang ciamik dalam menimbulkan serangan asam urat. Penderita asam urat dapat mengganti emping renyah dengan keripik sayur lainnya atau minimal kerupuk saja bila Anda tetap ingin menikmati sensasi renyah.

Makanan lain yang dapat memicu asam urat

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, penderita asam urat berisiko mengalami berbagai macam penyakit apabila tidak memperhatikan pola makannya. Salah satunya adalah sakit ginjal.

Oleh sebab itu, penting bagi penderita asam urat untuk menghindari makanan-makanan yang tinggi kadar purinnya saat berbuka maupun sahur. Adapun beberapa jenis makanan yang mesti dihindari, antara lain:

  • Jeroan

Ada yang suka, ada yang tidak. Tapi yang jelas, orang yang menyukainya bisa mengonsumsi jeroan secara berlebihan. Sebut saja hati dan ampela, babat, kikil, paru, otak, usus, dan berbagai organ dalam lainnya. Dalam 100 gram jeroan, setidaknya mengandung 100-1.000 miligram purin!

  • Kerang

Kerang adalah salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori makanan berpurin tinggi. Dalam 1 gram kerang, terdapat 136 miligram purin. Bila Anda termasuk penyuka seafood, lebih baik pilih ikan laut lainnya ketimbang kerang.

  • Minuman beralkohol

Yang satu ini memang bukan makanan. Tapi, bir dan minuman beralkohol telah terbukti dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Lebih dari itu, alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi asam laktat yang merupakan zat penghambat pembuangan asam urat oleh ginjal.

  • Daging merah

Makan daging merah memang bisa mencegah anemia. Tapi kalau kebanyakan, bisa bikin asam urat Anda kambuh! Sebab, dalam 100 gram daging merah, terdapat kandungan purin sebanyak 9-100 miligram.

Hati-hati bila berhadapan dengan emping saat buka puasa ataupun sahur. Pasalnya, kerenyahan serta rasanya yang pahit-pahit gurih mampu bikin penderita asam urat kehilangan kendali dan terus menyantapnya.

Menyantap satu atau dua buah emping saja mungkin tidak apa, tapi kalau sudah sampai seperempat toples Anda habiskan, tentu bisa bikin asam urat naik. Jangan sampai hanya karena sensasi lezat yang sementara itu, bikin Anda meringis kesakitan akibat nyeri sendi sepanjang hari.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar