Sukses

Aneka Makanan Ini Lebih Kaya Serat daripada Brokoli

Brokoli bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda perlu konsumsi serat. Namun tujuh makanan ini bahkan lebih kaya serat daripada brokoli.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penggemar sayuran pasti tidak asing dengan brokoli. Sayuran kaya serat ini bisa Anda olah menjadi hidangan seperti tumis, sup atau bahkan brokoli panggang yang ditambahi dengan keju mozarela. Selain kaya serat, sayuran ini juga kaya akan vitamin A,C, E,K, asam folat, zat besi, magnesium dan antioksidan.

Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, brokoli yang tidak dimasak mengandung enzim myrosinase yang dapat membentuk senyawa pencegah sel pra-kanker. Sehingga, masyarakat yang ingin terhindar dari kanker perlu bersahabat dengan brokoli.

Meski demikian ada beberapa jenis makanan lain yang lebih kaya serat daripada brokoli. Makanan semacam ini bisa menyehatkan pencernaan sekaligus mencegah penumpukan lemak yang bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang lebih kaya serat daripada brokoli:

  • Chia seed (Biji chia)

Chia seed mengandung protein, antioksidan, kalsium, dan asam lemak omega-3. Dalam 1 ons biji chia terkandung 10 gram serat. Jumlah tersebut lebih dua kali lipat dari jumlah yang ditemukan dalam secangkir brokoli. Jika Anda ingin makin maksimal lagi mendapatkan seratnya, campurkan biji chia ke dalam semangkuk oatmeal ataupun jus buah.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

  • Alpukat

Bukan cuma kaya akan lemak sehat yang bagus dikonsumsi untuk menyehatkan jantung, alpukat juga mengandung serat yang tinggi. Dilansir Reader’s Digest, ahli gizi Jodi Greebel, MS, RDN merekomendasikan alpukat bagi siapa saja yang ingin mencukupi asupan serat mereka.

Alpukat mengandung sekitar 10 gram serat per cangkirnya. Selain itu, alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, dan menjaga gula darah tetap stabil.

  • Aneka buah beri

Bagi Anda yang jarang mengonsumsi buah beri, seperti bluberi atau stroberi, yuk mulai sekarang coba buah tersebut. Sebab, tak cuma kaya akan vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit dan membantu merawat kesehatan kulit, secangkir buah beri mengandung 9 gram serat! Bahkan, bila Anda ingin terhindar dari kanker, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan ini karena mengandung antioksidan yang tinggi.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya (2)

  • Oatmeal

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, oatmeal mengandung serat sehingga Anda akan kenyang lebih lama. Rasa kenyang yang awet itu akan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tinggi gula yang dapat menyebabkan obesitas.

“Serat larut yang terkandung dalam oatmeal akan menurunkan absorpsi kolesterol jahat sehingga Anda akan terhindar dari masalah jantung.” jelas dr. Alvin.

  • Pasta gandum utuh

Pada umumnya, pasta yang dijual di pasaran terbuat dari tepung terigu dan biji-bijian gandum utuhnya sudah dihilangkan. Cobalah konsumsi pasta gandum utuh. Biasanya, warna pasta tersebut tidak putih kekuningan seperti pasta kebanyakan.

Dikutip dari Reader’s Digest, dalam secangkir pasta gandum utuh terdapat 6,3 gram serat. Jika Anda ingin mendapatkan hidangan penuh serat, Anda bisa membuat pasta gandum utuh dengan campuran sayur bayam ataupun sayuran lainnya.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya (3)

  • Kacang kapri

Tak cuma bebas kolesterol, rendah lemak, dan rendah natrium, kacang kapri yang biasanya ditemukan pada hidangan capcay ternyata juga mengandung serat yang tinggi. Dalam secangkir kacang kapri, setidaknya ada 8 gram serat. Bonusnya lagi, kacang kapri mengandung 8,5 gram protein. Jika Ada ingin masakan Anda lebih kaya serat, maka kombinasikanlah kacang kapri dengan kacang polong yang mengandung 16 gram serat!

  • Kacang-kacangan lainnya

Kalau soal serat, pasti tidak akan terlepas dari kacang-kacangan. Kacang adalah sumber serat yang sangat hebat. Dalam secangkir kacang, terkandung minimal 10 gram serat, itu pun tergantung jenis kacangnya.

Itulah 7 makanan yang lebih kaya serat daripada brokoli. Tidak sulit untuk mencari makanan kaya serat di pasar atau supermarket, bukan? Nah variasikan makanan-makanan sehat tersebut agar manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan pun jadi lebih beragam.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar