Sukses

Manfaat Puasa untuk Fungsi Lambung

Benarkah manfaat puasa baik untuk fungsi lambung dan menyehatkan organ pencernaan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagaimana, masih kuat dan semangat menjalankan ibadah puasa Ramadan? Jika masih, lanjutkan! Berpuasa sudah lama diketahui bisa membawa kebaikan bagi tubuh. Apakah termasuk untuk meningkatkan fungsi lambung?

Menurut berbagai penelitian, puasa dapat membantu pengurangan kalori sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, puasa juga diketahui dapat menolong upaya penurunan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi, begitu juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Manfaat puasa, juga baik untuk fungsi lambung?

Puasa diketahui berdampak positif pada penderita mag fungsional (terjadi tanpa adanya masalah di saluran pencernaan). Dari KlikDokter, dr. Sepriani Timurtini Limbong membantu menjelaskan.

“Selama puasa, asam lambung memang akan mengalami peningkatan. Namun, ini hanya terjadi selama 10 hari pertama, setelah itu kondisi keasaman lambung akan menurun, dan gejala mag pun lebih jarang terjadi,” ungkap dr. Sepriani.

Selain itu, penderita pun diuntungkan dengan pola makan selama bulan puasa, yaitu perubahan waktu makan (saat sahur dan berbuka), berkurangnya kesempatan untuk makan makanan yang asam dan berlemak, minum kopi, atau kebiasaan lainnya seperti merokok.

“Itu semua berdampak pada produksi asam lambung dan gerak usus secara umum. Bukan tidak mungkin, mag fungsional bisa sembuh setelah berpuasa sebulan penuh,” katanya.

Lantas, apakah puasa bermanfaat untuk fungsi lambung?

"Puasa dan peningkatan fungsi lambung itu sebenarnya tidak terlalu berhubungan. Karena biasanya puasa itu lebih banyak efek negatifnya bagi lambung, apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit mag. Ini karena puasa selama lebih dari 12 jam bisa meningkatkan produksi asam lambung bagi penderita mag dan keluhannya meningkat," ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD, juga dari KlikDokter.

Meski demikian, dr. Alvin mengakui bahwa puasa secara keseluruhan dapat meningkatkan saluran cerna.

“Puasa dapat memperbaiki komposisi bakteri baik di saluran cerna, sehingga bisa bermanfaat untuk beberapa keluhan gangguan cerna, seperti kondisi inflammatory bowel disease (IBD) atau penyakit radang usus (kolitis),” papar dr. Alvin.

1 dari 2 halaman

Menjaga lambung tetap sehat saat puasa

Manfaat puasa memang tak terbantahkan, tetapi jika punya mag Anda harus berhati-hati.

Penderita mag fungsional tetap bisa berpuasa karena ini membuatnya lebih dapat menjaga makanan dan jadi makan lebih teratur. Sedangkan pada penderita mag organik (mag akibat luka di saluran pencernaan), puasa mungkin perlu ditunda atau dibatalkan jika terjadi muntah darah atau nyeri perut berlebihan.

Untuk menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa, lakukan tips ini:

  • Tidak melewatkan waktu sahur dan berbuka puasa.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi lengkap selama berpuasa.
  • Buka puasa sebaiknya diawali dengan minum air putih lalu makanan manis. Sebaiknya makan besar dilakukan kurang lebih 1 jam kemudian setelah salat Magrib.
  • Hindari makanan yang memperberat gejala sakit mag seperti makanan yang mengandung banyak gas. Contohnya sawi, kol, nangka, roti, serealia, dan pasta.
  • Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung karena bisa meningkatkan asam lambung. Contohnya cokelat, makanan berlemak, susu full-cream, dan keju.
  • Hindari makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti makanan pedas dan makanan bercuka.
  • Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti minuman beralkohol, kopi, sari buah sitrus, atau susu full-cream.
  • Bagi penderita sakit mag, hindari berbuka puasa dengan karbohidrat olahan seperti roti, mi, dan kue kering.
  • Hindari makan permen karet agar perut tidak mudah kembung.

Jadi, manfaat puasa dan peningkatan fungsi lambung sebetulnya tidak terlalu berhubungan. Namun, puasa secara keseluruhan memang dapat meningkatkan saluran cerna. Khususnya untuk Anda penderita mag organik atau punya masalah lambung lainnya, ikutilah tips di atas agar puasa tetap lancar.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar