Sukses

Segudang Manfaat Wasabi bagi Kesehatan Tubuh Anda

Anda yang hobi makan sushi pasti sudah tidak asing dengan wasabi. Si pedas berwarna kehijauan ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Menikmati sushi dan sashimi belum terasa lengkap tanpa diracik dengan si hijau, wasabi. Selain jadi pelengkap dan menambah cita rasa, bahan alami dengan sensasi pedas khas ini juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Wasabi adalah tumbuhan asli Jepang bernama Wasabia japonica. Sering disebut sebagai “lobak pedas Jepang”, tanaman ini berasal dari suku kubis-kubisan.

Wasabi memiliki rasa pedas yang berbeda dari cabai. Jika pedasnya cabai lebih terasa di lidah, maka pedasnya wasabi lebih terasa di rongga hidung dan sinus.

Kehadiran wasabi bukan sekadar sebagai pelengkap makanan. Tumbuhan ini juga punya berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda:

1 dari 6 halaman

1. Menghambat Pertumbuhan Kanker Usus Besar

Wasabi memiliki senyawa isotiosianat, zat kimia yang membuatnya punya aroma dan rasa khas serta menyengat.

Senyawa itu ternyata juga memiliki kemampuan untuk mencegah bakteri dan menghambat kanker usus besar untuk bertumbuh.

Wasabi juga tinggi akan kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan untuk meredakan peradangan sekaligus menyehatkan tubuh.

2. Mencegah Obesitas

Penelitian menyebut, suplemen mengandung wasabi yang diberikan rutin pada tikus percobaan dapat menurunkan berat badan lebih cepat sehingga terhindar dari obesitas.

Penelitian yang melibatkan tikus itu menunjukkan bahwa kandungan yang diambil dari wasabi, yaitu 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester), menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel lemak pada tikus.

Adanya efek tersebut pada tikus memberikan harapan bahwa kelak wasabi bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh manusia.

Artikel Lainnya: Terlalu Banyak Makan Wasabi Picu Serangan Jantung?

2 dari 6 halaman

3. Menghambat Osteoporosis

Konsumsi wasabi pada tikus percobaan dapat bantu menghambat proses pengeroposan tulang, sehingga menurunkan risiko osteoporosis.

Tak hanya, itu peneliti juga menemukan wasabi mampu meningkatkan pembentukan tulang baru pada hewan percobaan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah Anda, wasabi ternyata memiliki kandungan antihypercholestorilemic yang membantu menurunkan kadar kolesterol?

Karena manfaatnya tersebut, tak heran wasabi dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dan sedang memperbaiki pola makan, tidak ada salahnya untuk memasukan wasabi dalam menu makanan sehari-hari.

3 dari 6 halaman

5. Melancarkan Pencernaan

Wasabi bersumber dari tanaman yang kaya akan serat, sehingga dengan mengonsumsinya bisa membuat Anda terhindar dari masalah konstipasi alias sembelit.

Adanya efek antibakteri dalam wasabi juga bantu menjaga kesehatan saluran pencernaan agar terhindar dari serangan bakteri.

Selain itu, sifat antiradang di dalam wasabi juga diketahui dapat membantu menurunkan risiko radang usus besar.

Artikel Lainnya: Manfaat Wasabi untuk Mengatasi Kebotakan

6. Mencegah Peradangan

Peradangan merupakan bentuk perlawanan dari sistem kekebalan tubuh, karena adanya infeksi hingga paparan radikal bebas.

Dalam penelitian test tube yang melibatkan sel hewan, peneliti mendapati bahwa kandungan wasabi bisa menekan enzim yang menyebabkan peradangan. Meski demikian, efek wasabi pada manusia masih tetap harus diteliti lebih lanjut.

4 dari 6 halaman

7. Melancarkan Pernapasan

Zat isotiosianat dalam wasabi akan menguap dan masuk ke dalam rongga hidung maupun sinus apabila Anda mengunyah si hijau ini. Hal tersebut pada akhirnya dapat bantu melancarkan pernapasan.

Meski aromanya kuat dan menyengat, manfaat wasabi tersebut sangat membantu orang-orang dengan flu atau punya rhinitis alergi dan asma.

Artikel Lainnya: Balita Konsumsi Wasabi, Apakah Boleh?

8. Baik untuk Kesehatan Gigi

Manfaat wasabi bagi kesehatan gigi dibuktikan dalam penelitian oleh Dr. Hideki Masuda dari Jepang.

Ia menemukan kandungan isothiocyanate dalam wasabi, yang dapat bantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah karies gigi.

Manfaat tersebut dapat dirasakan optimal apabila dikombinasikan dengan kebiasaan menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

5 dari 6 halaman

9. Menurunkan Risiko Kanker

Wasabi mengandung senyawa fitonutrien yang memiliki efek antikanker. Studi juga menyebut, wasabi dapat menghambat pembentukan zat akrilamida pada makanan.

Akrilamida adalah zat kimia penyebab kanker yang terdapat pada makanan gosong, dibakar, atau dipanggang.

Itu dia beragam manfaat wasabi untuk kesehatan tubuh Anda. Jika Anda berencana makan di restoran Jepang dalam waktu dekat, pastikan menggunakan sedikit campuran wasabi agar dapat merasakan manfaat sehatnya.

Ragu dengan manfaat wasabi? Punya pertanyaan lain mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan?

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar