Sukses

6 Tips Menghindari Kulit Kering di Bulan Puasa

Ketika bulan puasa, dehidrasi atau kekurangan cairan sering terjadi, sehingga rentan menyebabkan kulit kering. Berikut tips menghindarinya.

Klikdokter.com, Jakarta Selama bulan puasa, umat Muslim berpuasa dengan menahan haus dan lapar selama sekitar 13 jam sehari. Akibatnya tubuh rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu gejala yang tampak adalah kondisi kulit kering.

Ketika kulit kering, garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih jelas. Terlebih lagi saat sedang berpuasa, kulit sangat rentan menjadi kering. Nah, agar Anda tak mengalaminya, berikut ini kiat yang bisa Anda lakukan:

1. Meningkatkan konsumsi air putih

Konsumsi air putih minimal sekitar 8 gelas dalam sehari. Saat puasa, kebutuhan minimal ini mungkin sulit terpenuhi. Tapi, Anda dapat berusaha untuk memenuhi kebutuhan air minum harian tersebut saat berbuka puasa, sahur dan sebelum tidur. Ketika tubuh cukup mendapatkan cairan, kulit juga akan terjaga kelembapannya.

2. Perbanyak konsumsi omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Sumber asupan omega-3 adalah ikan salmon, sardin, udang, kerang, flaxseed, biji chia, kacang walnut, kacang kedelai dan lainnya.

3. Menghindari makanan berminyak

Camilan seperti makanan gorengan yang berminyak tentunya mudah didapatkan selama Ramadan. Hal ini bisa dilihat dengan semakin menjamurnya pedagang gorengan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berminyak dan gorengan.

Minyak akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan dan membuat dehidrasi lebih cepat. Oleh sebab itu, hindari juga makan gorengan agar kulit tidak mudah kering.

4. Mengurangi konsumsi susu, soda dan kafein

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan berkarbonasi juga diketahui dapat menyerap mineral dalam tubuh, sehingga memiliki efek negatif pada kulit.

Faktanya, soda hanya dapat diserap oleh tubuh sebesar 20-30 persen, sedangkan jus buah dapat diserap hingga 50-60 persen. Jadi, agar kulit tidak kering selama puasa, lebih baik pilih air putih atau jus.

5. Menggunakan pelembap kulit

Selain menjaga kadar cairan dalam tubuh, penting juga menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Anda dapat menggunakan pelembap setelah mandi dan sebelum tidur.

Selain pelembap, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang dapat memberikan vitamin ke kulit. Tapi ingat, pilihlah masker yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

6. Melakukan perawatan kulit secara rutin

Selain nutrisi dari dalam tubuh, kulit juga membutuhkan perawatan dari luar. Lakukan perawatan kulit secara rutin untuk menghindari terjadinya kulit kering, seperti mencuci muka serta menggunakan pelembap dan rangkaian produk lainnya yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Untuk hasil maksimal, lakukan juga perawatan skrub kulit seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan bahan skrub yang lembut di kulit, sehingga tidak mengiritasi kulit. Anda dapat memilih skrub yang mengandung vitamin E, madu, alpukat dan zaitun dapat membuat kulit lebih lembut dan lembap.

Siapa bilang Anda sudah pasti mengalami kulit kering saat puasa? Nyatanya, kulit bisa tetap sehat dengan perawatan rutin dan perbanyak minum air putih. Jika tak ingin mengalaminya, ayo lakukan berbagai tips di atas!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar