Sukses

Rutin Konsumsi Granola Bikin Tubuh Lebih Sehat?

Menu makanan sehat granola kini tengah naik daun. Apa istimewanya? Dan benarkah bisa bikin tubuh lebih sehat jika dikonsumsi rutin?

Klikdokter.com, Jakarta Granola, merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik  untuk tubuh. Bagi masyarakat Indonesia, granola bukanlah bahan makanan yang familier ditemui. Bentuknya saja jarang dilihat, apalagi rasanya.

Tak kenal maka tak sayang, wajar saja bila Anda tidak terbiasa dengan granola. Sebab, bahan makanan ini ternyata bukan berasal dari Indonesia. Bila dilihat dari sejarahnya, granola didaftarkan memiliki hak cipta di Australia dan New Zealand pada abad ke-19.

Tidak seperti nasi, granola bukan bahan makanan yang bisa dinikmati sendiri, melainkan harus dicampur dengan beberapa bahan makanan seperti oat, kacang, madu, dan pemanis lainnya.

Biasanya granola dipanggang hingga kering dan berwarna keemasan. Selain dicampur dengan bahan tadi, terkadang granola juga ditambahkan buah yang dikeringkan seperti kismis dan kurma, atau juga cokelat atau flax seed.

Granola biasanya dikonsumsi bersama yoghurt, madu, buah segar (pisang, stroberi, dan blueberry), atau susu. Terkadang, granola juga dijadikan sebagai topping yang disajikan di atas es krim dan dessert lainnya.

Bila dulu granola masih jarang ditemui di Indonesia, kini makanan sehat ini sangat mudah ditemui di pasaran, seiring tingginya motivasi hidup sehat masyarakat. Pertanyaannya, benarkah granola memang bermanfaat?

Manfaat granola bagi kesehatan

Karena mengandung oat yang termasuk karbohidrat kompleks, artinya granola lebih lambat dicerna dibandingkan jenis karbohidrat sederhana seperti gula pasir, sirup, dan gula merah. Walau granola mengandung madu atau pemanis lain, komposisi kandungan oatnya lebih tinggi, sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi.

Dalam setengah cangkir granola, setidaknya mengandung sekitar 200 kkalori, 5 gram protein, 4 gram serat, 16 gram gula, dan 3 gram lemak, tergantung bahan campuran lain yang ditambahkan.

Karbohidrat kompleks ini lebih baik bagi tubuh, sebab mampu menjaga rasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga kenaikan kadar gula darah. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah, dicerna dan diserap, karbohidrat kompleks akan menaikkan kadar gula darah secara perlahan dan menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Bagi Anda yang mengalami kegemukan atau diabetes, konsumsi granola ini sangat baik membantu memperbaiki profil gula darah. Sedangkan, bagi Anda yang merasa tidak ada masalah kesehatan, konsumsi granola juga baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah Anda mengalami penyakit metabolik.

Hati-hati, sering terjadi konsumsi yang kurang tepat

Demi mendapatkan efek baik granola, sebaiknya konsumsinya tidak ditambahi dengan bahan-bahan yang kurang sehat. Misalnya, mengonsumsi granola sebagai topping dari makanan pencuci mulut yang lebih banyak kandungan gula, tepung, dan lemak jenuhnya.

Idealnya, konsumsi granola sebaiknya bersamaan dengan susu rendah lemak, susu skim atau yoghurt. Bila ingin konsumsi granola sebagai camilan, silakan dikonsumsi secara langsung atau pilih dalam bentuk granola bar.

Granola, menu karbohidrat kompleks yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan memang bikin tubuh sehat. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil. Jika Anda ingin rutin mengonsumsi granola, hindari mengombinasikannya dengan bahan lain yang akan menurunkan  manfaat baiknya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar