Sukses

Atasi Radang Tenggorokan dengan Sup Sehat dari 5 Negara Ini

Anda sedang radang tenggorokan? Cobalah untuk menyantap sup sehat dari lima negara ini untuk meringankan penyakit tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Saat radang tenggorokan menyerang, segala sesuatu kerap terasa menjadi tidak nyaman. Tenggorokan terasa nyeri dan gatal, makanan terasa hambar, batuk sulit berhenti, dan sebagainya.  Saat keluhan tidak nyaman tersebut terjadi, semangkuk sup sehat hangat bisa membantu membuat keluhan mereda.

Namun demikian, Anda perlu tahu bahwa tak semua sup bermanfaat meringankan radang tenggorokan. Bahkan, ada beberapa bahan di dalam sup yang bisa mengiritasi tenggorokan.

Sup bening yang dibuat dari kaldu ayam, sapi, atau sayuran merupakan sup yang memberi manfaat baik saat radang tenggorokan. Sebaliknya, sup dengan bahan dasar krim atau tomat justru bisa menyebabkan lendir di tenggorokan semakin banyak, sehingga rasa tidak nyaman justru semakin menjadi-jadi.

Sup sehat untuk radang tenggorokan

Agar Anda tak salah pilih, berikut ini sup sehat dari lima negara yang efektif untuk meringankan gejala radang tenggorokan.

  1. Sup ayam bening dari Indonesia

Didahului dengan merebus ayam hingga matang dan empuk, sup ayam bisa dilengkapi dengan wortel, brokoli, buncis, kentang, dan daun bawang. Masukkan juga beberapa siung bawang putih.

Tak hanya menambah kelezatan, bawang putih juga terbukti memiliki efek anti radang sehingga cocok untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan.  Untuk menambah efek nyaman dan hangat di tenggorokan, Anda bisa memberikan rempah-rempah seperti lada, pala, dan jinten halus.

Dengan bahan-bahan tersebut, sup ayam bening mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, kaldu ayam juga memiliki efek membantu mengencerkan dahak.

  1. Samgyetang dari Korea Selatan

Dikenal sebagai negeri ginseng, Korea Selatan memiliki menu andalan yang biasa disantap pada musim panas, yaitu Samgyetang. Secara sederhana, samgyetang merupakan sup ayam ginseng khas Korea Selatan.

Semangkuk samgyetang terdiri dari ayam, chestnut, ginseng, kurma, bawang putih, jahe, dan beras. Secara ilmiah, ginseng terbukti efektif untuk meringankan rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan, serta bisa memperbaiki stamina. Selain itu, beberapa studi menemukan bahwa ginseng juga dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

  1. Sup miso dari Jepang

Banyak dijumpai di restoran Jepang, sup miso bukan hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Miso yang terdapat dalam sup ini terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai, sehingga kaya akan kalsium, mineral, dan vitamin.

Sup ini juga cukup mudah dibuat. Cukup dengan kaldu ikan, tahu putih, daun bawang, dan pasta miso, Anda sudah bisa membuatnya di rumah. Bahan-bahan di dalam sup miso sangat tinggi protein, sehingga dapat membantu meredakan infeksi dan peradangan.

  1. Pho dari Vietnam

Pho merupakan sup dengan mi dari Vietnam. Umumnya pho menggunakan bahan berupa daging sapi atau ayam, mi khas vietnam, tauge, disertai dengan daun mint dan jeruk nipis.

Pho yang disantap saat hangat dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat, tenggorokan yang gatal, dan mengurangi batuk. Jika Anda tak menyukai daging, pho juga bisa dibuat dari beraneka bahan sayuran saja seperti wortel, tauge, daun bawang, dan kol.

  1. Pfannkuchensuppe dari Jerman

Sup asal Jerman ini dikenal dengan istilah sup panekuk atau pancake. Tak perlu jauh-jauh terbang ke Jerman untuk menyantapnya. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Pfannkuchensuppe mirip dengan sup Indonesia yang dibuat dari kaldu ayam, wortel, dan daun bawang. Namun istimewanya, pfannkuchensuppe dilengkapi dengan panekuk atau crepes yang dipotong tipis dan dimasukkan ke dalamnya.

Kelima menu di atas tak hanya sehat tetapi juga lezat untuk disantap. Jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, tak ada salahnya untuk mencoba salah satu menu sup sehat tersebut.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar