Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Olahraga

Lima hal ini wajib Anda lakukan sebelum berolahraga agar manfaat aktivitas fisik ini semakin optimal Anda rasakan.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga memiliki peran sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, dengan rutin berolahraga, massa otot dan kekuatan tulang akan selalu terjaga. Kondisi-kondisi tersebut sangat penting untuk bekal masa tua, sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya penurunan massa otot dan tulang.

Meski begitu aktivitas fisik seperti olahraga juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar terhindar dari cedera. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan manfaat aktivitas ini secara lebih optimal.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum olahraga adalah sebagai berikut:

  1. Pemanasan

Salah satu hal wajib sebelum berolahraga adalah melakukan pemanasan. “Bahkan jika Anda hanya berolahraga selama 10 menit, pemanasan tetap harus dilakukan,” kata Cardiello.

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, pemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga. Selain itu, aktivitas ini juga berguna untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda.

Pemanasan juga membantu Anda mengurangi kemungkinan cedera saat berolahraga. Meningkatkan rentang gerak dapat membantu Anda memaksimalkan olahraga, karena akan ada banyak otot yang terlibat selama latihan.

  1. Usahakan tidur yang cukup

"Hal yang sangat penting dalam program kebugaran dimulai saat Anda tidur. Di situlah semua keajaiban terjadi," kata Jay Cardiello, seorang pelatih kebugaran.

Dia menambahkan, istirahat yang baik tidak hanya memberi Anda energi, tapi juga membuat hormon lapar Anda terkendali."Tak hanya sebelum, tidur nyenyak dan cukup juga sangat penting setelah berolahraga. Saat itulah otot Anda benar-benar pulih,” tutur Cardiello.

  1. Minum air putih!

Minum air putih sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, sekaligus berperan penting dalam rutinitas Anda. Saat Anda mengeluarkan keringat, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. “Dengan tetap terhidrasi, Anda akan tetap berenergi,” kata Cardiello.

"Analoginya adalah bensin dalam mobil dan air dalam tubuh. Mobil tidak akan bisa berjalan tanpa bensin, dan tubuh tidak bisa beraktivitas tanpa air," kata Cardiello.

Menurut dr. Alvin, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. Adapun wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau 7 gelas setiap harinya. Namun, itu semua tergantung dengan kebutuhan dan aktivitas setiap orang.

  1. Ambil makanan

Jika tidak merasa membutuhkan makanan sebelum berolahraga, Anda tidak perlu memaksa untuk makan. Akan tetapi, jangan abaikan jika merasa tubuh Anda membutuhkan “bahan bakar”.

"Jika tidak ada makanan di perut, tidak ada energi yang bisa dikeluarkan," kata Cardiello. Dia menyarankan Anda untuk memakan semangkuk oatmeal sebelum pergi berolahraga.

  1. Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai

Bergerak, melompat, berlari, dan meregangkan tubuh bukan cuma soal teknik dan kemampuan. Anda juga perlu perlengkapan yang sesuai untuk mendukung aktivitas itu.

Misalnya, menggunakan bra olahraga akan membuat Anda lebih nyaman bergerak ketimbang bra biasa. Atau kaki Anda akan terasa lebih ringan ketika mengenakan running shoes di trek berlari.

Mengenakan pakaian olahraga yang tepat berarti Anda dapat merasa lebih nyaman, memiliki daya tahan yang lebih baik, dan latihan yang lebih menyenangkan.

Olahraga, apa pun bentuknya, memiliki manfaat bagi tubuh. Meski begitu, jangan lupa untuk melakukan lima hal di atas agar manfaat olahraga semakin Anda rasakan. Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah melakukannya secara rutin dan teratur.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar