Sukses

Buka Puasa Minum Air Kelapa Hijau Bisa Cegah Batu Ginjal?

Buka puasa dengan air kelapa hijau disebut-sebut dapat mencegah batu ginjal. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Menu buka puasa tentunya sangat beragam, mulai dari gorengan sampai minuman manis. Salah satu minuman favorit saat berbuka adalah air kelapa hijau. Menurut sebagian kalangan masyarakat, air kelapa bisa cegah batu ginjal.

Pedagang air kelapa hijau terlihat menjamur saat bulan Ramadan tiba. Bisa dilihat di pinggir jalan kini semakin banyak pedagang yang menjajakan minuman tersebut. Baik air kelapa murni atau air kelapa yang dicampur dengan gula, memang sungguh menyegarkan untuk diminum saat berbuka puasa, apalagi ditambah dengan es batu.

Ya, air kelapa memang menyegarkan. Selain ampuh untuk melepas dahaga dan rasanya enak, kelapa atau Cocos nucifera L. mengandung serat dan sejumlah zat gizi penting.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, kandungan yang ada di dalam kelapa seperti vitamin dan mineral kerap tidak terpenuhi kebutuhannya oleh tubuh. Beberapa di antaranya, yakni vitamin B1, vitamin B7 (asam folat), vitamin C, kalium, natrium, magnesium, mangan, tembaga, selenium, zat besi dan fosfor.

Itu sebabnya air kelapa hijau memiliki berbagai manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah bisa mencegah batu ginjal. Sebenarnya, mencegah batu ginjal dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan atau rajin minum air putih. Akan tetapi, ada studi yang menyatakan bahwa air kelapa lebih bermanfaat.

"Batu ginjal terbentuk saat komposisi cairan tubuh, mineral, dan derajat keasaman urine tidak seimbang. Utamanya, saat komponen pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat dalam urine meningkat. Jika kondisi memungkinkan, komponen pembentuk kristal ini dapat saling menempel, yang kemudian tampak sebagai batu ginjal," ungkap dr. Fiona.

Sebuah percobaan pernah dilakukan pada tikus yang mengalami batu ginjal. Akhirnya ditemukan bahwa air kelapa membuat kristal-kristal ini tidak menempel pada ginjal maupun saluran kemih lainya. Jumlah kristal yang terbentuk di dalam urine pun pada akhirnya berkurang.

Hanya saja, penelitian tersebut merupakan studi pertama yang menyelisik efek air kelapa pada batu ginjal. Jadi, masih diperlukan studi lain untuk mengonfirmasi efek sesungguhnya.

1 dari 2 halaman

Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan ginjal

Air kelapa hijau memang bisa menyehatkan ginjal secara menyeluruh, tak hanya masalah batu ginjal saja. Hal tersebut dijelaskan dalam pemaparan berikut ini:

  1. Menstabilkan kadar gula darah

Tingginya kadar gula darah dalam tubuh ternyata dapat merusak pembuluh darah ginjal. Nantinya, sistem penyaringan ginjal akan rusak dan memengaruhi kemampuannya untuk mengeluarkan sisa metabolisme, racun, dan kelebihan cairan dalam tubuh.

Pada diabetes, komplikasi yang disebut sebagai nefropati diabetik ini dapat berujung pada gagal ginjal bila kadar gula darah tidak terkontrol. Pada 2015, dilakukan studi pada tikus-tikus yang diinduksi diabetes.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa pada tikus-tikus percobaan ini dapat memperbaiki kadar gula darah serta menurunkan kadar HbA1c, penanda kontrol gula darah dalam jangka panjang.

"Ini karena air kelapa mengandung mineral magnesium yang dapat membuat sel-sel tubuh lebih merespons kerja hormon insulin, sehingga kadar gula bisa diturunkan. Selain itu, minuman ini juga kaya antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan ginjal," kata dr. Fiona.

  1. Menurunkan tekanan darah

Menurut dr. Fiona, ginjal adalah salah satu organ tubuh yang kaya akan pembuluh darah. Memang, pembuluh darah yang ada di ginjal tampak halus dan kecil. Tapi, volume darah yang mengalir melaluinya sangat besar.

Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, pembuluh darah ginjal akan rusak dan akhirnya fungsi ginjal pun menurun.

Dalam sebuah studi yang dilakukan untuk meneliti efek konsumsi air kelapa pada tekanan darah tinggi, ditemukan bahwa 71 persen orang mengalami perbaikan tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) yang signifikan.

Air kelapa diketahui amat kaya mineral kalium (600 mg dalam 240 mL) dan memiliki efek menurunkan tekanan darah, baik pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi maupun normal.

Jadi, bukan cuma rasa segar yang Anda dapatkan saat minum air kelapa hijau saat buka puasa, melainkan manfaatnya untuk mencegah batu ginjal. Tapi ingat, konsumsi air kelapa diusahakan hanya 1 gelas per hari. Karena kandungan kalium yang tinggi dapat menimbulkan hiperkalemia atau kelebihan kalium di dalam darah yang dapat memicu gangguan irama jantung dan berpotensi mengancam nyawa.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar