Sukses

5 Cara Cegah Batu Ginjal seperti Dialami Dorce Gamalama

Agar tak alami batu ginjal seperti Dorce Gamalama, terapkanlah gaya hidup sehat berikut ini untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tak terlihat lagi di layar kaca, Dorce Gamalama atau yang kerap disapa dengan Bunda Dorce itu ternyaa terkena batu ginjal. Ganggun kesehatan inilah yang mengharuskan nya berhenti sementara dari industri hiburan.

Ternyata, meski ukurannya tak seberapa, batu ginjal memang bisa menyebabkan sakit pinggang yang hilang timbul, kencing darah, hingga demam. Sehingga, siapa saja yang mengalaminya akan cukup sulit untuk beraktivitas.

Mengenai kondisi tersebut, dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid. dari KlikDokter punya 5 cara mencegah batu ginjal yang sangat mudah dilakukan. Adapun cara yang disarankan, antara lain:

  1. Banyak minum air putih

Salah satu hal yang memicu timbulnya batu ginjal adalah penderita kurang minum air putih. Makin jarang Anda minum air putih, makin besar kemungkinannya untuk alami dehidrasi. Ketika Anda dehidrasi, urine atau air kencing pun menjadi pekat. Sehingga, kepekatan tersebut memudahkan terbentuknya kristal pada ginjal.

“Nah, lain persoalannya jika Anda minum air putih 2 liter per hari. Kristal-kristal yang ada di ginjal bisa larut dan urine yang dikeluarkan menjadi lebih encer.” jelas dr. Resthie.

Jika Anda termasuk orang yang sering beraktivitas fisik, tak mengapa bila Anda mengonsumsi air putih lebih dari jumlah yang disarankan. Tapi, jangan sampai bikin perut kembung, ya!

  1. Mengurangi asupan garam

Hati-hati bila Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi makanan asin. Sebab, bukan cuma hipertensi atau darah tinggi saja yang bisa mengintai, tapi batu ginjal juga.

Kandungan natrium di dalam garam dapat memicu terbentuknya kristal batu ginjal. Sehingga, Anda tak disarankan untuk mengonsumsi garam lebih dari 2.300 mg per hari (1 sdt garam).

“Tapi, kalau sudah pernah memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya, Anda harus membatasi asupan garam tak lebih dari 1.500 mg per hari atau ¾ sdt garam. Jangan lebih.” dr. Resthie menegaskan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Batasi konsumsi protein hewani

Daging sapi, daging kambing, kerang, dan cumi-cumi merupakan sumber zat besi yang baik. Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu banyak, asam urat akan meningkat. Terendapnya asam urat dalam ginjal justru akan membentuk batu.

Batasi konsumsi protein hewani, khususnya daging merah dan jeroan, sebanyak 50 gram sehari. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan tidak akan sampai memicu asam urat.

  1. Makan buah sitrus

Hampir semua orang menyukai buah-buahan sitrus, misalnya saja jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Sebab, selain segar dan mengandung banyak vitamin C, sitrus dapat mencegah timbulnya batu ginjal.

“Itu karena buah sitrus bisa mengurangi tingkat keasaman urine, sehingga urine menjadi basa. Kalau sudah begitu, kemungkinan untuk terbentuknya batu ginjal juga semakin kecil.” tambahnya.

Ketimbang memilih minuman bersoda, sebaiknya pilih saja jus jeruk untuk mengatasi dahaga Anda. Tapi ingat, jus jeruk segar ya. Bukan minuman dengan perisa buah jeruk!

  1. Hindari makanan yang mengandung oksalat secara berlebihan

Ini berlaku untuk orang yang sebelumnya sudah pernah mengalami batu ginjal jenis kalsium oksalat. Anda yang sudah pernah mengalaminya, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung oksalat terlalu banyak.  Misalnya saja, buah bit, cokelat, bayam, teh, asparagus, seledri, dan kacang-kacangan.

Orang yang pernah sakit batu ginjal sebaiknya juga tidak mengonsumsi vitamin C terlalu banyak. Pasalnya, vitamin C dalam dosis besar akan diubah oleh tubuh menjadi oksalat.

Itu dia berbagai cara mencegah batu ginjal yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Lakukanlah dengan konsisten dan kurangi makanan yang bisa menyebabkan asam urat. Sebab, asam urat dan batu ginjal erat hubungannya.

Terakhir, usahakan selalu pilih air putih atau jus buah sitrus sebagai minuman favorit Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari masalah batu ginjal seperti yang dialami oleh Dorce Gamalama.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar