Sukses

Awas, Bahaya Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Saat Puasa!

Selalu cek makanan kemasan yang Anda konsumsi saat puasa. Bisa jadi, salah satunya adalah makanan kedaluwarsa.

Klikdokter.com, Jakarta Pemilihan makanan untuk disantap saat sahur dan buka puasa seperti saat ini perlu diperhatikan secara serius. Penyebabnya, makanan yang baik tentu akan menunjang ketahanan fisik Anda selama puasa Ramadan. Pastikan bahwa Anda dan keluarga tidak mengonsumsi makanan kedaluwarsa karena berpotensi menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

Teliti pilih makanan untuk menu buka puasa

Sebenarnya, ada sangat banyak pilihan makanan ketika bulan puasa tiba seperti sekarang. Banyak makanan dijajakan di pinggir jalan untuk takjil atau makanan buka puasa. Hanya saja, Anda tidak bisa memastikan makanan itu higienis atau tidak.

Selain itu Anda juga perlu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebuah makanan, terutama jika Anda memilih makanan  kemasan atau makanan yang dimasak sendiri tapi disimpan dalam waktu yang lama. Karena makanan yang sudah lewat tanggal baik konsumsinya, rentan terkontaminasi kuman, bakteri, dan jamur. Oleh karena itu Anda perlu sangat teliti dalam memilih makanan untuk buka puasa dan sahur.

"Makanan kedaluwarsa bisa ada di makanan kalengan dan makanan yang dibuat sendiri. Untuk makanan sendiri, biasanya makanan yang sudah berhari-hari, misalnya masuk kulkas berhari-hari atau ditaruh begitu saja. Jika dimakan, itu akan membahayakan tubuh Anda," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

“Untuk makanan kalengan biasanya ada tanggal yang tertera. Itu sangat membantu. Perhatikan juga makanan yang Anda masak. Ingat dengan baik kapan Anda memasaknya. Misalnya masak sayur, ingat kapan masaknya dan ingat waktunya jika disimpan,” dr. Sepri menambahkan.

Makanan kedaluwarsa yang dimakan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti:

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, bisa jadi Anda mengalami keracunan makanan kedaluwarsa. Bukannya sehat, kondisi kesehatan tubuh Anda malah bisa terganggu.

Bahaya lainnya yang bisa Anda alami

Selain mengalami hal di atas, mengonsumsi makanan kedaluwarsa ternyata tidak efektif dari sisi gizi. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, makanan yang sudah kedaluwarsa sudah kehilangan sebagian besar nutrisinya.

"Sehingga apabila Anda mengonsumsi makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsanya, Anda akan rentan mengalami kurang gizi, meski sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup," ujar dr. Karin.

Mengonsumsi makanan kedaluwarsa juga rentan menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan, perut kembung, mual dan muntah. Jika muntah yang Anda alami berlarut-larut, Anda bahkan bisa mengalami dehidrasi berat.

Alangkah berbahayanya jika Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa. Di satu sisi, Anda tidak makan dan minum saja sudah kehilangan cairan. Jika ditambah dengan dehidrasi akibat makanan kedaluwarsa, kondisi tubuh Anda akan makin menurun.

Oleh karenanya, perhatikan betul beragam makanan yang Anda pilih untuk dihidangkan bagi keluarga Anda, terutama saat puasa seperti sekarang. Jika Anda membeli makanan takjil, tanyakan kapan pembuatannya dan kuat disimpan berapa lam. Kalau Anda memasak sendiri lalu menyimpannya dalam kulkas, beri label tanggal pada kemasannya. Jika Anda memilih makanan kemasan atau makanan kaleng, telitilah tanggal kedaluwarsanya.

Baik di saat puasa atau tidak, jangan sampai Anda mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Karena ada beragam gangguan kesehatan yang siap mengintai Anda dan keluarga.

[HNS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar