Sukses

Bisakah Berhenti Diet Keto Tanpa Kenaikan Berat Badan?

Usai berhenti melakukan diet keto, berat badan bisa bertambah. Simak cara mencegah kenaikan berat badan usai berhenti diet keto di sini.

Diet keto populer akan efektivitasnya dalam menurunkan berat badan. Namun, tak sedikit pula yang malah mengalami kenaikan berat badan khususnya setelah berhenti diet keto.

Bagaimana cara berhenti diet keto tanpa khawatir berat badan kembali naik? Simak tips sehatnya berikut ini: 

1. Perubahan Gaya Hidup

Metode diet bukanlah solusi jangka pendek, melainkan perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan berkelanjutan. 

Ini artinya, penurunan jumlah kalori melalui pembatasan makanan yang dikonsumsi sebaiknya dilakukan terus-menerus. Ketika berat badan yang diinginkan tercapai, Anda tetap wajib melakukan fase “pemeliharaan”.

Jangan sampai saat diet Anda rajin, tapi setelah selesai malah kembali ke kebiasaan buruk makan berlebihan.

Artikel Lainnya: Bolehkah Penderita Diabetes Melakukan Diet Ketogenik?

1 dari 3 halaman

2. Pastikan Asupan Kalori Tidak Berlebihan

Bila asupan kalori total berkurang, maka berat badan juga akan menurun. Sedangkan, kalau asupan kalori total kembali seperti semula atau bahkan bertambah, berat badan juga akan meningkat.

Namun, sebaiknya tidak menghilangkan salah satu kebutuhan nutrisi, misalnya karbohidrat, dalam menu harian. 

Anda harus tetap mengonsumsi karbohidrat namun dalam jumlah yang sesuai hitungan kalori. Imbangi juga dengan protein dan serat. 

3. Jangan Melewatkan Sarapan

Sebagian besar orang menganggap sarapan adalah penyebab berat badan bertambah. Padahal, sarapan adalah kunci kesuksesan diet, apa pun metode yang dijalani! 

Mengapa demikian? Sarapan akan membuat nafsu makan lebih terkontrol, terutama saat makan siang. 

Dengan sarapan sehat dan cukup, maka porsi makan siang akan lebih sedikit. Kecenderungan makan berlebihan bisa dihindari.

4. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat membantu membakar lebih banyak kalori dibandingkan aktivitas harian biasa. Tumpukan lemak di dalam tubuh pun bisa berkurang. 

Olahraga seperti apa yang dianjurkan untuk membakar kalori? Olahraga kardio seperti lari dan bersepeda dapat dilakukan 45 menit, minimal 4-5 kali dalam seminggu.

Bagaimana dengan angkat beban? Boleh-boleh saja dilakukan. Namun, tujuannya adalah mengembalikan, mengencangkan, dan membentuk otot, bukan menurunkan berat badan.

Artikel Lainnya: Sedang Jalani Diet Keto? Hindari Konsumsi Buah Ini!

2 dari 3 halaman

5. Hindari Stres

Selain perubahan gaya hidup, yang terpenting lainnya adalah menjaga mood

Apabila stres atau tidak bahagia dalam menjalani perubahan pola makan dan gaya hidup yang baru, maka Anda akan cenderung “cheating” atau tidak konsisten. Akhirnya berat badan kembali naik. 

Tak perlu cemas untuk stop diet keto. Yang perlu Anda lakukan ialah menerapkan tips di atas agar berat badan tidak kembali melonjak.

Dapatkan tips diet sehat lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi langsung lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar