Sukses

6 Tips Ampuh Bebas Bau Mulut Saat Puasa

Bulan puasa yang dinanti telah tiba, jangan sampai bau mulut mengganggu. Terapkan beberapa tips berikut ini selama Ramadan.

Klikdokter.com, Jakarta Saat menjalankan ibadah puasa, mungkin saja Anda mengeluhkan berbagai masalah yang ada pada rongga mulut –salah satunya adalah bau mulut. Dalam dunia medis, kondisi bau mulut dikenal dengan istilah halitosis, yakni keluarnya bau tidak enak yang dihembuskan melalui rongga mulut.

Bau mulut umumnya timbul akibat dari bakteri tertentu yang hidup di dalam rongga mulut dan memecah sisa-sisa makanan menjadi gas berbau busuk. Kondisi ini tentunya akan mengurangi rasa percaya diri Anda saat bertemu dengan orang lain.

Agar terbebas dari bau mulut, ada baiknya Anda mengetahui apa saja hal yang menyebabkan kondisi tersebut, dan menghindarinya.

Penyebab bau mulut saat berpuasa

Di dalam rongga mulut terdapat air liur yang mengandung antibakteri yang dapat membantu membersihkan bakteri dan sisa makanan yang ada di dalam mulut.

Pada setiap orang, intensitas bau mulut yang timbul bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat kekeringan mulut masing-masing. Mulut kering juga merupakan alasan mengapa bau mulut kerap muncul di pagi hari.

Kondisi ini terjadi karena aliran saliva menurun drastis saat tidur, sehingga menyebabkan mulut menjadi kering dan timbul bau mulut.

Sama halnya saat Ramadan, tidak adanya makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut selama berpuasa membuat aliran stimulasi saliva mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan mulut kering.

Bila sudah demikian, sel-sel mati dan bakteri dapat menumpuk pada bagian permukaan lidah, gusi maupun pipi bagian dalam. Sel-sel ini kemudian mulai membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Memang tak bisa dimungkiri, selama berpuasa risiko bau mulut kerap menyerang akibat terhentinya asupan ke dalam mulut selama beberapa jam. Namun, jangan cemas, masih ada kok, beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara efektif mengatasi bau mulut di bulan puasa

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut selama berpuasa:

  1. Rutin sikat gigi

Penyebab utama timbulnya bau mulut adalah karena kebersihan mulut yang buruk. Oleh karena itu, rongga mulut harus selalu dijaga kebersihannya.

Sikatlah gigi selama 2 menit dengan teknik yang tepat setelah sahur dan malam hari sebelum tidur dengan teknik yang tepat. Jangan lupa gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung potassium nitrate. Zat ini bekerja sebagai penenang saraf di dalam gigi sehingga Anda tidak dapat merasakan ngilu pada gigi.

Selama bulan Ramadan, agar lapisan gigi senantiasa terlindungi dan napas selalu segar, Anda dapat menggunakan  Sensodyne Fresh Mint dan Sensodyne Cool Gel. Karena keduanya mampu mengurangi rasa ngilu, mencegah gigi berlubang, sekaligus memberikan kesegaran pada mulut.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Membersihkan gigi menggunakan dental floss juga cukup penting untuk mengusir bakteri dan sisa makanan yang menyelip di gigi. Selain itu, bersihkan lidah dengan alat khusus setidaknya 2 kali sehari. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi risiko bau mulut.

  1. Perbanyak minum air

Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air minum pada saat berbuka puasa dan sahur untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Minum banyak air akan membantu menjaga mulut agar tidak kering.

  1. Penggunaan obat kumur

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bau mulut adalah dengan menggunakan obat kumur. Namun, hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena justru dapat membuat mulut menjadi kering.

  1. Menjaga pola makan

Makanan seperti bawang putih atau bawang merah sebaiknya dihindari selama berpuasa untuk mengurangi risiko timbulnya bau mulut. Lebih baik konsumsilah sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak air pada saat berbuka dan sahur.

  1. Bersihkan gigi palsu

Jika Anda menggunakan gigi palsu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal ini guna mencegah timbulnya bau mulut akibat pemakaian gigi palsu yang tidak bersih.

Jangan sampai bau mulut mengganggu aktivitas Anda selama berpuasa, dan jangan biarkan gigi sensitif mengganggu kenyamanan Anda menikmati menu favorit saat sahur maupun berbuka puasa.

Demikianlah tips agar Anda tetap terbebas dari bau mulut selama menjalankan ibadah puasa. Bagaimana, mudah, kan? Yuk, terapkan berbagai kiat di atas selama Ramadan. Gunakan Sensodyne Fresh Mint dan Sensodyne Cool Gel agar Anda berani melawan dingin untuk menciptakan hangatnya kebersamaan selama bulan Ramadan.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar