Sukses

Dorce Gamalama Kena Batu Ginjal, Lama Absen dari Dunia Hiburan

Sakit batu ginjal yang dialami oleh Dorce Gamalama mengharuskannya vakum dari dunia hiburan. Lantas, bagaimana kondisi terkininya?

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu tidak asing dengan sosok Dorce Gamalama yang pada awal era 2000-an rutin membawakan acara bincang-bincang “Dorce Show”. Lama tak terdengar kiprahnya dalam dunia hiburan Tanah Air, kini Dorce yang memasuki usia 56 tahun dikabarkan terkena batu ginjal.

Akibat kondisinya ini, Dorce sempat menghilang dari layar kaca dan memilih fokus pada pengobatan yang dijalaninya. Dilansir sebuah sumber, Dorce memang harus sangat menjaga kondisi tubuhnya agar tidak terlalu capek. Sebab, sebelum kena batu ginjal, dia juga sudah terkena diabetes.

Pilih terapi “tembak” dan obat tradisional ketimbang operasi

Untuk mengatasi masalah batu ginjalnya yang sudah parah tersebut, sebenarnya Dorce hanya ingin mendapatkan prosedur “tembak”, yaitu terapi Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Terapi tersebut dilakukan dengan cara memecah batu dalam ginjal menjadi pecahan halus, sehingga bisa dikeluarkan melalui urine.

Sayangnya, dokter tidak menyetujui terapi itu untuk mengatasi masalah batu ginjal Dorce. Karena terapi ESWL hanya dapat memecah batu ginjal berukuran 10 milimeter. Jika ukuran batu ginjal sudah lebih besar, perlu dipecah berkali-kali dan jika metode ini tetap dilakukan, sangat berisiko terhadap fungsi ginjal pasien.

Dorce disarankan mengambil tindakan operasi batu ginjal. Karena jika tidak segera diatasi, penyakitnya akan semakin parah. Ya, rasa nyeri yang dialaminya memang sudah terasa ke punggung.

Karena tidak ingin mendapat tindakan operasi, hingga saat ini Dorce hanya mengonsumsi obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

1 dari 2 halaman

Kapan batu ginjal harus dioperasi?

Nah, bicara soal batu ginjal serta anjuran operasi seperti yang dialami Dorce, tentu Anda jadi penasaran, kondisi batu ginjal yang seperti apa yang membutuhkan tindakan operasi. Oleh sebab itu, dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter akan menjelaskannya di bawah ini.

Salah satu faktor yang memengaruhi pertimbangan terapi batu ginjal adalah ukuran dan lokasi dari batu tersebut. Sebab, batu yang berukuran kecil dan terletak di ujung saluran kemih dapat ditunggu hingga keluar dengan sendirinya.

“Sekitar 60 persen batu dapat keluar dengan sendirinya dalam waktu sebulan setelah penderita merasakan gejala,” kata dr. Sara.

Menurutnya, selama menunggu batu keluar, penderita akan diberi obat-obatan guna membantu pengeluaran batu dan meredakan nyeri,” jelas dr. Sara.

Sedangkan  beberapa kondisi batu ginjal yang memang harus segera diatasi dengan tindakan operasi, antara lain:

  • Adanya sumbatan pada saluran kemih bagian atas dengan disertai infeksi.
  • Terdapat batu berukuran di atas 5 milimeter yang tidak mungkin keluar dengan sendirinya melalui urine.
  • Adanya gangguan pada fungsi ginjal yang mungkin memburuk.
  • Nyeri hebat yang tidak membaik setelah penanganan dengan obat antinyeri.
  • Mual atau muntah yang tidak membaik setelah mendapatkan pengobatan atau munculnya kesulitan dalam mengonsumsi cairan.
  • Pilihan pribadi pasien.

Apabila dokter sampai menyarankan penderita pasien batu ginjal seperti Dorce Gamalama untuk segera dioperasi, maka, kemungkinan besar si pasien memang memiliki salah satu atau beberapa kondisi di atas.

Satu hal yang pasti, adanya gangguan batu ginjal – seperti yang dialami Dorce Gamalama – mesti segera diatasi, baik lewat operasi maupun terapi lain. Alasannya karena kondisi ini bisa menimbulkan nyeri hebat yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mencukupi  konsumsi air putih.

[NP/ RVS]

2 Komentar