Sukses

6 Makanan Terbaik untuk Penderita Radang Tenggorokan

Mari intip daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat radangan tenggorokan. Jangan sampai Anda asal makan.

Meskipun terdengar sepele, Akibat radang tenggorokan adalah terasa kering, gatal, panas, hingga nyeri pada bagian tenggorokan atau kesulitan saat menelan. Selain itu, saat pemeriksaan dapat pula ditemukan pembesaran kelenjar getah bening di rahang atau leher, dan pembesaran tonsil (amandel).

Radang tenggorokan bisa dengan mudah menular dan membuat penderitanya tidak nyaman, terutama dalam urusan memilih makanan. Rasa gatal, panas, dan nyeri di tenggorokan yang muncul, terutama saat menelan sering membuat penderita radang tenggorokan kesulitan untuk makan.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, ada beberapa makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi. Oleh karenanya, Anda perlu memilih makanan dengan tepat agar kondisi radang tenggorokan yang Anda alami tidak makin memburuk.

 

1 dari 2 halaman

Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

Agar terhindar dari berbagai kondisi di atas, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Namun yang terpenting, makanan tersebut sebaiknya bertekstur lunak, hangat, dan bersifat antiradang. Berikut ini adalah di antaranya:

  1. Makanan Lunak yang Mengandung Kunyit dan Jahe

Kunyit adalah salah satu bumbu masak yang telah lama digunakan di Cina sebagai tanaman obat. Bahkan, kunyit pun digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Rempah satu ini memang baik untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan, karena mengandung curcumin, yang bersifat antioksidan dan antiradang.

Artikel Lainnya: Tips Cegah Radang Tenggorokan Selama Puasa

Cara mengolahnya bisa dengan menambahkan kunyit ke dalam jus, teh, sup, atau masakan lainnya untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Selain kunyit, jahe adalah salah satu bumbu yang dapat membantu melegakan radang tenggorokan. Selain rasa hangat yang didapat, jahe pun memiliki kandungan antiradang.

  1. Jus buah atau Smoothies

Selain bergizi, kaya akan vitamin, mineral dan zat antioksidan, jus buah atau smoothies juga nikmat dan mudah ditelan oleh penderita radang tenggorokan. Perbanyak konsumsi jus dari buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda, seperti jus jeruk, pepaya, dan wortel.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein yang praktis dibuat menjadi berbagai macam masakan. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau, telur mengandung asam amino lengkap yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan perbaikan jaringan yang rusak.

Artikel Lainnya: Sering Radang Tenggorokan, Haruskah Khawatir?

  1. Sup

Sup adalah makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Selain teksturnya yang lebih lunak, sup yang diminum hangat-hangat juga dapat membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

Artikel Lainnya: Makanan Bertekstur Kasar Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah?

Sebagai informasi, kaldu yang digunakan untuk membuat sup pun mengandung zat gizi yang dapat membantu penderita radang tenggorokan dapat lebih cepat sembuh.

  1. Bubur

Selain sup, bubur juga sering kali menjadi “menu wajib” bagi penderita radang tenggorokan, karena teksturnya yang lunak dan gizi yang didapat dari kaldu amat bermanfaat bagi tubuh.

  1. Oatmeal

Bosan dengan sup dan bubur? Cobalah oatmeal yang dicampur dengan susu dan buah. Selain nikmat dan bergizi, teksturnya sangat aman untuk ditelan oleh penderita radang tenggorokan.

Demikian beberapa contoh makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Bila kondisi radang semakin parah, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat. Semoga cepat sembuh, ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar