Sukses

Mengenal Benteng Pelindung Tubuh terhadap Ancaman Kuman

Tahukah Anda bahwa tubuh memiliki benteng pelindung untuk mencegah penyakit akibat infeksi kuman? Yuk, kenali!

Klikdokter.com, Jakarta Kuman ada di mana-mana. Di gagang pintu, di perabotan rumah, bahkan di telepon genggam yang selalu Anda bawa. Tapi, pernahkah Anda berpikir mengapa kuman-kuman tersebut tak langsung menyebabkan penyakit saat menempel di tubuh? Ya, ini karena tubuh manusia dikelilingi oleh pelindung. Medis menyebutnya sebagai imunitas kulit.

Faktanya, imunitas kulit merupakan garda pertahanan terdepan bagi tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh yang sudah ada sejak Anda lahir ke dunia ini dapat berfungsi sebagai sawar fisik dan sawar kimia.

Sebagai sawar fisik, kulit melindungi tubuh dari berbagai ancaman dari luar, seperti trauma, radiasi sinar ultraviolet oleh matahari, zat beracun, dan serangan kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Sedangkan sebagai sawar kimia, kulit dapat bekerja layaknya ‘antibiotik’ yang mampu membunuh kuman jahat yang menempel pada kulit.

Lebih dari itu, lapisan kimia pada kulit juga biasa disebut sebagai AMP (Antimicrobial Peptide). Pada kulit yang sehat, AMP dihasilkan di lapisan kulit bagian luar dan dalam untuk kemudian dikirimkan ke lapisan kulit paling depan untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelindung.

Peran AMP dalam hal imunitas kulit juga termasuk menjaga keseimbangan kuman baik yang ada di bagian tersebut. Ini semata-mata dilakukan agar kuman-kuman baik yang ada pada kulit dapat saling bekerja sama dalam membentuk pertahanan, juga agar tidak malah merusak kulit akibat adanya reaksi berlebihan.

Kuman baik yang ada pada lapisan kulit diperlukan untuk menjaga agar bagian tubuh ini terhindar dari kuman patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Lapisan AMP pada kulit bekerja mengendalikan jumlah kuman baik agar tetap optimal, sehingga imunitas kulit menjadi lebih kuat dalam melawan kuman patogen.

Semua hal tersebut hanya terdapat pada kondisi kulit yang sehat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit adalah tugas yang sangat penting untuk dilakukan setiap orang.

Cara sederhana untuk mewujudkannya adalah dengan mandi menggunakan sabun untuk menunjang imunitas kulit dan air bersih yang mengalir sebanyak dua kali sehari. Pastikan Anda membersihkan bagian tubuh secara menyeluruh. Dengan kebersihan yang terjaga, kulit akan memiliki fungsi imunitas yang melindungi Anda dari paparan kuman berbahaya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar