Sukses

Mengungkap Salah Kaprah tentang Kulit Berminyak

Banyak mitos yang beredar tentang kulit berminyak, sehingga bikin salah kaprah. Mari mengungkapnya secara menyeluruh di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kalau boleh memilih, inginnya, sih punya kulit normal, tapi apa mau dikata kalau dapatnya kulit berminyak. Banyak yang gelisah memiliki tipe kulit ini karena kalau salah pilih produk atau perawatan, bisa-bisa kulit makin berminyak dan berjerawat. Mitos pun seliweran yang tak jelas kebenarannya. Mari mengungkap salah kaprah tentang kulit berminyak selengkapnya lewat artikel ini.

Jika Anda pemiliki kunyit berminyak, jangan sampai terjebak informasi yang bikin salah kaprah seperti yang dipaparkan di bawah ini.

  • Kulit berminyak disebabkan oleh diet tinggi lemak?

Faktanya, tidak ada penelitian yang menyimpulkan bahwa kulit berminyak disebabkan oleh diet tinggi lemak. Berdasarkan “Journal of Skin Pharmacology and Physiology”, kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebihan dari kelenjar sebasea (kelenjar minyak).

  • Produksi minyak tidak ada kaitannya dengan diet?

Walaupun tidak ada kaitan yang jelas antara diet tinggi lemak dan produksi minyak berlebihan, tetapi konsumsi gula mungkin berperan. Diet tinggi gula ini tidak menyebabkan kulit berminyak pada semua orang, tetapi pada orang tertentu lebih sensitif terhadap gula di diet.

  • Pemilik kulit berminyak tidak dianjurkan menggunakan pelembap?

Banyak orang percaya bahwa pelembab hanya akan membuat kulit berminyak lebih parah. Ini adalah anggapan yang salah!

Permukaan kulit yang dibiarkan kering akan menyebabkan kulit melakukan kompensasi berlebihan dengan memproduksi minyak lebih banyak. Solusinya, cari pelembap yang bersifat non-comedogenic, yang berarti produk tersebut tidak menyebabkan jerawat.

  • Tabir surya bikin kulit makin berminyak?

Penggunaan tabir surya wajib ada dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Selain itu, tabir surya juga bisa menjadi tameng dari ancaman kanker kulit.

Jika Anda khawatir pemakaian tabir surya bisa mencetuskan masalah pada kulit, pilih produk khusus untuk tipe kulit berminyak atau kulit yang cenderung berjerawat.

  • Aktivitas di bawah sinar matahari bikin produksi minyak makin banyak?

Paparan sinar matahari tidak membuat kulit makin berminyak. Sebaliknya, kulit justru menjadi kering. Hal ini akan membuat kulit mulai mengompensasi secara berlebihan dengan memproduksi lebih banyak minyak.

Selain itu, paparan sinar matahari pada kulit yang tidak terlindungi dengan baik bisa berdampak buruk. Karenanya, tak peduli jenis kulit yang dimiliki, Anda harus menggunakan tabir surya atau pakaian pelindung jika menghabiskan waktu saat bermandikan sinar matahari.

  • Untuk menghilangkan minyak, harus menggunakan produk berbahan dasar alkohol?

Produk yang mengandung alkohol memang akan menghilangkan sebagian lapisan minyak dari kulit. Akan tetapi, penggunaannya tidak akan meningkatkan kesehatan kulit dalam jangka waktu lama. Malahan, lapisan teratas kulit akan mengering, sehingga memberikan sinyal ke kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Sehingga, kulit akan dehidrasi, iritasi, dan sensitif.

  • Produk berbahan dasar minyak akan memperbaiki kulit berminyak?

Ada satu studi yang menyatakan bahwa metode alami untuk membersihkan kulit berminyak adalah dengan minyak zaitun atau produk berbahan dasar minyak lainnya. Namun, sebetulnya dampak baik metode tersebut masih tidak jelas.

Pemakaian produk kulit apa pun yang berbahan dasar minyak akan menyumbat pori-pori, sehingga membuat kulit berminyak makin menjadi-jadi.

  • Eksfoliasi setiap hari akan mengurangi masalah kulit berminyak?

Faktanya, tidak ada keuntungan dari eksfoliasi wajah setiap hari. Kebanyakan ahli kulit menyarankan untuk memperhatikan bagaimana respons kulit terhadap eksfoliasi, dan menyesuaikan frekuensi jika kulit terlihat memerah atau mengalami iritasi.

  • Kalau punya kulit berminyak, lebih baik pasrah saja?

Meskipun tipe kulit tertentu cenderung memproduksi minyak berlebih, tetapi ada cara yang terbukti untuk menurunkan produksi minyak dan menjaga kulit tetap bersih. Cara terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat penanganan yang tetap sesuai kondisi kulit.

Itulah berbagai informasi yang bisa bikin salah kaprah tentang kulit berminyak. Setelah mengetahui kebenarannya, jangan lagi keliru, ya! Memiliki kulit berminyak memang punya tantangan tersendiri, tapi bukan berarti Anda harus pasrah. Baiknya konsultasi dengan ahlinya sehingga keluhan tersebut bisa teratasi dengan baik.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar